Berbagai buku mendefinisikan manajemen strategi dengan kata-kata yang berbeda. Diantaranya, menurut Haidari Nawawi (2003), manajemen strategi merupakan perencanaan strategi yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan berbagai sasaran organisasi.
Begitu banyak pengertian manajemen strategi, namun pada dasarnya manajemen strategi merupakan suatu sistem yang sebagai satu kesatuan memiliki berbagai komponen yang saling berhubungan dan mempengaruhi. Komponen pertama adalah perencanaan strategi dengan unsurunsurnya yang terdiri dari visi, misi, tujuan dan strategi utama organisasi. Sedangkan komponen kedua adalah perencanaan operasional dengan unsurunsurnya, sasaran dan tujuan operasional, pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen berupa fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi penganggaran, kebijaksanaan situsional, jaringan kerja internal dan eksternal, fungsi kontrol dan evaluasi serta umpan balik. Sesuai definisi yang ada, menjalankan manajemen strategi berarti pebisnis juga harus membuat perencanaan dalam bentuk formulasi bisnis secara matang. Nah, Resnik dalam Certo dan Peter (1991) seperti dikutip I Putu Sugi Darmawan (2004), terdapat 10 formulasi strategi yang disarankan dirancang untuk mempertinggi kesempatan hidup dan sukses sebuah usaha kecil. Adapun kesepuluh formulasi strategi tersebut, adalah sebagai berikut :
- Menjadi objektif. Angan-angan sendiri tidak memiliki tempat di dalam bangunan sebuah bisnis. Kejujuran, penilaian yang tenang dari kekuatan dan kelemahan perusahaan dan keahlian bisnis serta manajemennya adalah hal yang mendasar.
- Membuat sederhana dan terfokus. Dalam usaha kecil, kesederhanaan adalah efektif. Usaha dan sumber daya, seharusnya dikonsentrasikan dimana dampak dan keuntungan adalah hal yang paling utama.
- Fokus pada pasar yang menguntungkan. Kelangsungan hidup dan keberhasilan usaha kecil oleh persediaan barang dan jasa khusus yang menemukan keinginan dan kebutuhan dari pemilihan kelompok pelanggan.
- Mengembangkan rencana pemasaran. Usaha kecil harus memutuskan bagaimana untuk meraih dan menjual kepada pelanggan.
- Memanajemen tenaga kerja secara efektif. Kesuksesan usaha kecil tergantung pada bangunan, pengaturan dan motivasi sebuah tim pemenang.
- Membuat catatan keuangan yang jelas. Usaha kecil perlu untuk memiliki catatan asset, liabilitas, penjualan, biaya dan informasi akunting lainnya dalam urutan untuk kelangsungan hidup dan keberhasilan.
- Tidak pernah menghamburhamburkan kas. Kas adalah raja di dalam dunia usaha kecil.
- Menghindari perangkap yang berulangulang dari pertumbuhan yang cepat. Usaha kecil harus hati-hati melakukan ekspansi.
- Mengerti seluruh fase bisnis. Pengendalian usaha kecil dan kemajuan keuntungan usaha kecil,tergantung pada pengertian yang lengkap dari seluruh fungsi bisnis.
- Merencanakan ke depan. Usaha kecil harus memformulasikan secara kritis dan menantang, pencapaian yang masih, tujuan dan mengubahnya menjadi aktifitas yang produktif.
Catatan; Bagi teman-teman yang berkeinginan menjadi pengusaha atau yang ingin bermitra dengan group usaha kami silakan titip komentar dan alamatnya di kolom komentar dibawah ini, atau di sini dan di sini, bisa pula menghubungi di 085215497331 atau email ke hasrulhoesein@gmail.com. Sebelumnya Anda bisa melihat salah satu geliat bisnis kami di sini, atau hubungi costumer service untuk wilayah Indonesia Timur di 0411-2686031. Atau bagi pemerintah Kab/Kota dan kawasan khusus, kawasan industri atau pabrik yang akan mengelola limbahnya (sesuai amanat UU.18/2008 Tentang Pengelolaan Sampah) bisa pula bermitra dengan group usaha kami, dan kami siap memberi advice tentang pengelolaan limbah/sampah ini, sampai kepada proses pemasaran hasil produk limbah tersebut, dimana produk akhir dari limbah ini adalah pupuk organic. Kami salah satu perusahaan principal yang siap memasarkan produk pupuk organic tersebut ke dalam dan luar negeri. Mari kita menjadi manusia mandiri demi kemandirian ekonomi
[by;rul-obralplatinum-bisnisku-ramadhan.2009]
0 komentar :
Posting Komentar