Prinsip Kelima The Art of War, Tindakan Menyerang
“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
“Pasukan yang hebat harus dikonsolidasikan, Kekuatan yang besar harus dilatih dengan baik, kendali yang paling cocok harus dipilih, dan pasukan harus siap untuk memanfaatkan peluang yang dating, Ini adalah apa yang disebut menyiapkan diri ”
“Ajaran Ssu Ma Jang Chu Mengenai The Art of War”
Abad Ke-4 Sebelum Masehi
Secara Strategis;
Tindakan menyerang menyediakan inisiatif gerakan
Secara Taktis;
Tindakan menyerang membuat Anda tetap menguasai keadaan
Tetap menyerang untuk mengamankan kebebasan tindakan.
Perencanaan penting, akan tetapi, pelaksanaan rencana yang sukses amat penting untuk sukses. Hanya tindakan menyerang yang dapat mencapai hasil menentukan. Tindakan memungkinkan manajer memanfaatkan inisiatif dan memaksakan kehendaknya di pasar atau persaingan. Kunci bagi serangan yang sukses adalah keterampilan, pelatihan, dan paling penting, informasi. Sejarah membuktikan bahwa serangan yang sukses sudah menang sebelum dimulai. Normanya adalah kebingungan karena tidak mempunyai waktu yang cukup, tidak mempunyai sumber daya yang memadai, dan tidak mempunyai informasi yang memadai.
Jarang sekali rincian yang tepat diketahui. Walaupun usaha memperoleh lebih banyak informasi dilakukan sebagai kegiatan rutin. Menunggu berita dalam situasi yang sulit adalah kesalahan yang buruk. Ketika perusahaan meninggalkan segmen pasar terbuka, pesaing masuk ke dalam segmen tersebut. Kemudian uang dalam jumlah besar harus dikeluarkan untuk merebut kembalibagian pasar. Semangat menyerang harus meresap keseluruh perusahaan.
Inovasi tidak terbatas pada produk fisik, Anda dapat melakukan inovasi di bidang apapun dari spectrum pemasaran. Berulang-ulang serangan berupa inovasi memenangkan persaingan. Di bawah ini beberapa dasar yang perlu selalu diingat ketika Anda mempertimbangkan untuk meluncurkan serangan inovasi.
Jaga tetap sederhana. Sederhana paling berhasil.
Terfokus. Isilah kebutuhan spesifik.
Mulai dari kecil. Dengan demikian Anda dapat mengoreksisambil berjalan.
Andalkan kekuatan. Anda sudah melakukan apa yang Anda lakukan paling baik.
Sesuaikan dengan pasar. Anda ingin menjualnya sekarang.
Hati-hati, serangan tidak menawarkan penyelesaian terhadap semua masalah. Keinginan Anda untuk tindakan menyerang harus sesuai dengan kebijaksanaan.
Cara yang terbaik untuk menang dalam pemasaran adalah melakukan serangan, dan bila Anda terpaksa mengambil sikap bertahan, itu harus hanya merupakan posisi sementara. Serangan memberikan cara yang paling kuat untuk menyusun fakta sumber daya perusahaan dan memberdayakannyauntuk beraksi. Fakta bahwa serangan memerlukan lebih banyak aktifitas dari pada mencoba mempertahankan status quo berarti memberikan keuntungan. Antara dua pesaing, bila semua hal yang lain dianggap sama, pesaing yang lebih aktif akan menang.
Syarat pertama dari pemasaran harus menggunakan serangan dan secara permanent mempertahankan inisiatif. Rebut perhatian pelanggan dan tetap terfokus untuk memperbaiki hubungan. Merupakan kebenaran yang tidak terbantahkan untuk jangan pernah secara sukarela menyerahkan inisiatif.
Pasar berubah dengan kecepatan tinggi. Tugas manajemen pemasaran diperluas sampai cukup jauh diluar mempromosikan produk dan jasa yang sudah ada. Inisiatif pemasaran adalah salah satu dari menciptakan peluang baru secara berkelanjutan. Ini dapat termasuk menemukan pelanggan baru, membina sekutu baru, memperbaiki logistic, menambahkan sifat-sifat dan manfaat baru, dan lebih banyak lagi. Sasaran akhir adalah selalu membina hubungan jangka panjang.
Sukses untuk Anda………
0 komentar :
Posting Komentar