Prinsip Kedelapan Konsentrasi Sumber Daya
“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
“Lima senjatamempunyai lima kegunaan. Senjata yang panjang membela yang pendek dan yangpendek membantu yang panjang. Bila Anda berkelahi menggunakannya bergantian, itu akan menghambat. Tetapi bila dipergunakan bersama-sama, itu akan memperkuat. Pertimbangkan posisi dengan seksama dan bertindak bersama. Ini disebut tindakan saling menunjang.”
“Ajaran Ssu Ma Jang Chu”
Abad Ke-4 Sebelum Masehi
Secara Strategis;
Konsentrasi adalah komitmen manajemen pada serangan pemasaran.
Secara Taktis;
Konsentrasi selalu berupa kekuatan melawan kelemahan
Memiliki kekuatan missal superior yang memadai di tempat dan waktu yang paling menentukan.
Strategi fundamental untuk sukses dalam serangan pemasaran adalah merencanakan konsentrasi dari sumber daya di tempat.
1. Kebutuhan telah diketahui.
2. Persaingan lemah.
3. Laba potensial tinggi.
Tingkat sukses paling tinggi terjadi ketika sumber daya difokuskan di tempat hasil yang menentukan dapat dicapai dengan mendatangkan laba. Inti dar konsentrasi sumber daya adalah konsentrasi kekuatan Anda melawan kelemahan lawan. Konsentrasi pemasaran tidak hanya sekadar massa jumlah, tetapi lebih pada menfokuskan strategi dan taktik pemasaran Anda.
Kalau memikirkan mengenai dimana Anda akan melakukan konsentrasi, carilah kelemahan dari kekuatan lawan. Kelemahan itu paling sering ditemukan di sambungan. Tempat itu mungkin antara lokasi geografi, antara lini produk, di ujung bawah atau ujung atas, atau dimanapun terdapat pembagian garis.
Terdapat dua pedoman sederhana menentukan konsentrasi sumber daya.
- Merupakan kesalahan untuk mencoba mengkonsentrasikan di mana-mana; hasilnya adalah tidak ada konsentrasi.
- Semakin berat focus konsentrasi Anda, semakin pasti Anda akan memperoleh keunggulan.
0 komentar :
Posting Komentar