Dari Kami untuk AnDa
(sebelum membaca strategi China klasik, diharap teman2 baca dulu ini)
[ Penjelasan dibawah ini dimuat secara priodik, demi penyegaran (bermakna positif) akan strategi Cina kuno ini, karena selain Sun Tzu, banyak pakar lainnya dari Negeri Cina antara lain Zhou Yu, Zhu Ge Liang, dll.yang sangat bijak dan pantas dipelajari atau diaplikasi ilmu manajemennya, baik itu bisnis, ekonomi,social maupun politik, yang akan kami bahas dalam Blog saya ini, tentu atas kerjasama dengan teman lain yang sevisi ]
Karena strategi Cina Kuno ini sering dipahami sebagai buku/strategi negative, ia demikian, karena pakai kata ”musuh,medan perang,jenderal perang,dll” Sebaliknya, bisa bernilai positif. Agar bermakna positif, seseorang perlu memiliki pikiran yang terbuka. Saat membaca naskah asli, ia harus cerdik dalam mengganti sejumlah kata yang tampaknya bermakna negative. Oleh sebab itu setiap tulisan/analisa/cerita selanjutnya tentan Seni Perang Sun Tzu ini akan Anda dapati penjelasan sbb;
The Art of War Strategi Seni Perang Sun Tzu dalam aplikasi strategi bisnis dan ekonomi; “Rakyat” adalah penduduk atau konsumen atau bisa berarti pelanggan Anda. “Musuh” menganti dengan orang yang Anda layani, bisa berarti atasan Anda, rekan Anda, pegawai Anda, pelanggan Anda, pesaing bisnis Anda, Saingan bisnis yang produknya/jasanya sama dengan Anda, pasangan hidup Anda, Anak-anak Anda, dll. “Medan Perang” adalah antisipasi terhadap berbagai perubahan atau pangsa pasar produk/jasa anda. “Cuaca” artinya iklim ekonomi. Jenderal Perang adalah Anda sendiri kalau Anda seorang yang terlibat dalam bisnis, marketing atau selling. Atau hubungan interaksi itu. Intinya kita harus cerdas mengganti dan menganalisa setiap kata atau penjelasan dari naskah aslinya, karena kami tidak akan merubah apa kata Sun Tzu dalam naskah/penjelasan aslinya.
Sun Tzu dalam The art of War, adalah “Disiplin” menjadi “Kunci” segalanya, dan dia mengatakan bahwa dalam hasil setiap interaksi bisnis atau peperangan selalu ditentukan oleh “lima faktor konstan”, yaitu: 1) Hukum moral (loyalitas atau komitmen) para prajurit yang siap mati. 2) Langit yang menunjukkan keadaan alam yang tidak bisa diubah, seperti siang-malam, panas- dingin. 3) Bumi yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan, keadaan medan pertempuran yang dihadapi, kemungkinan hasil peperangan. 4) Jenderal atau Pemimpin atau General Manager atau CEO sebagai simbol karakter dan sifat dari teladan yang baik. 5) Metode dan Disiplin yang perlu dipahami dalam menyususun strategi perang dan konsekuensi dari pelaksanaan strategi tersebut. Macam-macam penganalisis membedah strategi Sun Tzu, ada tiga pulu enam strategi, ada dua belas strategi, dan yang penulis Blog ini akan membedah dengan tiga belas strategi (pakai judul naskah asli) ditambah delapan strategi (tanpa judul naskah asli), maksudnya tanpa judul tersebut adalah belakangan didapati delapan strategi Sun Tzu tersebut pada naskah aslinya “tanpa judul” oleh penemunya di Negeri Cina sana. Selamat mengikuti dan sukses dalam karya dan cita.Amin !!!
Catatan:
Bila ada teman-teman yang senang dengan tulisan strategi/prinsip Seni Perang Sun Tzu ini, silakan mengcopy-paste. Namun harus mencantumkan “Nama Blog” sebagai sumbernya dan buat link ke URL blog ini (nama saya tidak perlu, silakan ganti nama Anda sebagai penulisnya). Dan jangan lupa sebelum meninggalkan Blog ini diharapkan juga memberi komentarnya, karena sepuluh komentar terbaik pada masing-masing sub judul (13 Judul Strategi, 65 sub judul) akan dimuat pada buku Seni Perang Sun Tzu versi Admin Blog ini. Buku akan kami cetak setelah seluruh rangkaian strategi Sun Tzu dimuat di Blog ini beserta komentar para Blogger yang komentarnya masuk nominasi. Bagi teman-teman yang komentarnya dimuat akan mendapat @1 exp buku tersebut secara gratis. Terima kasih atas kerjasamanya demi meningkatkan mutu “Blogger” di Indonesia, sebagai sumber informasi yang berkualitas, bukan berita basa basi semata. Diharapkan menjadi pencerahan demi kemaslahatan bersama.Amin. [rul_12vii09.StrategiBisnis_Manajemen]
Sukses untuk Anda………
0 komentar :
Posting Komentar