Prinsip Keempat The Art of War, Cari Posisi Aman
“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
“Pemimpin harus mengambil posisi yang kuat, memberi semangat kepada yang lain untuk mengikuti dia, menemukan dimana kelemahan musuh dengan menyerang disitu.”
“Ajaran Ssu Ma Jang Chu”
Abad Keempat Sebelum Masehi
Secara Strategis;
Posisi yang aman menetapkan pondasi untuk menyerang
Secara Taktis;
Posisi yang aman membantu Anda memanfaatkan kekuatan alami milik Anda.
Kuasai Posisi yang tidak dengan mudah dapat direbut oleh pesaing Anda.
PASAR
Secara umum, pasar terlihat sebagai berikut.
Kekuatan Super
Diakui oleh perusahaan besar.
Mereka memiliki teritori, menetapkan aturan, dan seperti gorilla dengan bobot 400 kg, tidur dimanapun yang mereka inginkan. Anjing besar akan mendapat potongan daging yang paling banyak.
Kekuatan super mendapat bagian pasar paling besar karena mereka adalah kekuatan super. Microsoft memiliki paten dalam system operasi computer dan mendominasi industri perangkat lunak aplikasi bisnis. Nabisco menjual paling banyak kue kering karena penduduknya paling banyak menempati rak dalam toko. McDonals menjual paling banyak hamburger karena perusahaan ini mempunyai lokasi paling banyak.
Dalam posisi suverior setiap hari adalah hari pertempuran ketika kekuatan super bertempur untuk menjaga penyusup tidak masuk. Pertahanan diarahkan pada menyerang atau meneror pesaing sehingga mereka tidak menyusup masuk dengan membawa produk baru.
Sering pertahanan yang paling baik adalah menyerang secara berkelanjutan dengan perluasan merk dalam bentuk variasi dan ukurang berbeda.
Pesaing utama dapat muncul dari luar industri. Pesaing kereta api adalah kendaraan bermotor. Kemudian bisnis bus dimakan oleh pesawat terbang. Musuh dari mesin tik adalah computer.
Kekuatan Skunder.
Mereka bermain mengikuti pemimpin atau membentuk sekutu.
Tugas mereka adalah menjadi lebih besar sehingga mereka tidak menjadi lebih kecil. Mereka sering mencapai ini dengan menjatuhkan banyak perusahaan yang lebih kecil dari pada menyerang kekuatan utama. Lebih mudah menghilangkan yang lemah dari pada menyerang yang kuat.
Kekuatan skunder ini berada ditengah lahan yang mudah diserang. Mereka menghadapi serangan dari pemain besar dan gerilya. Dalam perkembangan awal yang baru muncul dari industri apapun, kita melihat distribusi normal dari perusahaan besar, menengah, dan kecil. Ketika industri bergerak kea rah kedewasaan, tindakan pemasaran mengalami polarisasi menjadi yang besar disuatu kutub dan spesialis yang kecil di kutub yang lain. Ditempat ideal imajiner, tempat Anda pasti tidak pernah ingin berada disana adalah ketika perusahaan berukuran sedang dalam industri yang lemah yang telah tumbuh menjadi dewasa.
Goncangan yang terjadi dalam bisnis eceran nyaris menghancurkan bisnis berukuran menengah. Toko serba ada di kota kecil tersapu atau membentuk persekutuan dengan toko besar. Tumbuh dengan subur dikedu kutub adalah toko raksasa di satu kutub dan toko yang lainnya dengan desain khusus di kutub lainnya.
Gerilya
Terlalu kecil untuk dijadikan sasaran, tetapi selalu dalam bahaya.
Di tempat ketiga adalah setiap pemain dengan bagian pasar yang kecil, atau bagian pasar yang besar dari pasaran yang kecil. Ancaman paling besar bagi perusahaan ini adalah gorilla yang berbobot 400 kg.
Kategori pembunuhan dalam bisnis seperti mainan, alat dan bahan bangunan, serta alat tulis dan kantor telah menggusur gerilya kecil tersingkir dari bisnis dan pada gilirannya terancam oleh kategori pembunuhan pamungkas Walmart.
Coca Cola secara hati-hati mengawasi industri minuman ringan segmen rendah kalori dan rendah kafein sebelum terjun dengan Diet Coke. Penundaan tidak mempengaruhi sukses jangka panjang dari Coke. Walaupun keunggulan seperti ini dapat tumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar; Perusahaan yang lebih kecil tidak dapat bertahan hidup bila melakukan kesalahan.
Dalam perangkat keras dan perangkat lunak computer Microsoft bersikap agresif tanpa belas kasihan dalam usaha mencapai sasarannya.
Siklus Penetapan Posisi.
Dalam setiap industri, ketika bagian pasar sebuah perusahaan meningkat keadaan itu menciptakan masalah serius untuk pesaing karena mengikis dasar pesaing. Keadaan ini memaksa pesaing untuk memperebutkan posisi yang lebih rendah yang memberikan laba lebih kecil. Ketika posisi pasar berubah, perusahaan yang berada di tempat lebih tinggi memperoleh penghasilan besar, dan semua keunggulan yang menyertainya. Demikian pula kerugian perusahaan yang kalah semakin menumpuk-semakin besar.
Persekutuan
Kita menyaksikan organisasi yang lebih kecil membentuk aliansi dengan organisasi besar-sering dalam bentuk wara laba atau persetujuan memberi lisensi. Dibawah ini dua buah contoh raksasa yang masuk dalam aliansi.
- Anda dapat mengirimkan paket FedEx via kontak khusus di Kantor Pos local atau Kinko’s.
- Anda dapat mengirimkan uang via Kios Western Union dirangkaian pasar swalayan local.
Aliansi ini tumbuh subur karena menguntungkan pelanggan dan pemasok.
Persetujuan kemitraan yang demikian umum dalam industri mobil dapat menjadi aliansi bermanfaat untuk produsen dan pemasok dalam industri apapun.
Catatan:
Bila ada teman-teman yang senang dengan tulisan strategi/prinsip Seni Perang Sun Tzu ini, silakan mengcopy-paste. harus mencantumkan “Nama Blog” sebagai sumber dan buat link ke URL blog ini (nama saya tidak perlu, silakan ganti nama Anda sebagai penulisnya). Dan jangan lupa sebelum meninggalkan blog ini diharapkan juga memberi komentarnya, karena sepuluh komentar terbaik masing-masing sub judul akan dimuat pada buku Seni Perang Sun Tzu versi Admin Blog ini, buku tersebut akan kami cetak setelah seluruh rangkaian strategi Sun Tzu dimuat di Blog ini beserta komentar para Blogger yang komentarnya masuk nominasi. Terima kasih atas kerjasamanya demi meningkatkan mutu “Blogger” di Indonesia, sebagai sumber informasi yang berkualitas, bukan berita basa basi semata. Diharapkan menjadi pencerahan demi kemaslahan Bangsa dan Negara.
Sukses untuk Anda………
0 komentar :
Posting Komentar