DiaryAsrul. Diberdayakan oleh Blogger.
Asrul Hoesein Diary - Indonesia Go Organik - Indonesia Clean and Green - Stop Global Warming - PT. Cipta Visi Sinar Kencana [Posko Hijau] sebagai perusahaan Formulator dan Prinsipal - Jejaring Usaha Pupuk dan Pemupukan "Berbasis Organik" dalam dan luar negeri - Bakteri Pengurai Limbah Organik [Aktivator GreenPhoskko-GP1] - Penggembur Bulking Agent ^ Mineral Penghilang Bau Limbah Organik [GP2] - Posko Hijau Memberi Pelatihan ^ Presentasi ^ Pendampingan TataKelola Sampah kepada Pemerintah ^ Perusahaan [Program CSR] ^ Kelompok Tani [HKTI-LM3-P4S-Feati] ^ Kelompok Usaha [Kadin-HIPMI-HIPPI-Asosiasi] ^ Design TPA sesuai SNI Konsep Kelola Sampah dengan Optimalisasi Fungsi TPS [Sentralisasi Desentralisasi-Basis Komunal] dan - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 2000L] - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 1000L] - Mesin Olah Sampah Organik (RKM 1000L) - Komposter Biophosko® [Hand Rotary] - Komposter Biophosko® Compost Bin [S-60L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [M-80L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [L-120L] - Barel Kompos Biophosko® BK 200 L - Komposter Elektrik Biophoskko® (KE 100L) - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Flexible Formula - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Lada [Fertilizer For Pepper] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Tanaman Buah Dalam Pot [Tabulampot] - Pupuk Gramafix® Padi [Fertilizer for Rice Paddy] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Mente [Fertilizer for Cashew] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Jagung [Corn Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sawit [Palm Oil Tree Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Karet [Fertilizer for Rubber Tree] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Formula Spesifik Tanaman Hias - Pupuk Gramafix Formula Tebu [Sugarcane Crops Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Biji [Peas & Beans Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Cengkeh [Clove Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Daun [Leafy Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kopi [Coffee Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Umbi [Fertilizer for Root Crops] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kacang [Fertilizer For Legum]Pupuk Organik Kompos GreenPhoskko® PadatPupuk Organik Gramafert® CairPupuk Organik Granul - Alat Uji Unsur Pupuk [Digital NPK Tester] - Pendampingan Usaha Agribisnis dan Agrowisata serta Perkebunan Nasional^BUMN.

Sabtu, 09 Juli 2011

Sering Kram? Rajinlah Makan Pisang

Kram atau otot kejang bisa terjadi di mana saja, saat berjalan, duduk, berenang, berlari atau kegiatan lainnya. Bila Anda sering menderita kram cobalah rutin makan pisang.
Kram biasanya terjadi pada otot gastrocnemius dan otot soleus pada betis. Kram juga bisa terjadi pada paha dan jari-jari kaki.
Read More...

Makan Pisang di Malam Hari Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari, padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk pemulihan tubuh. Makan pisang di malam hari bisa membantu Anda memperoleh tidur nyenyak.

Read More...

Nyeri Leher Bisa Berkurang dengan Makan Pisang

Ada cara mudah yang bisa dilakukan saat sedang nyeri otot. Jika sering mengalami nyeri otot seperti sakit leher sebaiknya lebih sering mengonsumsi pisang. Kenapa harus pisang?

Read More...

Keajaiban si Kulit Pisang AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta, Kulit pisang sering membuat orang jatuh terpeleset saat menginjaknya, sehingga dianggap sebagai sampah yang paling menyebalkan. Padahal sebenarnya kulit pisang punya beragam manfaat, mulai dari mengobati kutil hingga mengkilapkan sepatu.
Read More...

Pisang Paling Cocok Dimakan Saat Stres

 Jakarta, Berbagai manfaat bisa didapatkan dari makan pisang, mulai dari melancarkan buang air besar hingga melindungi sel dari kerusakan. Ada juga manfaat pisang yang jarang diketahui, yakni bisa meredakan stres saat suasana hati sedang galau.
Read More...

Pria Pemakan Pisang Bagus untuk Melawan 'Loyo'

Menurunnya dorongan atau gairah seks bisa membuat pria 'loyo' dan menjadi salah satu pemicu permasalahan rumah tangga. Ada banyak cara untuk dapat meningkatkan gairah seks, tapi makan pisang mungkin menjadi cara yang paling sederhana.
Read More...

Nyeri Leher Bisa Berkurang dengan Makan Pisang

 Jakarta, Ada cara mudah yang bisa dilakukan saat sedang nyeri otot. Jika sering mengalami nyeri otot seperti sakit leher sebaiknya lebih sering mengonsumsi pisang. Kenapa harus pisang?
Read More...

Lawan Stroke dengan 3 Buah Pisang


Stroke adalah ancaman penyakit yang mengerikan karena prosesnya bisa berlangsung cepat. Jika tidak cepat tertolong bisa berisiko kematian, sebaliknya jika masih bisa diselamatkan akan mengalami kecacatan. Studi baru menemukan bahwa makan 3 buah pisang setiap hari bisa membantu Anda menurunkan risiko stroke.
Read More...

Cara Membuat Link Print di Blog

Fasilitas ini hanya pelengkap pada setiap postingan yang berfungsi bagi penunjung blog yang menurutnya bermanfaat,dan dengan mengklik icon/link ini bisa langsung diprint.Langsung saja pada tutor:

Read More...

Jumlah Backlink Dalam Mendapatkan PR

Di internet telah banyak situs yang menyediakan jasa untuk mengetahui berapa jumlah backlink yang dimiliki oleh blog/web kita. Pada kesempatan kali ini saya akan share cara melihat PR berdasarkan jumlah backlink, untuk itu perhatikan tabel di bawah ini :
Read More...

Berbagi Teknik SEO Blog Anda

1. Penentuan Topik Blog

Hal ini adalah yang paling utama, kenapa? justru ini adalah kekuatan dari adanya blog Anda. Jangan pernah memilih tema ataupun topik yang terlalu beragam. Jika sebuah blog memilih sebuah topik yang khusus atau spesial pasti akan mendapatkan perhatian khusus oleh para pengunjung blog Anda. Mereka akan percaya bahwa Anda adalah seorang yang ahli dalam hal tersebut. Read More...

Berbagi 20 Trik dan Tips Facebook

 Jika Anda surfing Facebook setiap hari atau kadang-kadang, kemungkinan Anda sudah akrab dengan barang-barang biasa seperti menambah / menghapus teman-teman, update status, dinding dan profil, menambahkan dan menjelajahi halaman & aplikasi, dll, tapi ada lagi ..
Read More...

Cara Mengetahui Teman Blogger Berdasarkan Wilayah

Dengan mengetahui blogger sesama kota, maka kita dapat sharing atau bahkan langsung bertemu dengan pemiliknya.Kita juga bisa mencari diberbagai provinsi di Indonesia bahkan di berbagai negara.Jika anda tertarik perhatikkan penjelasan berikut:

Read More...

Nama Domain Berbagai Negara

Ada dua level domain yaitu "Top Level Domain" dan "Second Level Domain".Top Level Domain name itu seperti:
.com (dibaca : dot commercial) = komersil
.net (dibaca : dot
network) = network
.org (dibaca : dot organization)= Organisasi
Read More...

Cara Mengukur Berat Blog

Postingan ini sebenarnya bukan merupakan tutorial atau cara.Saya hanya akan memberikan link website yang menyediakan fasilitas pengukuran berat blog untuk mengetahui berat loading blog kita. Habis sepertinya malam ini sedikit kurang bergairah memposting artikel. Berikut linknya untuk mengukur berat blog Anda:

Read More...

Mengukur Tekanan Darah yang Benar

 Jakarta, Salah satu cara mengetahui apakah seseorang memiliki hipertensi atau tidak melalui pengukuran tekanan darah. Tapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pengukuran tekanan darah agar hasilnya akurat.

Read More...

Jus Bit Menurunkan Tekanan Darah

Sebesar 25 persen populasi dewasa di dunia memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diperkirakan angkanya menjadi 30 persen di 2025. Karenanya diharapkan ada pengobatan alami untuk mengatasi masalah ini.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan nitrat yang terdapat dalam buah bit yang di-jus bisa membantu menurunkan tekanan darah.
Read More...

Tips Mudah Agar Tekanan Darah Tidak Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Ada 5 cara mudah menjaga tekanan darah tetap normal.

Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi. Hal ini kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi.
Read More...

Minumlah Air yang Banyak Sebelum Donor Darah

Sehabis melakukan donor darah biasanya orang akan pusing-pusing bahkan ada juga yang mengalami pingsan. Ilmuwan menyarankan sebelum donor darah minumlah air putih yang banyak untuk menghindari risiko lemas dan pingsan.

Read More...

Cara Meningkatkan Oksigen Dalam Darah

Darah memerlukan oksigen untuk dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan oksigen dalam darah bisa membuat tubuh mengalami masalah serius. Selain olahraga dan transfusi darah, nutrisi tertentu juga bisa meningkatkan oksigen dalam darah.

Read More...

Sering Pusing Sebaiknya Makan Cokelat

Tekanan darah rendah atau hipotensi ditandai dengan gejala sering pusing, cepat letih dan mata berkunang-kunang. Pada kondisi ini makanan yang cocok untuk meningkatkan tekanan darah bukanlah sate kambing, tapi cokelat dan kopi hangat.

Read More...

1 Jam Tidur Siang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Tidur siang kadang diidentikkan dengan pemalas. Padahal ada manfaatnya juga lho. Tidur siang singkat selama 1 jam dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres kerja sehingga membuat Anda lebih segar.

Read More...

Perangi Penyakit dengan Tomat Masak

Tomat merah dan segar tidak hanya dapat dijadikan bumbu pelengkap masakan tetapi juga dapat dijadikan obat untuk memerangi berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, tomat yang dimasak lebih banyak memberi manfaat ketimbang tomat mentah.

Read More...

Dedaunan yang Bisa Mengatasi Kurang Darah

Semua jenis sayuran hijau pada dasarnya bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin (Hb) dan mencegah anemia atau kurang darah. Beberapa di antaranya bahkan terbukti bisa menggantikan suplemen penambah darah.
Read More...

Cuma Kalah Pamor, Terung Sebenarnya Sehebat Blueberry

Sebagai buah, terung kalah mentereng dibanding buah impor seperti blueberry dan blackcurrant. Padahal selain sama-sama berwarna ungu, ada banyak kemiripan terung dengan 2 jenis buah berry tersebut jika dilihat kandungan nutrisinya.

Read More...

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Terlalu lama duduk di belakang meja memang berbahaya dan berisiko bagi kesehatan tubuh. Tapi risiko ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa olahraga ringan sambil tetap duduk di kantor.

Penelitian baru telah menemukan bahwa pekerja kantoran atau selalu duduk di belakang meja selama lebih dari 10 tahun bisa melipatgandakan risiko kanker usus, serta menimbulkan risiko lainnya bagi kesehatan.
Read More...

Tak Ada Istilah Tua untuk Olahraga

Tak ada istilah tua untuk olahraga. Tubuh orang tua tetap bisa merespons aktivitas gerak sama baiknya dengan kondisi tubuhnya saat masih muda. Sayangnya, beberapa orang tua justru lebih fokus pada produk anti penuaan dan melupakan usaha untuk tetap sehat dengan berolahraga.
Read More...

Plus Minus dari Olahraga Lari, Renang dan Sepeda

Bisa jadi lari, sepeda dan renang adalah 3 jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Tapi bagaimana perbandingan dari ketiga jenis olahraga ini?

Lari, sepeda dan renang adalah latihan kardio yang paling populer dan hampir semua orang memiliki akses untuk melakukannya. Semua kegiatan ini bisa memberikan tubuh yang sehat dan pembakar kalori yang sangat baik.
Read More...

Olah Tubuh yang Bisa Membantu Pasien Kanker

 Jakarta, Setiap orang dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur dalam seminggu, tapi bagi orang yang memiliki kanker ada 4 jenis olahraga atau olah tubuh yang bisa membantu.

"Pasien kanker juga direkomendasikan untuk berolahraga, tapi caranya mungkin berbeda tergantung dari kondisi penyakit dan pengobatan yang telah dilakukannya," ujar Josie Gardiner, seorang personal trainer dan penulis 'The Breast Cancer Survivor's Fitness Plan', seperti dikutip dari FoxNews, Selasa (26/4/2011).
Read More...

4 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker terbanyak kedua yang menyerang perempuan setelah kanker mulut rahim di Indonesia. Setidaknya ada empat cara mudah menghindari kanker yang menyerang aset kewanitaan ini.
Penderita kanker payudara setiap tahun semakin meningkat. Berdasarkan data dari International Agencies for Research on Cancer  (IARC) tahun 2005, kasus baru di Indonesia sekitar 26 per 100.000 perempuan setiap tahun, dan sebagian besar dalam keadaan stadium lanjut.
Read More...

Wortel dan Ubi Jalar Bisa Obati Kanker Payudara

Banyak bahan-bahan alami yang diklaim bisa menyembuhkan kanker, meski tidak semuanya bisa dibuktikan secara ilmiah. Wortel dan ubi jalar termasuk bahan alami yang terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker khususnya kanker payudara.

Read More...

Mencegah Kanker Itu Mudah dan Murah

Jika sudah terkena kanker, tidak jarang orang habis-habisan mengeluarkan uang bahkan menjual harta benda untuk menutupi biaya terapi dan pengobatan. Kanker memang bukan penyakit yang murah, tetapi cara mencegahnya sangat mudah dan murah.
Read More...

Daging Merah Picu Kanker, Penangkalnya Cuma Sayur

Kanker usus merupakan jenis kanker yang paling gampang dicegah melalui diet yang sehat. Konsumsi daging merah merupakan salah satu pemicu utamanya, sedangkan penangkalnya cukup sederhana yakni rajin makan sayuran yang mengandung serat.

Read More...

Ini Dia Penangkal Kanker

Segala jenis penyakit kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat. Tapi ada beberapa nutrisi yang bisa jadi penangkal kanker. Apa saja?

Read More...

Kebanyakan Duduk, Kanker Prostat Mengintai

Stockholm, Hati-hati bagi pria yang sering duduk atau punya profesi yang menuntut duduk terus di depan meja. Peneliti Swedia mengatakan bahwa pria yang menghabiskan waktunya duduk seharian bersiko terkena kanker prostat hingga 30 persen.
Read More...

Sering Masturbasi Cegah Kanker Prostat

 Melbourne, Masturbasi ternyata bisa jadi obat untuk mencegah kanker prostat. Peneliti menyarankan pria untuk melakukan masturbasi minimal 12 kali dalam sebulan untuk mengeluarkan zat-zat karsinogenik yang bisa membahayakan kelenjar prostat pria tersebut.

Read More...

Jalan Cepat Bisa Lawan Prostat

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang ditakuti oleh laki-laki. Tapi studi menunjukkan laki-laki yang baru didiagnosis kanker prostat bisa mencegah perkembangan pernyakitnya dengan melakukan jalan cepat.

Read More...

Tanda-tanda Orang Gampang Kena Kanker Kulit

Menipisnya lapisan ozon di atmosfer dapat meningkatkan risiko kanker pada semua orang. Namun secara individual, beberapa orang punya kebiasaan dan faktor risiko yang membuatnya lebih rentan dari yang lain untuk menderita kanker kulit.
Read More...

11 Gejala Kanker yang Tak Boleh Diabaikan


Kanker adalah penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang. Namun kanker masih bisa ditangani bila didiagnosa sejak awal. Untuk itu, ada beberapa gejala kanker yang perlu diwaspadai dan tidak boleh diabaikan.
Read More...

Lisensi Konten Internet Sehat


(Halaman ini hanya untuk informasi lisensi konten Internet Sehat. Untuk penggunaanmerek/kata “INTERNET SEHAT”, silakan baca di halaman Lisensi Penggunaan “INTERNET SEHAT”)
Read More...

10 Kisah Sukses yang Berawal dari Kegagalan

1. Adam Khoo
http://hermawayne.blogspot.com
Dia adalah orang Singapura. Waktu kecil, ia adalah penggemar berat games dan TV. Sehari, ia bisa berjam-jam di depan TV. Baik main PS atau nonton TV.

Read More...

3 Diskusi Wajib + 5 Aplikasi Bantuan, Lindungi Anak Saat Berponsel


[Internet Sehat] Memberikan ponsel kepada anak memang bisa memberikan manfaat. Misalnya, orangtua bisa menghubungi anak untuk menanyakan kabar atau sebaliknya, anak dapat menghubungi orangtua kapan saja jika mereka membutuhkan bantuan. Yang harus diingat, ponsel bukanlah pengganti kehadiran orangtua bagi si anak.
Read More...

Lisensi Internet Sehat


ICT Watch adalah pemegang hak penggunaan nama/merek “INTERNET SEHAT” berdasarkan keputusan Dirjen HAKI, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kata “INTERNET SEHAT” telah terdaftar sebagai merek pada Dirjen HAKI pada tanggal 21 Oktober 2010, dengan nomor pendaftaran IDM00276610.
Read More...

Sekedar menyampaikan catatan sejarah, istilah Internet Sehat pada awalnya kami (ICT Watch) cetuskan pada tahun 2002. Salah satu kegiatan awal memperkenalkan program Internet Sehat ke publik secara luas adalah pada 29 April 2002, dengan meluncurkan situs resmi dan brosur hardcopy Internet Sehat edisi perdana (baca: http://www.mail-archive.com/komunitas@sekolah2000.org/msg00703.html).
Read More...

Jumat, 08 Juli 2011

Tips Jitu Online Aman Untuk Orang Tua dan Anak


Membiarkan anak-anak bermain di dunia maya tanpa pengawasan berarti membiarkan mereka menghadapi risiko kemanan yang membahayakan. Orang-orang jahat berkedok ‘teman baru’ di internet bisa membuat anak-anak terjebak skenario jahat mereka. Oleh karena itu simak tips-tips berikut, baik untuk orang tua maupun bagi anak-anak.
Read More...

Pria Pakai Facebook untuk Menggoda Lawan Jenis


Di tengah banyaknya situs pertemanan, Facebook masih jadi rajanya. Sebuah survey yang dilakukan oleh Oxygen Media and Lightspeed Research membuktikan hal ini. Selain mengungkap seberapa besar mereka tergila-gila dengan Facebook, hasil survey juga berbicara mengenai perbedaan pemanfaatan situs ini oleh pria dan wanita.
Read More...

85% Wanita Risih dengan Teman Facebook-nya


Facebook masih menjadi rajanya situs jejaring sosial. Namun siapa sangka bahwa ternyata situs ini membawa dampak negatif, khususnya bagi Facebooker wanita. Apakah itu?
Read More...

Trik Jitu Menjaga Privasi di Internet


Menjaga kerahasiaan data-data di internet sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang benar-benar mudah. Tidak perlu menjadi seseorang yang sangat melek teknologi untuk menghindari data-datamu dari sentuhan tangan yang tidak bertanggung jawab. Pun, tak perlu menjadi lulusan TI untuk menghalau spam yang sering hinggap di email. Hanya dengan sedikit trik yang bisa dilakukan oleh siapa saja, maka privasimu di internet akan tetap terjaga, berikut ini beberapa contohnya.
Read More...

Waduh! Seorang Wanita Tertipu Rp 3 Miliar di Facebook


Penipuan online via Facebook kembali terjadi. Tidak tanggung-tanggung, korban harus menanggung kerugian sejumlah USD366 ribu atau sekitar Rp 3 miliar!
Read More...

Mau Join Situs Kencan? Catat Dulu Tips Amannya!


Situs kencan online bagi sebagian orang adalah solusi yang tepat untuk mencari pasangan di tengah kesibukan atau minimnya waktu bersosialisasi. Meskipun dirasa mengasyikkan dan memiliki sensasi sendiri, akan tetapi mencari jodoh di internet melalui situs tersebut juga berisiko.
Read More...

Google Plus Ditunggai Scam, Waspadai Jebakannya!


Peluncuran situs jejaring sosial besutan Google, Google+, menjadi kesempatan emas bagi pelaku kejahatan cyber untuk kembali beraksi. Link-link dalam wujud invitation palsu untuk join di Google+ bersliweran di internet, siap menjerat korbannya.
Read More...

5 Alasan Twitter Menskors Akun Anda


Sama dengan situs lain, Twitter juga tidak mentolerir adanya spam. Jika Twitter menjumpai aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah akun dan itu berlanjut, maka pihak Twitter tak segan-segan untuk menangguhkan sementara akun tersebut bahkan hingga selamanya. Jadi, ketahuilah batasan-batasan dalam ngetweet agar akunmu tidak dicurigai sebagai akun spam karena banyak kasus di mana Twitter menskors akun asli gara-gara mereka berperilaku layaknya spammer.
Read More...

Google Akan Larang Private Profile di Layanannya

Bagi pengguna layanan Google, perubahan privasi yang baru saja diumumkan oleh perusahaan yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page ini layak disimak. Pasalnya per awal Agustus nanti, Google tak akan lagi membolehkan Google Profile disettingprivate.
Read More...

Thailand Larang Penggunaan Sosial Media Saat Pemilu

Hari Minggu ini (3 Juli 2011) yang lalu, Thailand kembali akan menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih 500 orang anggota Parlemen. Seperti halnya setiap Pemilu dimana pun, selalu saja terdapat persaingan yang sangat ketat diantara masing-masing kandidat peserta pemilu. Kampanye dan upaya-upaya untuk meyakinkan para pemilih terus dilakukan dengan berbagai cara hingga saat-saat akhir sebelum pemilih masuk ke bilik suara.
Read More...

Teladan Karakter Politik Abhisit Vejjajiva

Masih berusia muda, Sarjana dan Master dari Universitas Oxford, Abhisit Vejjajiva, Perdana Menteri (PM) Thailand ke 27 yang berkuasa sejak tahun 2008, mstinya sangat layak untuk tetap memimpin Partai Demokrat. Tapi pilihan untuk meneruskan kepemimpinannya di Partai Demokrat tidak dilakukannya. Ia lebih memilih untuk mundur sebagai bentuk pertanggungjawabannya karena Partai Demokrat gagal memenangkan kursi mayoritas pada pemilihan umum (pemilu) Parlemen tanggal 3 Juli 2011.
Read More...

Yingluck Shinawatra Wanita Cantik Pimpin Thailand

Di Thailand saat ini, siapa yang tidak mengenal wanita cantik yang bernama Yingluck Shinawatra. Ia baru saja terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) wanita pertama di negeri yang berjuluk Gajah Putih tersebut setelah partai yang dipimpinnya meraih suara mayoritas pada Pemilihan Umum (pemilu) yang berlangsung pada tanggal 3 Juli 2011.
Read More...

Mari Bergabung di Komunitas Blogger ASEAN

Deklarasi Pembentukan Komunitas Blogger Asean-Indonesia
(Asean Blogger Community Chapter Indonesia)
Bahwa sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN, khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.
Read More...

Kamis, 07 Juli 2011

Inilah Fitur Baru 'Menghebohkan' Facebook

INILAH.COM, Jakarta – Pada Rabu lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menjanjikan ‘hal menarik’ bagi penggunanya. Kini, ketiga fitur baru itu resmi diluncurkan. Apa saja?
Fitur-fitur baru ini termasuk desain ulang antarmuka chat, group chat dan video chat yang semuanya dipaparkan dalam blog Facebook. Fitur group chat memungkinkan obrolan bersama dengan beberapa teman sekaligus dengan memilih ‘Add Friends to Chat’.
Read More...

Google Akan Ganti Nama Blogger Menjadi Google Blogs

Selamat tinggal Blogger dan Picasa. Kedua produk Google ini tidak akan ada lagi dalam waktu dekat.
Seperti dilaporkan situs Mashable.com, Selasa (5/7/2011), dua produk Google yang populer, yakni Blogger dan Picasa, sepertinya akan digusur Google. Bukan dihapuskan total melainkan ganti nama.
Read More...

Makalah Penegakan Hukum; Menjamin Kepastian Hukum Dan Rasa Keadilan Masyarakat


Masalah penegakan hukum adalah merupakan suatu persoalan yang dihadapi oleh setiap masyarakat. Walaupun kemudian setiap masyarakat dengan karakteristiknya masing-masing, mungkin memberikan corak permasalahannya tersendiri di dalam kerangka penegakan hukumnya. Namun setiap masyarakat mempunyai tujuan yang sama, agar di dalam masyarakat tercapai kedamaian sebagai akibat dari penegakan hukum yang formil.
Read More...

Proposal Efisiensi Penanaman Modal Oleh Pemerintah Daerah


Keberhasilan pembangunan ekonomi di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus saat ini. Hal ini dapat tercapai jika didukung oleh seluruh rakyat Indonesia, yaitu berupa kualitas dan kuantitas sumber daya yang ada baik material maupun nonmaterial yang mendorong segenap aspek kehidupan perekonomian untuk saling memperkuat, saling terrkait dan saling kerjasama untuk mencapai kesejahteraan rakyat.
Read More...

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

Indonesia saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar, yaitu desentralisasi atau otonomi daerah yang saat ini sudah dimulai, dan era globalisasi total yang akan terjadi pada tahun 2020. Kedua tantangan tersebut merupakan ujian berat yang harus dilalui dan dipersiapkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Kunci sukses dalam menghadapi tantangan berat itu terletak pada kualitas sumberdaya manusia (SDM) Indonesia yang handal dan berbudaya.
Read More...

Merancang Business Plan


Business Plan (BP) pada dasarnya adalah deskripsi tertulis mengenai masa depan bisnis, yang menjelaskan APA dan BAGAIMANA rencananya. BP biasanya digunakan oleh wiraswastawan yang sedang mencari calon investor untuk menyampaikan visi mereka kepada calon investor. BP juga sering kali digunakan oleh perusahaan untuk menarik karyawan penting, prospek bisnis baru, berhubungan dengan supplier, atau bahkan hanya untuk diberikan kepada siapapun agar mereka lebih mengerti bagaimana mengelola perusahaan secara lebih baik.
Read More...

Proposal Kuliah Kerja Nyata (KKN)


contoh proposal KULIAH KERJA NYATA (KKN)
I. JUDUL
PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG DALAM PERINTISAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD )
contoh proposal KULIAH KERJA NYATA (KKN)
Read More...

Proposal Usaha Bordir


Dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, dengan ini kami mengajukan Permohonan Bantuan Modal untuk pengembangan usaha tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sampaikan Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Besar harapan kami, apabila Bapak dapat mengabulkan permohonan kami.
Demikian permohonan kami, agar menjadi maklum adanya.
Read More...

Proposal Pengembangan Usaha Industri Perikanan Udang Windu


Contoh Proposal PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG WINDU
Ringkasan Proposal :

Perikanan budidaya air payau mempunyai potensi yang sangat besar dan sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal, padahal dilihat dari luas lahan dan karateristiknya, potensi pasar, serta kajian analisa ekonominya sangatlah mendukung untuk digali dan dikembangkan lebih lanjut.
Read More...

Proposal Industri Minyak Nilam


Dengan diberlakukannya Otonomi Daerah pada tanggal 1 Januari 2001, maka Pemerintah Daerah berkewajiban untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya dengan menggali potensi daerah secara optimum yang memberikan peningkatan nilai tambah cukup signifikan kepada masyarakat, serta memberikan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), untuk kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.
Read More...

Rabu, 06 Juli 2011

10 Langkah Beriklan Di Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi kanal yang diperhitungkan bagi banyak brand untuk beriklan. Namun, beriklan di media sosial tidak hanya sekadar bicara tentang memasang banner di Facebook. Pengiklan harus memperhatikan dengan seksama bagaimana tampilan dan interaksi dengan para netizen. Apalagi mengingat sudah banyaknya brands yang aktif di media sosial, maka diperlukan strategi yang tepat supaya bisa diterima target pasar pengiklan.
Read More...

Salingsilang Menyajikan Data Facebook Top Page

SalingSilang.com adalah sebuah situs yang menyediakan informasi terkini tentang apa yang sedang dipercakapkan di Internet, khususnya di berbagai kanal sosial media yang tersedia di Indonesia. Situs  www.salingsilang.com juga menyajikan data Facebook Page berdasarkan jumlah Fans (Likes) dan juga pertumbuhannya, sehingga kita dapat menemukan Facebook Fan Page yang kita minati dengan lebih mudah. Untuk melihat Facebook Page kamu dalam daftar ini silahkan tambah data Facebook Page yang Anda ketahui!
Read More...

Cara Mendaftar atau Menjadi Member di Jejaring Google Plus


Sudah dua postingan saya edit tentang lahirnya jejaring “Google Plus” besutan Mbah Google ini antara lain;  "Google Plus Saingan Berat Facebook". Dan “Pendiri Facebook Pengguna Terpopuler di Google+”.  Namun benar apa tidaknya prediksi ini, waktu akan berbicara, pastinya menurut saya Facebook akan kehilangan pamor dengan hadirnya Google Plus.
Read More...

Pendiri Facebook Pengguna Terpopuler di Google Plus

Sebagaimana postingan saya sebelumnya dengan judul "Google Plus Saingan Berat Facebook". Postingan berikut ini merupakan bukti awal akan bergesernya pengguna Facebook ke Google Plus. Google+ (Plus), jejaring sosial baru "Google Plus" besutan raksasa mesin pencari www. google.com, meluncurkan aplikasi web untuk Google+ yang mungkin menjadi aplikasi pertamanya. Google+ Statistik, mendaftar pengguna Google+ dengan Friends dan Followers terbanyak....
Read More...

Alamat Website Populer, Blog Populer dan Komunitas Blogger

Read More...

Alamat Situs Toko Buku dan Toko Online

Read More...

Daftar Alamat Situs Spiritual

Read More...

Daftar Alamat Situs Motivator Luar Negeri

Read More...

Daftar Alamat Situs Motivator Indonesia

Read More...

Daftar Alamat Situs Inspirasi

Read More...

Download Presentasi Pendirian Yayasan


Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan dalam mencapai tujuan tertentu dibidang social, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota. Yayasan dapat mendirikan badan usaha yang kegiatannya sesuai dengan maksud dan tujuan yayasan.
Proses pendirian yayasan:
Read More...

Proposal Permohonan Bantuan Dana Pramuka


Pramuka (Praja Muda Karana) Merupakan Sebuah Organisasi yang berfungsi sebagai wadah dalam membina kedisiplinan dan kemandirian siswa – siswi baik muda maupun dewasa.
Dengan adanya kepramukaan maka dengan itu kita bisa meningkatkan mutu, kualitas dan kuantitas serta mentalitas diri sehingg mampu menuntun kita dalam hidup bermasyrakat. Demi terwujudnya masyarakat yang madani.
Read More...

Makalah Pengembangan Media dan Sumber Belajar


Dahulu, ketika teknologi khususnya teknologi informasi belum berkembang seperti sekarang ini; ketika ilmu penge­rahuan belum sepesat ini proses pembelajaran biasanya berlangsung pada tempat dan waktu tertentu. Proses pem­belajaran adalah proses komunikasi antara guru clan siswa melalui bahasa verbal sebagai media utama penyampaian materi pelajaran. Proses pembelajaran sangat tergantung pada guru sebagai sumber belajar.
Read More...

Panduan Dalam Memulai Homeschooling


Apa itu homeschooling? Homeschooling atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan pendidikan di rumah adalah salah satu model pendidikan dan belajar bagi anak-anak yang berbasis rumah. Homeschooling bukan berarti tidak belajar, bahkan semua kegiatan keseharian adalah sebuah pembelajaran yang efektif dalam homeschooling. Pendidikan di rumah bukanlah sebuah hal yang baru, jauh sebelum ada sistem pendidikan modern (sekolah) sebagaimana yang dikenal pada saat ini,
Read More...

Strategi Distribusi Dan Strategi Promosi

Makalah Pengantar Bisnis "Strategi Distribusi dan Promosi"
Saluran distribusi menggambarkan jalur barang dari produsen sampai ke pelanggan. Saluran tersebut biasanya melibatkan juga perantara pemasaran, atau perusahaan yang ikut serta dalam proses pemindahan barang sampai ke tangan konsumen. Keputusan perusahaan yang berkaitan dengan distribusi dapat berpengaruh terhadap kinerjanya karena mempengaruhi cakupan produk atas pelanggan.
Read More...

Selasa, 05 Juli 2011

Google Plus Saingan Berat Facebook

Dapatkah Google + (Google Plus) mencuri atau menarik pengguna Facebook? Sebelum saya memposting substansi judul tersebut diatas, saya coba menjawab pertanyaan ini, bahwa; Saya yakin Google Plus sangat mampu melakukan hal tersebut, karena tanpa kehadiran pesaing jejaring sosial Facebook sendiripun, sekarang ini sudah mulai berkurang dan semakin kurang menarik lagi "komunikasi" disana (maksudnya di FB dan juga di Twetter).
Read More...

Muhammadiyah Puasa 1 Agustus 2011

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan maklumat yang menetapkan awal puasa Ramadhan 1432 H  / 2011 M bahwa 1 Ramadhan 1432 H akan jatuh pada hari senin tanggal 1 Agustus 2011 mendatang.
Penetapan tersebut dituangkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah No.375/MLM/I.O/E/2011 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof.Dr.Din Syamsuddin dan Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, M.Ag.
Read More...

Senin, 04 Juli 2011

Rahasia Sukses Bangsa Jepang


1.KERJA KERAS,Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama.
Read More...

Submit Blog ke 300 Search Engine

Mendengar kata Submit Blog ke 300 Search Engine, rasanya seperti berlebihan , tapi ini emang benar adanya. Setelah submit ke berbagai rajanya Search Engine seperti Google (baca: Submit dan Verifikasi Blog ke Google), Yahoo (baca: Cara Submit Blog ke Yahoo), dan Bing (baca: Cara Submit Blog ke Bing). Nah apa salahnya kita daftarkan pula ke Free Search Engine Submission, Submit your site to more than 300 Search Engine and Directory.
Read More...

Tony Blair: Saya Baca Al Quran Setiap Hari


Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris mulanya enggan berbicara masalah agama. Namun setelah turun jabatan, ia menyatakan baru menganut Katolik. Kini, ia membaca Al Quran setiap hari.
Read More...

Barack Obama dan Bayi


Washington – Dua bocah SD di Washington gembira luar biasa karena diajak Presiden Barack Obama melihat mobilnya secara langsung dari dalam.


Kegembiraan kedua bocah itu terlihat dari sebuah video yang beredar di situs YouTube. Dalam klip yang diunggah akun ‘TheObamaDiary’ tersebut, terlihat bocah laki-laki dan perempuan duduk di kursi belakang mobil Obama.
Read More...

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Pekerjaan

Sudah bukan rahasia lagi kalau interview atau wawancara pekerjaan merupakan hal paling kritikal untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Karena itu, tentu Anda tahu bahwa Anda harus mempersiapkan diri Anda seprima mungkin, baik fisik dan mental. Ketok kali ini akan memberi Anda tips untuk menghadapi delapan belas pertanyaan yang paling umum dan tersulit dalam sebuah wawancara pekerjaan. 
Read More...

10 Pekerjaan Yang Butuh Kebohongan

Bohong itu dosa? Hmmm… tak dipungkiri terkadang kita perlu kebohongan di dalam hidup kita, terutama dalam pekerjaan. Simak saja ulasannya berikut sobat.
Dalam bekerja, tak hanya dibutuhkan skill menjual, bargaining, mendesain, atau berbicara saja. Berbohong, adalah salah satu skill yang ternyata juga harus dimiliki oleh beberapa pekerjaan berikut ini:
Read More...

10 Penemuan Top Dunia Oleh Wanita




1. Marie Curie - ilmuwan terkenal perempuan, spesialisasi dalam bidang-bidang seperti kimia dan fisika. Ilmuwati ini dikenal sebagai penemu dari polonium radioaktif dan radium elemen dan sebagai orang pertama yang memenangkan hadiah Nobel dua.
Read More...

10 Manusia yang Memiliki Kemampuan Aneh dan Unik

1. Manusia dengan Otak yang Menakjubkan (Daniel Tammet)
Daniel Paul Tammet adalah orang Inggris yang berbakat dengan kemampuan yang luar biasa pada perhitungan matematis, memori, dan pembelajaran bahasa. Ia dilahirkan dengan bawaan epilepsi. Ia mengatakan, setiap angka hingga 10.000 masing – masing memiliki ‘rasa dan bentuk’ yang unik, sehingga ia dapat ‘merasakan’ apakah suatu angka tersebut termasuk angka yang utama ataupun campuran.
Read More...

Sikap Orang Tua Bertanggungjawab

Peran orang tua sangat menentukan baik-buruk serta utuh-tidaknya kepribadian anak. Untuk itu orang tua pasti akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah Subhanahu wata’ala kelak di akhirat tentang anak-anaknya.
Read More...

Keluarga Bahagia Dengan Akhlak

Menjadi keluarga sakinah, adalah hal yang diidamkan setiap pasangan yang hendak membangun rumah tangga. Sesuatu yang tidak mudah, namun tak mustahil untuk diwujudkan. Apa kuncinya?
Read More...

Kekufuran Istri Berakibat Petaka

Merupakan satu anugerah dari Allah, ketika seorang wanita dipertemukan dengan pasangan hidupnya dalam satu jalinan kasih yang suci. Hal ini sebagai satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Sang Khaliq.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُوْنَ
Read More...

Indahnya Keharmonisan Keluarga

Keluarga sakinah adalah keluarga dengan enam kebahagiaan yang terlahir dari usaha keras pasangan suami isteri dalam memenuhi semua  hak dan kewajiban, baik  kewajiban perorangan maupun kewajiban bersama. Teramat jelas bagaimana Allah dan RasulNya menuntun kita untuk mencapai tiap kebahagiaan itu.
Read More...

Kajian Rumah Tangga Islami

Untuk menegakkan bangunan masyarakat Islami, penyangga utamanya adalah rumah tangga Islami. Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan rumah tangga Islami? Apakah dengan semua anggota keluarganya beragama Islam lantas sudah disebut rumah tangga Islami? Kenyataannya, betapa banyak keluarga muslim yang tidak menampakkan kehidupan yang Islami.
Read More...

Sepuluh Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Maka, kita sebagai orang tua bertanggung jawab terhadap amanah ini. Tidak sedikit kesalahan dan kelalaian dalam mendidik anak telah menjadi fenomena yang nyata. Sungguh merupakan malapetaka besar ; dan termasuk menghianati amanah Allah.
Adapun rumah, adalah sekolah pertama bagi anak.
Read More...

Kajian Hak Suami Dan Istri

Salah satu kunci keluarga bahagia yaitu adanya pemahaman dan pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri di dalam bahtera rumah tangga. Diperlukan kerjasama antara suami dan istri dalam membangun keharmonisan rumah tangganya. Tak lupa pula didasari dengan agama, keluarga tersebut akan menjadi sakinah. Seorang suami yang beriman akan mampu menjadi kepala rumah tangga yang baik dan kelak membawa keluarganya menuju syurga.
Read More...

Ajarkan Kebaikan Kepada Anak

Mengajarkan Kebaikan kepada anak sangat penting, agar masa depan dan generasi keluarga islami menjadi sangat indah yaitu salah satunya dengan menanamkan adab berbicara kepada Anak. Di antara perkara yang cukup merepotkan orangtua dari perilaku anak-anaknya adalah kebiasaan buruk dalam berbicara. Padahal berbicara adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan manusia. Berbicara pula yang pertama-tama dilakukan bayi saat baru lahir, melalui tangisannya. Betapa bahagia sang ibu tatkala mendengar kata pertama yang diucapkan buah hatinya. 
Read More...

Anak Sebagai Harapan Masa Depan

Anak adalah harapan di masa yang akan datang. Kalimat ini seringkali kita dengar dan amat lengket di benak kita. Tak ada yang memungkiri ucapan itu, karena memang ia sebuah kenyataan bukan hanya sekedar ungkapan perumpamaan, benar-benar terjadi bukan sebatas khayalan belaka. Karenanya sudah semestinya memberikan perhatian khusus dalam hal mendidiknya sehingga kelak mereka menjadi para pengaman dan pelopor masa depan umat Islam.
Read More...

Anak Merupakan Anugerah Dan Ujian

Dalam pandangan Islam, anak adalah anugerah yang diberikan Allah pada para orang tuanya. Kehadiran anak disebut berita baik (Maryam:7), hiburan karena mengenakan pandangan mata (Al-Furqan:74), dan perhiasan hidup di dunia (Al-Kahfi:46). Anak juga sebagai bukti kebesaran dan kasih sayang Allah, pelanjut, penerus dan pewaris orang tua, tetapi juga sekaligus ujian (At-Taghabun:15).
Read More...

Kisah Pendeta Katolik Masuk Islam

”Allah menyeru manusia ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).” (QS Yunus: 25)
Ayat tersebut di atas menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala akan memberikan hidayah (jalan kebaikan) kepada siapa saja yang dikehendakinya untuk memilih Islam. Tak peduli siapa pun. Baik dia budak, majikan, pejabat, bahkan tokoh agama non-Islam sekalipun. Ayat tersebut, layak disematkan pada Idris Tawfiq , seorang pastor di Inggris yang akhirnya menerima Islam.
Read More...

Apa Cara Sikap Muslim Hadapi Fitnah

Derasnya gelombang fitnah yang melanda kaum muslimin saat ini membuat sekian banyak kebingungan di tengah umat dan bahkan terbawa oleh arus fitnah tersebut. Sehingga wajarlah kalau timbul berbagai macam kerusakan dan menambah volume fitnah. Mohon terangkan bagaimana sikap seorang muslim dalam menghadapi fitnah menurut syariat Islam!

Read More...

Kajian Fitnah Serta Menyikapinya

Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah. Kami memujinya. Kami memohon pertolongan kepadaNya. Kami juga memohon ampunan dan bertaubat kepadaNya. Kami berlindung kepada Allah dari kejelekan jiwa kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barang siapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tidak ada yang bisa menyesatkannya.
Read More...

Kajian Memahami Hakikat Syirik

Syirik merupakan dosa paling besar, kezaliman yang paling zalim, dosa yang tidak akan diampuni Allah, dan pelakunya diharamkan masuk surga serta seluruh amal yang pernah dilakukannya selama di dunia akan hangus dan sia-sia. Oleh sebab itu mengenal hakikat syirik dan bahayanya adalah perkara yang sangat penting.
Read More...

Ramalan Bintang Sangat Diharamkan

Horoskop atau mudahnya kita sebut ramalan nasib seseorang dengan melihat bintang kelahirannya, termasuk satu kolom atau rubrik yang laris manis di surat kabar, tabloid, ataupun majalah. Bahkan bisa ditanyakan lewat sms ke paranormal tertentu yang memasang iklan di sejumlah media. Yang berbintang pisces, pantasnya berjodoh dengan yang berbintang A. Keberuntungan di tahun ini demikian dan demikian…
Read More...

Kajian Hidup Menuju Akhirat

Hari akhirat hari setelah kematian yang wajib diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beriman kepada Allah ta’ala dan kebenaran agama-Nya. Hari itulah hari pembalasan semua amal perbuatan manusia, hari perhitungan yang sempurna, hari ditampakkannya semua perbuatan yang tersembunyi sewaktu di dunia, hari yang pada waktu itu orang-orang yang melampaui batas akan berkata dengan penuh penyesalan.

يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي

“Duhai, alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.” (Qs. Al Fajr: 24)

Maka seharusnya setiap muslim yang mementingkan keselamatan dirinya benar-benar memberikan perhatian besar dalam mempersiapkan diri dan mengumpulkan bekal untuk menghadapi hari yang kekal abadi ini. Karena pada hakikatnya, hari inilah masa depan dan hari esok manusia yang sesungguhnya, yang kedatangan hari tersebut sangat cepat seiring dengan cepat berlalunya usia manusia. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al Hasyr: 18)

Dalam menafsirkan ayat di atas Imam Qotadah berkata: “Senantiasa tuhanmu (Allah) mendekatkan (waktu terjadinya) hari kiamat, sampai-sampai Dia menjadikannya seperti besok.” (Dinukil oleh Ibnul Qayyim dalam kitab beliau Ighaatsatul Lahfan (hal. 152 – Mawaaridul Amaan). Beliau (Abu Qatadah) adalah Qotadah bin Di’aamah As Saduusi Al Bashri (wafat setelah tahun 110 H), imam besar dari kalangan tabi’in yang sangat terpercaya dan kuat dalam meriwayatkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. (lihat kitab Taqriibut Tahdziib, hal. 409)

Semoga Allah ta’ala meridhai sahabat yang mulia Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu yang mengingatkan hal ini dalam ucapannya yang terkenal: “Hisab-lah (introspeksilah) dirimu (saat ini) sebelum kamu di-hisab (diperiksa/dihitung amal perbuatanmu pada hari kiamat), dan timbanglah dirimu (saat ini) sebelum (amal perbuatan)mu ditimbang (pada hari kiamat), karena sesungguhnya akan mudah bagimu (menghadapi) hisab besok (hari kiamat) jika kamu (selalu) mengintrospeksi dirimu saat ini, dan hiasilah dirimu (dengan amal shaleh) untuk menghadapi (hari) yang besar (ketika manusia) dihadapkan (kepada Allah subhanahu wa ta'ala):

يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لا تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَةٌ

“Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Allah), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi-Nya).” (Qs. Al Haaqqah: 18). (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab beliau Az Zuhd (hal. 120), dengan sanad yang hasan)

Senada dengan ucapan di atas sahabat yang mulia Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Sesungguhnya dunia telah pergi meninggalkan (kita) sedangkan akhirat telah datang di hadapan (kita), dan masing-masing dari keduanya (dunia dan akhirat) memiliki pengagum, maka jadilah kamu orang yang mengagumi/mencintai akhirat dan janganlah kamu menjadi orang yang mengagumi dunia, karena sesungguhnya saat ini (waktunya) beramal dan tidak ada perhitungan, adapun besok (di akhirat) adalah (saat) perhitungan dan tidak ada (waktu lagi untuk) beramal.” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Az Zuhd (hal. 130) dan dinukil oleh Imam Ibnu Rajab Al Hambali dalam kitab beliau Jaami’ul ‘uluumi wal hikam (hal. 461)).

Jadilah kamu di dunia seperti orang asing…

Dunia tempat persinggahan sementara dan sebagai ladang akhirat tempat kita mengumpulkan bekal untuk menempuh perjalanan menuju negeri yang kekal abadi itu. Barangsiapa yang mengumpulkan bekal yang cukup maka dengan izin Allah dia akan sampai ke tujuan dengan selamat, dan barang siapa yang bekalnya kurang maka dikhawatirkan dia tidak akan sampai ke tujuan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita sikap yang benar dalam kehidupan di dunia dalam sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Jadilah kamu di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan.” (HR. Al Bukhari no. 6053)

Hadits ini merupakan bimbingan bagi orang yang beriman tentang bagaimana seharusnya dia menempatkan dirinya dalam kehidupan di dunia. Karena orang asing (perantau) atau orang yang sedang melakukan perjalanan adalah orang yang hanya tinggal sementara dan tidak terikat hatinya kepada tempat persinggahannya, serta terus merindukan untuk kembali ke kampung halamannya. Demikianlah keadaan seorang mukmin di dunia yang hatinya selalu terikat dan rindu untu kembali ke kampung halamannya yang sebenarnya, yaitu surga tempat tinggal pertama kedua orang tua kita, Adam ‘alaihis salam dan istrinya Hawa, sebelum mereka berdua diturunkan ke dunia.

Dalam sebuah nasehat tertulis yang disampaikan Imam Hasan Al Bashri kepada Imam Umar bin Abdul Azizi, beliau berkata: “…Sesungguhnya dunia adalah negeri perantauan dan bukan tempat tinggal (yang sebenarnya), dan hanyalah Adam ‘alaihis salam diturunkan ke dunia ini untuk menerima hukuman (akibat perbuatan dosanya)…” (Dinukil oleh Ibnul Qayyim dalam kitab beliau Ighaatsatul Lahfaan (hal. 84 – Mawaaridul Amaan))

Dalam mengungkapkan makna ini Ibnul Qayyim berkata dalam bait syairnya:

Marilah (kita menuju) surga ‘adn (tempat menetap) karena sesungguhnya itulah

Tempat tinggal kita yang pertama, yang di dalamnya terdapat kemah (yang indah)

Akan tetapi kita (sekarang dalam) tawanan musuh (setan), maka apakah kamu melihat

Kita akan (bisa) kembali ke kampung halaman kita dengan selamat?

(Miftaahu Daaris Sa’aadah (1/9-10), juga dinukil oleh Ibnu Rajab dalam kitab beliau Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam (hal. 462))

Sikap hidup ini menjadikan seorang mukmin tidak panjang angan-angan dan terlalu muluk dalam menjalani kehidupan dunia, karena “barangsiapa yang hidup di dunia seperti orang asing, maka dia tidak punya keinginan kecuali mempersiapkan bekal yang bermanfaat baginya ketika kembali ke kampung halamannya (akhirat), sehingga dia tidak berambisi dan berlomba bersama orang-orang yang mengejar dunia dalam kemewahan (dunia yang mereka cari), karena keadaanya seperti seorang perantau, sebagaimana dia tidak merasa risau dengan kemiskinan dan rendahnya kedudukannya di kalangan mereka.” (Ucapan Imam Ibnu Rajab dalam kitab beliau Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam (hal. 461), dengan sedikit penyesuaian)

Makna inilah yang diisyaratkan oleh sahabat yang meriwayatkan hadits di atas, Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu ketika beliau berkata: “Jika kamu (berada) di waktu sore maka janganlah tunggu datangnya waktu pagi, dan jika kamu (berada) di waktu pagi maka janganlah tunggu datangnya waktu sore, serta gunakanlah masa sehatmu (dengan memperbanyak amal shaleh sebelum datang) masa sakitmu, dan masa hidupmu (sebelum) kematian (menjemputmu).” (Diriwayatkan oleh imam Al Bukhari dalam kitab Shahihul Bukhari, no. 6053).

Bahkan inilah makna zuhud di dunia yang sesungguhnya, sebagaimana ucapan Imam Ahmad bin Hambal ketika beliau ditanya: Apakah makna zuhud di dunia (yang sebenarnya)? Beliau berkata: “(Maknanya adalah) tidak panjang angan-angan, (yaitu) seorang yang ketika dia (berada) di waktu pagi dia berkata: Aku (khawatir) tidak akan (bisa mencapai) waktu sore lagi.” (Dinukil oleh oleh Ibnu Rajab dalam kitab beliau Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam (hal. 465))

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوى

Berbekallah, dan sungguh sebaik-baik bekal adalah takwa

Sebaik-baik bekal untuk perjalanan ke akhirat adalah takwa, yang berarti “menjadikan pelindung antara diri seorang hamba dengan siksaan dan kemurkaan Allah yang dikhawatirkan akan menimpanya, yaitu (dengan) melakukan ketaatan dan menjauhi perbuatan maksiat kepada-Nya.” (Ucapan Imam Ibnu Rajab dalam kitab Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam (hal. 196))

Maka sesuai dengan keadaan seorang hamba di dunia dalam melakukan ketaatan kepada Allah dan meninggalkan perbuatan maksiat, begitu pula keadaannya di akhirat kelak. Semakin banyak dia berbuat baik di dunia semakin banyak pula kebaikan yang akan di raihnya di akhirat nanti, yang berarti semakin besar pula peluangnya untuk meraih keselamatan dalam perjalanannya menuju surga.

Inilah diantara makna yang diisyaratkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda beliau: “Setiap orang akan dibangkitkan (pada hari kiamat) sesuai dengan (keadaannya) sewaktu dia meninggal dunia.” (HR. Muslim, no. 2878). Artinya: Dia akan mendapatkan balasan pada hari kebangkitan kelak sesuai dengan amal baik atau buruk yang dilakukannya sewaktu di dunia. (Lihat penjelasan Al Munaawi dalam kitab beliau Faidhul Qadiir (6/457))

Landasan utama takwa adalah dua kalimat syahadat: Laa ilaaha illallah dan Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, sebaik-baik bekal yang perlu dipersiapkan untuk selamat dalam perjalanan besar ini adalah memurnikan tauhid (mengesakan Allah ta’ala dalam beribadah dan menjauhi perbuatan syirik) yang merupakan inti makna syahadat Laa ilaaha illallah dan menyempurnakan al ittibaa’ (mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menjauhi perbuatan bid’ah) yang merupakan inti makna syahadat Muhammadur Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka dari itu, semua peristiwa besar yang akan dialami manusia pada hari kiamat nanti, Allah akan mudahkan bagi mereka dalam menghadapinya sesuai dengan pemahaman dan pengamalan mereka terhadap dua landasan utama Islam ini sewaktu di dunia.

Fitnah (ujian keimanan) dalam kubur yang merupakan peristiwa besar pertama yang akan dialami manusia setelah kematiannya, mereka akan ditanya oleh dua malaikat: Munkar dan Nakir (Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat At Tirmidzi (no. 1083) dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Ash Shahiihah, no. 1391) dengan tiga pertanyaan: Siapa Tuhanmu?, apa agamamu? dan siapa nabimu? (Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih riwayat Ahmad (4/287-288), Abu Dawud, no. 4753 dan Al Hakim (1/37-39), dinyatakan shahih oleh Al Hakim dan disepakati oleh Adz Dzahabi.). Allah hanya menjanjikan kemudahan dan keteguhan iman ketika mengahadapi ujian besar ini bagi orang-orang yang memahami dan mengamalkan dua landasan Islam ini dengan benar, sehingga mereka akan menjawab: Tuhanku adalah Allah, agamaku adalah Islam dan Nabiku adalah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ‘ucapan yang teguh’ dalam kehidupan di dunia dan di akhirat, dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” (Qs. Ibrahim: 27)

Makna ‘ucapan yang teguh’ dalam ayat di atas ditafsirkan sendiri oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh sahabat yang mulia Al Bara’ bin ‘Aazib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang muslim ketika ditanya di dalam kubur (oleh Malaikat Munkar dan Nakir) maka dia akan bersaksi bahwa tidak ada sembahan yang benar kecuali Allah (Laa Ilaaha Illallah) dan bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah (Muhammadur Rasulullah), itulah (makna) firman-Nya: Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ‘ucapan yang teguh’ dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.” (HR.Al Bukhari (no. 4422), hadits yang semakna juga diriwayatkan oleh Imam Muslim (no. 2871))

Termasuk peristiwa besar pada hari kiamat, mendatangi telaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang penuh kemuliaan, warna airnya lebih putih daripada susu, rasanya lebih manis daripada madu, dan baunya lebih harum daripada minyak wangi misk (kesturi), barangsiapa yang meminum darinya sekali saja maka dia tidak akan kehausan selamanya (Semua ini disebutkan dalam hadits yang shahih riwayat imam Al Bukhari (no. 6208) dan Muslim (no. 2292). Semoga Allah menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang dimudahkan minum darinya). Dalam hadits yang shahih (Riwayat Imam Al Bukhari (no. 6211) dan Muslim (no. 2304) dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu) juga disebutkan bahwa ada orang-orang yang dihalangi dan diusir dari telaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini. Karena mereka sewaktu di dunia berpaling dari petunjuk dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada pemahaman dan perbuatan bid’ah, sehingga di akhirat mereka dihalangi dari kemuliaan meminum air telaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai balasan yang sesuai dengan perbuatan mereka.

Imam Ibnu Abdil Barr berkata: “Semua orang yang melakukan perbuatan bid’ah yang tidak diridhai Allah dalam agama ini akan diusir dari telaga Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam (pada hari kiamat nanti), dan yang paling parah di antara mereka adalah orang-orang (ahlul bid’ah) yang menyelisihi (pemahaman) jama’ah kaum muslimin, seperti orang-orang khawarij, Syi’ah Rafidhah dan para pengikut hawa nafsu, demikian pula orang-orang yang berbuat zhalim yang melampaui batas dalam kezhaliman dan menentang kebenaran, serta orang-orang yang melakukan dosa-dosa besar secara terang-terangan, semua mereka ini dikhawatirkan termasuk orang-orang yang disebutkan dalam hadits ini (yang diusir dari telaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam). (Kitab Syarh Az Zarqaani ‘Ala Muwaththa-il Imaami Maalik, 1/65)

Beliau (Ibnu Abdil Barr) adalah Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Barr An Namari Al Andalusi (wafat 463 H), syaikhul Islam dan imam besar ahlus Sunnah dari wilayah Magrib, penulis banyak kitab hadits dan fikih yang sangat bermanfaat. Biografi beliau dalam kitab Tadzkiratul Huffaazh (3/1128).

Demikian pula termasuk peristiwa besar pada hari kiamat, melintasi ash shiraath (jembatan) yang dibentangkan di atas permukaan neraka Jahannam, di antara surga dan neraka. Dalam hadits yang shahih (Riwayat imam Al Bukhari (no. 7001) dan Muslim (no. 183) dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu) disebutkan bahwa keadaan orang yang melintasi jembatan tersebut bermacam-macam sesuai dengan amal perbuatan mereka sewaktu di dunia. “Ada yang melintasinya secepat kerdipan mata, ada yang secepat kilat, ada yang secepat angin, ada yang secepat kuda pacuan yang kencang, ada yang secepat menunggang onta, ada yang berlari, ada yang berjalan, ada yang merangkak, dan ada yang disambar dengan pengait besi kemudian dilemparkan ke dalam neraka Jahannam” – na’uudzu billahi min daalik – (Ucapan syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitab beliau Al Aqiidah al Waasithiyyah, hal. 20) .

Syaikh Muhammad bin Shaleh Al ‘Utsaimin ketika menjelaskan sebab perbedaan keadaan orang-orang yang melintasi jembatan tersebut, beliau berkata: “Ini semua (tentu saja) bukan dengan pilihan masing-masing orang, karena kalau dengan pilihan (sendiri) tentu semua orang ingin melintasinya dengan cepat, akan tetapi (keadaan manusia sewaktu) melintasi (jembatan tersebut) adalah sesuai dengan cepat (atau lambatnya mereka) dalam menerima (dan mengamalkan) syariat Islam di dunia ini; barangsiapa yang bersegera dalam menerima (petunjuk dan sunnah) yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka diapun akan cepat melintasi jembatan tersebut, dan (sebaliknya) barangsiapa yang lambat dalam hal ini, maka diapun akan lambat melintasinya; sebagai balasan yang setimpal, dan balasan (perbuatan manusia) adalah sesuai dengan jenis perbuatannya.” (Kitab Syarhul Aqiidatil Waasithiyyah, 2/162)

وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

Balasan akhir yang baik (yaitu Surga) bagi orang-orang yang bertakwa

Akhirnya, perjalanan manusia akan sampai pada tahapan akhir; surga yang penuh kenikmatan, atau neraka yang penuh dengan siksaan yang pedih. Di sinilah Allah ta’ala akan memberikan balasan yang sempurna bagi manusia sesuai dengan amal perbuatan mereka di dunia. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَأَمَّا مَنْ طَغَى وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى، وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى

“Adapun orang-orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Rabbnya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)” (Qs. An Naazi’aat: 37-41).

Maka balasan akhir yang baik hanyalah Allah peruntukkan bagi orang-orang yang bertakwa dan membekali dirinya dengan ketaatan kepada-Nya, serta menjauhi perbuatan yang menyimpang dari agama-Nya. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لا يُرِيدُونَ عُلُوّاً فِي الْأَرْضِ وَلا فَسَاداً وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

“Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan (maksiat) di (muka) bumi, dan kesudahan (yang baik) itu (surga) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (Qs. Al Qashash: 83)

Syaikh Abdurrahman As Sa’di berkata: “…Jika mereka (orang-orang yang disebutkan dalam ayat ini) tidak mempunyai keinginan untuk menyombongkan diri dan berbuat kerusakan (maksiat) di (muka) bumi, maka konsekwensinya (berarti) keinginan mereka (hanya) tertuju kepada Allah, tujuan mereka (hanya mempersiapkan bekal untuk) negeri akhirat, dan keadan mereka (sewaktu di dunia): selalu merendahkan diri kepada hamba-hamba Allah, serta selalu berpegang kepada kebenaran dan mengerjakan amal shaleh, mereka itulah orang-orang bertakwa yang akan mendapatkan balasan akhir yang baik (surga dari Allah subhanahu wa ta'ala).” (Taisiirul Kariimir Rahmaan fi Tafsiiri Kalaamil Mannaan, hal. 453)

Penutup

Setelah kita merenungi tahapan-tahapan perjalanan besar ini, marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri: sudahkah kita mempersiapkan bekal yang cukup supaya selamat dalam perjalanan tersebut? Kalau jawabannya: belum, maka jangan putus asa, masih ada waktu untuk berbenah diri dan memperbaiki segala kekurangan kita -dengan izin Allah subhanahu wa ta'ala. Caranya, bersegeralah untuk kembali dan bertobat kepada Allah, serta memperbanyak amal shaleh pada sisa umur kita yang masih ada. Dan semua itu akan mudah bagi orang yang Allah berikan taufik dan kemudahan baginya.

Imam Fudhail bin ‘Iyaadh pernah menasehati seseorang lelaki, beliau berkata: “Berapa tahun usiamu (sekarang)”? Lelaki itu menjawab: Enam puluh tahun. Fudhail berkata: “(Berarti) sejak enam puluh tahun (yang lalu) kamu menempuh perjalanan menuju Allah dan (mungkin saja) kamu hampir sampai”. Lelaki itu menjawab: Sesungguhnya kita ini milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Maka Fudhail berkata: “Apakah kamu paham arti ucapanmu? Kamu berkata: Aku (hamba) milik Allah dan akan kembali kepada-Nya, barangsiapa yang menyadari bahwa dia adalah hamba milik Allah dan akan kembali kepada-Nya, maka hendaknya dia mengetahui bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya pada hari kiamat nanti), dan barangsiapa yang mengetahui bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya) maka hendaknya dia mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya selama di dunia), dan barangsiapa yang mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya) maka hendaknya dia mempersiapkan jawabannya.” Maka lelaki itu bertanya: (Kalau demikian) bagaimana caranya (untuk menyelamatkan diri ketika itu)? Fudhail menjawab: “(Caranya) mudah.” Leleki itu bertanya lagi: Apa itu? Fudhail berkata: “Engkau memperbaiki (diri) pada sisa umurmu (yang masih ada), maka Allah akan mengampuni (perbuatan dosamu) di masa lalu, karena jika kamu (tetap) berbuat buruk pada sisa umurmu (yang masih ada), kamu akan di siksa (pada hari kiamat) karena (perbuatan dosamu) di masa lalu dan pada sisa umurmu.” (Dinukil oleh Imam Ibnu Rajab dalam kitab Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam, hal. 464)

Beliau (Fudhail bin ‘Iyaadh) adalah Fudhail bin ‘Iyaadh bin Mas’uud At Tamimi (wafat 187 H), seorang imam besar dari dari kalangan atba’ut tabi’in yang sangat terpercaya dalam meriwayatkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan seorang ahli ibadah (lihat kitab Taqriibut Tahdziib, hal. 403)

Akhirnya, kami menutup tulisan ini dengan doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (dalam HR. Muslim, no. 2720) dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu) untuk kebaikan agama, dunia dan akhirat kita:

Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan penentu (kebaikan) semua urusanku, dan perbaikilah (urusan) duniaku yang merupakan tempat hidupku, serta perbaikilah akhiratku yang merupakan tempat kembaliku (selamanya), jadikanlah (masa) hidupku sebagai penambah kebaikan bagiku, dan (jadikanlah) kematianku sebagai penghalang bagiku dari semua keburukan.

وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber: Ustadz Abdullah bin Taslim Al Buthoni, M.A.
Read More...

Dajjal Datang Sebagai Tanda Kiamat

Satu penanda besar hari kiamat yang akan muncul adalah Dajjal. Dia berasal dari manusia dan merupakan sosok nyata. Kemunculannya akan didahului dengan sejumlah peristiwa besar.

Read More...

Kepada Siapa Hati Kita Berharap

Islam mengajarkan agar seseorang hanya berharap hatinya kepada Allah semata.“namun mengapa masih banyak yang mengharapkan hatinya kepada hal-hal yang sebenarnya tidak harus dilakukan, contoh keterkaitan hati yang tidak mengaitkan hatinya kepada Allah, seperti ucapan seperti Mbah, permisi ya!” Kata-kata ini atau yang semakna ini terucap ketika seseorang menginjakkan kakinya di wilayah yang kelihatannya jarang dikunjungi oleh makhluk yang bernama manusia.
Read More...

Cara Mengetahui Kadar Keikhlasan

Dan dari tanda-tanda lemahnya keikhlasan atau tidak adanya keikhlasan Wal ‘iyaadzu billah sebagai berikut :
1. Riya dan Sum’ah: “ dia menyukai agar manusia melihat amalannya atau mendengarkan apa yg telah dia amalkan
2. Meminta keridha’an kepada para makhluk dan mendahulukannya dari pada keridha’an sang Pencipta
Read More...

Orang Bertaqwa Tidak Merasa Miskin.

Berikut pelajaran berharga yang kami peroleh dari penjelasan Ahmad bin Abdul Halim Al Haroni (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah). Semoga bermanfaat. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, Adapun mengenai firman Allah subhanahu wa ta'ala :

{ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا } { وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ }
Read More...

Bertasbih Seluruh Isi Alam Semesta

Al Quran : (64) At Taghaabun : Ayat 1


Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. 64:1)
Read More...

Saya Meyakini Kebenaran Islam

Hanya ada satu pilihan yang terbaik dan sempurna....dan hanya ada satu jalan yang diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala. oleh karena itu kamu pilih jahiliyyah atau kamu pilih untuk bersama-sama Islam. jalan jahiliyyah tidak pernah sebanding dengan jalan Islam. tiada jalan di antaranya. melainkan jalan sesat. kamu yang memilih hala tuju hidup kamu. syurga atau neraka!
Read More...

Bagaimana Cara Mengenal Allah

Tak kenal maka tak sayang, demikian bunyi pepatah. Banyak orang mengaku mengenal Allah, tapi mereka tidak cinta kepada Allah. Buktinya, mereka banyak melanggar perintah dan larangan Allah. Sebabnya, ternyata mereka tidak mengenal Allah dengan sebenarnya.

Read More...

Dosa Kecil Menjadi Besar

Setan akan mengajak manusia dari perkara yang paling besar yaitu mempersekutukan Allah. Kalau tidak bisa dengan perkara yang lebih kecil lagi seperti dosa-dosa besar, dan begitu seterusnya sehingga hal sekecil apapun tidak pernah dilewatkan oleh setan. Oleh karena itu Allah  memerintahkan kita agar menjadikan setan sebagai musuh, sebagaimana firman-Nya:
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُوا حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Read More...

Sudahkah Engkau Mengenal Allah

Pertanyaan ini mungkin jarang sekali kita dengar. Bahkan, bagi banyak orang akan terasa aneh dan terkesan tidak penting. Padahal, mengenal Allah dengan benar (baca: ma’rifatullah) merupakan sumber ketentraman hidup di dunia maupun di akherat. Orang yang tidak mengenal Allah, niscaya tidak akan mengenal kemaslahatan dirinya, melanggar hak-hak orang lain, menzalimi dirinya sendiri, dan menebarkan kerusakan di atas muka bumi tanpa sedikitpun mengenal rasa malu.
Read More...

Memperkuat Pijakan Keislaman

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah. Amma ba’du…


Imam Abu Ja’far Ath Thahawi rahimahullah berkata di dalam kitab Aqidah Thahawiyah, “Pijakan keislaman (seseorang) tidak akan pernah kokoh kecuali apabila dibangun di atas pondasi ketundukan dan penyerahan diri.”
Read More...

Alam Bertasbih Memuji Allah


Ketika Alam Semesta Bertasbih 

(تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتُ ٱلسَّبۡعُ وَٱلۡأَرۡضُ وَمَن فِيہِنَّ‌ۚ وَإِن مِّن شَىۡءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمۡدِهِۦ وَلَـٰكِن لَّا تَفۡقَهُونَ تَسۡبِيحَهُمۡ‌ۗ إِنَّهُ ۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورً۬ا (٤٤

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. QS. AL Israa : 44
Read More...

Minggu, 03 Juli 2011

Beberapa Tools Gratis Untuk SEO

Berikut sharing tentang tools seo, software seo, tune up seo, tuneup seo, download gratis seo, download gratis tools seo, free seo, tutorial seo, artikel seo, seo article, free download seo tools, free download seo software, download gratis seo tools, downlan tools seo gratis, download gratis software seo.
SEO Surf
Software SEO Gratis ini dikeluarkan oleh Acme Product Inc. dengan file sangat kecil hanya sekitar 2.5 MB tapi kegunaannya sangat besar.
Read More...

Daftar Website Pemberi BackLink

BACKLINK, adalah suatu hal yang sangat penting dalam perkembangan sebuah Website atau Blog, makin banyak BackLink (link balik) yang kita dapatkan, maka makin populer Website atau Blog kita, terutama di mesin pencari Google, Yahoo dsb. Para Pakar SEO ataupun Pemula pasti sepakat jika BackLink adalah hal yang harus di nomor satukan dalam mengembangkan Blog kita, disamping Isi dari Content Blog itu sendiri.
Pada tulisan ini saya tidak ingin membahas pengertian mendasar dari Backlink itu sendiri, ataupun bagaimana cara untuk mendapatkan Backlink tersebut. Tapi disini saya ingin membagi beberapa Link Website yang menyediakan Backlink Gratis untuk blog kita.
Read More...

Daftar Blog DoFollow Berbahasa Indonesia


Backlink adalah kunci utama dari naik tidaknya PageRank Website atau Blog kita, banyak sekali para blogger yang meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan Blog Walking hanya untuk mendapatkan BackLink. Biasanya Blogger-Blogger ini mencari Website atau Blog yang berstatus DoFollow.  Tak jarang juga, banyak para pemilik Blog yang membuat Blog atau Website nya menjadi DoFollow, dengan menyediakan Halaman untuk Tukaran Link atau menyediakan Kotak Komentar yang akan memberikan Link Balik (BackLink) bagi siapa saja yang meninggalkan komentar pada tulisannya.
Read More...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Silakan CARI tulisan yang Anda inginkan DISINI
Loading