DiaryAsrul. Diberdayakan oleh Blogger.
Asrul Hoesein Diary - Indonesia Go Organik - Indonesia Clean and Green - Stop Global Warming - PT. Cipta Visi Sinar Kencana [Posko Hijau] sebagai perusahaan Formulator dan Prinsipal - Jejaring Usaha Pupuk dan Pemupukan "Berbasis Organik" dalam dan luar negeri - Bakteri Pengurai Limbah Organik [Aktivator GreenPhoskko-GP1] - Penggembur Bulking Agent ^ Mineral Penghilang Bau Limbah Organik [GP2] - Posko Hijau Memberi Pelatihan ^ Presentasi ^ Pendampingan TataKelola Sampah kepada Pemerintah ^ Perusahaan [Program CSR] ^ Kelompok Tani [HKTI-LM3-P4S-Feati] ^ Kelompok Usaha [Kadin-HIPMI-HIPPI-Asosiasi] ^ Design TPA sesuai SNI Konsep Kelola Sampah dengan Optimalisasi Fungsi TPS [Sentralisasi Desentralisasi-Basis Komunal] dan - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 2000L] - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 1000L] - Mesin Olah Sampah Organik (RKM 1000L) - Komposter Biophosko® [Hand Rotary] - Komposter Biophosko® Compost Bin [S-60L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [M-80L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [L-120L] - Barel Kompos Biophosko® BK 200 L - Komposter Elektrik Biophoskko® (KE 100L) - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Flexible Formula - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Lada [Fertilizer For Pepper] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Tanaman Buah Dalam Pot [Tabulampot] - Pupuk Gramafix® Padi [Fertilizer for Rice Paddy] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Mente [Fertilizer for Cashew] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Jagung [Corn Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sawit [Palm Oil Tree Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Karet [Fertilizer for Rubber Tree] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Formula Spesifik Tanaman Hias - Pupuk Gramafix Formula Tebu [Sugarcane Crops Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Biji [Peas & Beans Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Cengkeh [Clove Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Daun [Leafy Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kopi [Coffee Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Umbi [Fertilizer for Root Crops] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kacang [Fertilizer For Legum]Pupuk Organik Kompos GreenPhoskko® PadatPupuk Organik Gramafert® CairPupuk Organik Granul - Alat Uji Unsur Pupuk [Digital NPK Tester] - Pendampingan Usaha Agribisnis dan Agrowisata serta Perkebunan Nasional^BUMN.

Jumat, 06 November 2009

Program Pengelolaan Eceng Gondok

Program Pengelolaan Sampah Kota Berbasis Komunitas

Program Pengelolaan Eceng Gondok
melalui Industri Pupuk Organik Basis Komunal
menuju “Tondano Hijau Bersih Mandiri”
oleh: H.Asrul Hoesein Pendiri Gerakan Indonesia Hijau, Konsultan LM3 Nafiri Manado, Sulawesi Utara
Program Pengelolaan Sampah Kota Berbasis Komunitas
Danau Tondano, Kabupaten Tondano, terletak sekitar 30 km dari Kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara, berada diketinggian 600 mdpl. Serta kedalaman danau sekitar 20-25 m. Akibat tumbuh liarnya tanaman Eceng Gondok di danau tersebut, yang selama ini telah menyebabkan timbulnya permasalahan bagi masyarakat sekitarnya maupun terhadap pemerintah Kab.Tondano itu sendiri. Hampir seluruh areal Danau Tondano tersebut ditumbuhi Eceng Gondok yang begitu subur dan luas danau sekitar 4.278 Ha. Banyak orang yang mengatakan bahwa eceng gondok merupakan tumbuhan pengganggu (gulma) diperairan karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Kalau dibiarkan begitu saja, benar adanya memang mengganggu. Antara lain mengganggu perkembangan ikan atau ekosistem (biota) danau, dan bahkan eceng gondok mampu meguapkan air dengan begitu dahsyatnya. Tetapi dibalik penciptaan eceng gondok oleh Tuhan YMK. Itu pasti anugerah , dan tentu besar manfaatnya bagi manusia. Eceng Gondok ternyata mempunyai beberapa manfaat diantaranya merupakan sumber lignoselulosa yang dapat dikonversi menjadi produk yang lebih berguna, seperti pakan ternak, pupuk organik kompos, dll. Serta produk bernilai ekonomi lainnya seperti Industri kerajinan tangan (handycraft) serta bahan baku kertas.
Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 0,4 - 0,8 meter. Tidak mempunyai batang. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau. Akarnya merupakan akar serabut.
Eceng Gondok, sebenarnya tidak selalu menjadi sumber masalah apabila dikelola dengan baik dan bijaksana. Khusus Eceng Gondok yang tumbuh liar di Dana Tondano tersebut, sebenarnya malah bisa jadi icon wilayah kabupaten tersebut yang bisa menjadi target wisatawan di samping eksistensi danau itu sendiri, namun hal itu terjadi bila dikelolah secara cerdas dan bijaksana. Semakin suburnya Eceng Gondok tersebut sebenarnya bukan masalah tapi lebih merupakan berkah dan anugrah seiring dengan perkembangan jumlah penduduk, bahkan dapat menjadi sumber ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat Kab. Tondano itu sendiri.
Eceng Gondok dalam program ini kami identikkan dengan sampah/limbah organik (fokus) yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik, dimana Eceng Gondok tersebut mengandung unsur hara (NPK) yang lumayan sangat bagus diproduksi menjadi pupuk organik untuk pertumbuhan tanaman perkebunan, pertanian dan kehutanan termasuk bisa dibuat makanan atau pakan ternak (perikanan dan peternakan). Potensi ekonomis pengolahan eceng gondok ini, yaitu dapat dikelola dengan mudah menjadi kompos dengan pemanfaatan teknologi sederhana Komposter BioPhoskko®, pada rumah tangga, RT, RW maupun skala komunal setingkat lingkungan RW atau pelayanan bagi 500-1000 rumah tangga.
Dalam program ini, Eceng Gondok tersebut akan dikemas dalam satu konsep pengelolaan dengan Sampah Kota berbasis komunal, termasuk perpaduan dengan kotoran hewan atau limbah lainnya, seperti tepung darah, tepung tulang, kerabang telur, cangkang kepiting dan sebagainya.
Demikian pula penggunaan teknologi Komposter BioReaktor Mini (BRM)- yang berkemampuan mereduksi sampah ( organik dan anorganik) hingga 20 % pada hari (5-7 hari) menjadi pupuk organik kompos, hasil dekomposisi yang kering, gembur dan tidak berbau dengan sistem aerobik komposting.

Model pengelolaan eceng gondok dan sampah skala ekonomis tersebut yaitu pendirian suatu Instalasi Pengolahan Sampah Organik (IPSO) yang menggunakan Bio Reaktor Mini (BRM) - untuk tujuan REDUKSI SAMPAH atau Komposter type Rotary Klin @ kapasitas + 5 m3/ unit/5 hari). Setelah 5-7 hari, hasil dekomposisi siap diolah lebih lanjut ataupun dibuang ke TPA ( hanya 20 %- 40 % dari volume sampah semula). Jika diinginkan output akhir berupa barang ekonomis, maka dengan menerapkan model ini diperkirakan minimal sebanyak 25 % akan menjadi kompos dan an-organik ( tak tergradasi berupa logam, plastik, karton) sebanyak 15 % dari hasil dekomposisi sampah dengan perpaduan limbah Eceng Gondok tersebut. Hasil panen berupa kompos - yang terlebih dahulu diberi kemasan bisa dijual dengan harga yang lebih bagus kepada pihak-pihak yang tepat, baik langsung kepada para petani, perusahaan swasta/ BUMN dan atau instansi pemerintah baik pertanian, perkebunan atau kehutanan. Jika harga jual kompos kemasan perkilonya antara Rp. 200–Rp. 1.000 saja, maka pendapatan masyarakat di lingkungan RW perbulannya dapat mencapai antara Rp. 600.000 – Rp. 6.000.000. Diharapkan dengan pengalaman kami dalam memproduksi dan memasarkan pupuk organik berbasis sampah ini di dalam pemasarannya akan terjadi habis terjual (zero output) dan di upayakan terjadi kontrak produksi (zero expantion) dengan pihak konsumen (perusahaan perkebunan) misalnya perkebunan kelapa sawit, coklat, dll.

Akan tetapi, penanganan dan pengelolaan sampah kota atau limbah eceng gondok dengan berbagai pendekatan, akan menghadapi kendala apabila tidak dibarengi dengan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, pula perlu dilakukan upaya-upaya penyadaran mulai dari rumah tangga, lingkungan RT dan masyarakat di lingkungan RW. Yaitu melalui kampanye-kampanye secara masif, penyebaran informasi tentang jenis-jenis, manfaat dan dampak sampah bagi kesehatan dan lingkungan. Khusus dari tumbuhan Eceng Gondok di Danau Tondano itu dapat mengganggu ekosistem atau biota danau sehingga ikan yang ada tidak akan mampu hidup sebagaimana mestinya, karena terganggu oleh kepadatan pertumbuhan tanaman eceng gondok tersebut.
Upaya pendidikan dan pelatihan pun perlu dilakukan, yaitu untuk mencetak kader-kader relawan/ tenaga pendamping yang memiliki pengetahuan dan keahlian secara teknis tentang tatacara pengolahan limbah eceng gondok atau sampah organik dengan pemanfaatan teknologi pada lingkungan setingkat RW. Kader ini juga diharapkan memiliki kemampuan mengelola sampah organik skala ekonomis melalui pengemasan dan pemasaran kompos dari setiap IPSO yang akan didirikan tersebut, tentu atas dukungan dari pemerintah atau pihak lain, termasuk pihak perusahaan swasta yang peduli dengan kondisi perubahan iklim dewasa ini yang diakibatkan oleh tidak terkelolanya dengan baik limbah atau sampah, termasuk eceng gondok ini dapat menyerap air dengan begitu dahsyatnya.
Mencermati adanya permasalahan di atas, kami dari Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3) NAFIRI Manado, sebagai LM3 model di Provinsi Sulawesi Utara, memiliki keprihatinan dan kepedulian, serta merasa terpanggil untuk memberi solusi yang terbaik akan masalah ini. Kami menawarkan sebuah konsep kemitraan dengan pihak Pemda. Kabupaten Tondano untuk bersama mewujudkan program ini dengan model atau sistem pengelolaan berbasis komunal, dengan melibatkan masyarakat sebagai pemilik sekaligus pengelola usaha (home industri) pupuk organik berbahan dasar dari limbah eceng gondok atau sampah kota. Kami mengusulkan membentuk sebuah gerakan darurat penanganan eceng gondok dan sampah kota yang dikemas dengan nama Tondano Hijau Bersih Mandiri (THBM). Dengan harapan sampah kota khususnya Eceng Gondok yang ada di Danau Tondano tersebut tetap hidup berdampingan dengan manusia namun tidak mengganggu atau merusak lingkungan atau biota danau, malah akan berdaya guna demi kemaslahatan umat manusia. Dengan adanya program ini tentu akan memberi solusi serta membangun partisipasi juga meningkatkan kesadaran masyarakat, pada program “Pengelolaan Sampah Kota Skala Ekonomis Berbasis Masyarakat” dengan “Pemanfaatan Teknologi Komposter dan Bio Reaktor” melalui “Model Instalasi Pengolahan Sampah Organik (IPSO) Pada beberapa Titik / Lokasi Percontohan di Kabupaten Tondano Provinsi Sulawesi Utara”.

Judul Program
Sebagaimana upaya yang ingin dilakukan Tondano Hijau Bersih Mandiri (THBM), maka program inipun diberi judul “Pengelolaan Eceng Gondok/ Sampah Kota Skala Ekonomis Berbasis Komunitas” melalui “Pemanfaatan Teknologi Sederhana Komposter dan Bio Reaktor" dengan “Model Instalasi Pengolahan Sampah Organik (IPSO) Pada beberapa Titik/ Lokasi Percontohan di Kabupaten Tondano Provinsi Sulawesi Utara”.

Maksud dan Tujuan
Maksud dilaksanakan program pengelolaan sampah kota dan limbah tanaman liar eceng gondok skala ekonomis berbasis masyarakat adalah untuk memberi alternatif dalam penanganan masalah ini, yang telah mencapai titik kritis dengan tidak dimilikinya konsep yang memasyarakat. Karena dalam penanganan sampah atau limbah tanpa peran aktif (masyarakat ikut serta di dalamnya) maka masalah sampah atau limbah eceng gondok ini mustahil teratasi. Sehingga dengan program ini diharapkan dapat menurunkan dan mencegah kerusakan lingkungan lebih parah lagi, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan eceng gondok atau sampah kota bagi penciptaan sumber-sumber pendapatan ekonomi masyarakat, dan pada gilirannya program ini dapat menjawab permasalahan sebagai berikut :
  1. Eceng Gondok sudah menjadi komoditi bukan lagi masalah. Tidak akan ada terjadi pertumbuhan liar, akan terjadi panen (mengangkat) eceng gondok secara sustainable dan terprogram, karena sudah merupakan bahan baku produksi. Mungkin kelak di kemudian hari masyarakat atau kelompok usaha yang sudah merasakan nikmatnya tanaman eceng gondok akan melakukan budidaya eceng gondok.
  2. Terjadinya penumpukan sampah dari sumber-sumber sampah di lingkungan masyarakat setingkat RW di Kabupaten Tondano.
  3. Terjadinya penurunan kualitas lingkungan hidup (pencemaran udara dan air)
  4. Rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengolahan eceng gondok atau sampah kota di tingkat lingkungan RW, dan manfaatnya bagi peningkatan ekonomi.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dengan program ini, adalah :
  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat eceng gondok atau sampah di perkotaan melalui kampanye secara massif, dan menumbuhkan kesadaran pentingnya penanganan terhadap masalah ini dengan pemanfaatan teknologi sederhana (TTG) Komposter BioPhoskko dan Bio Reaktor Mini (BRM).
  2. Menciptakan sumber ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat melalui pembentukan kelompok usaha (inti dan plasma) dalam pengelolaan sampah dari sumber retribusi masyarakat, penjualan kompos (amilioran) dan penjualan barang bahan daur ulang ( plastik, logam, handycraft,dll) pada skala ekonomis di lingkungan masyarakat (lingkungan setingkat RW) dengan pendirian Instalasi Pengolahan Sampah Kota (IPSO) yang terdiri dari beberapa unit Bio Reaktor type L atau 5 unit Rotary Klin/ IPSO di beberapa titik/ lokasi percontohan.
  3. Membangun jaringan masyarakat (penciptaan lapangan pekerjaan) yang memiliki kepedulian dan keahlian dalam pemanfaatan teknologi sederhana pengolahan limbah eceng gondok atau sampah kota melalui pendidikan dan pelatihan yang mencetak kader relawan, untuk dijadikan tenaga pendamping bagi masyarakat di setiap titik/ lokasi IPSO, khususnya sekitar kawasan Danau Tondano, serta beberapa wilayah sumber sampah (seperti pasar tradisional, kawasan kuliner, lingkungan perumahan, atau IPSO di Tempat Penampungan sampah Sementara (TPS) serta IPSO atau IPSK di Tempat Penampungan sampah Ahir (TPA) yang ada di Kabupaten Tondano, Provinsi Sulawesi Utara ini.
Program Pengelolaan Sampah Kota Berbasis Komunitas Manfaat Program
Hasil dari pelaksanaan program pengelolaan sampah kota skala ekonomis berbasis masyarakat di Kab. Tondano, diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut :
  1. Segera mengubah cara lama masyarakat dan pemerintah dalam memberantas eceng gondok Danau Tondano Kab. Tondano, Sulawesi Utara dengan mengolahnya menjadi pupuk kompos, pakan ternak, handycaraft, bahan kertas, bahkan biogas.
  2. Bagi Pemerintah dapat dijadikan masukan/acuan dalam pengambilan kebijakan sektor lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Bagi masyarakat pengambil manfaat, dapat dijadikan sebagai kegiatan produktif untuk menyelamatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan pendapatan ekonomi, terjadi fungsi ganda (benefit).
  4. Mendorong masyarakat untuk lebih memiliki kesadaran akan bahayanya membuang sampah, dan mendorong adanya paradigma baru ‘mengelola’ sampah.
  5. Kebersihan lingkungan (khusus lingkungan danau tondano) dan ekonomi masyarakat kota menjadi lebih baik. Khususnya di Kawasan Danau Tondano serta kawasan sumber sampah/limbah lainnya di Kab. Tondano.
RUANG LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program pengelolaan sampah kota skala ekonomis berbasis masyarakat di Kab. Tondano, adalah :
Kampanye, adalah upaya penyebaran informasi seputar masalah persampahan, serta sosialisasi tentang tatacara pemanfaatan dan pengelolaan eceng gondok dan sampah kota kepada masyarakat. Kampanye akan dan sudah dilakukan melalui sosialisasi dan tatap muka langsung maupun melalui radio dan TV serta penyebaran stiker, brosur, poster kepada masyarakat dan pemasangan spanduk-spanduk di lokasi strategis.
Pendirian ‘Percontohan’ Model IPSO dan Pendampingan, adalah upaya mengimplementasikan proses pengolahan sampah organik serta limbah eceng gondok skala ekonomis di lingkungan masyarakat setingkat RW dengan pendirian model Instalasi Pengolahan Sampah Kota (IPSK) di TPA serta Instalasi Pengolahan Sampah Organik (IPSO) di TPS dan kawasan sumber sampah lainnya dan melakukan pendampingannya selama 1 (satu) bulan efektif oleh LM3 NAFIRI bersama Pemda. Kab. Tondano.
Model Instalasi/IPSK yang berada di lingkungan RW tersebut, akan didirikan pada beberapa titik/ lokasi yang tersebar di Kab. Tondano, serta beberapa titik/lokasi di sekitar Danau Tondano.
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), adalah upaya mendidik dan melatih kader relawan yang diperlukan untuk menjelaskan dan mendampingi masyarakat masalah pemanfaatan teknologi tepat guna pengolahan limbah eceng gondok dan sampah kota skala ekonomis di lokasi IPSO dengan menggunakan Komposter BioPhoskko®. Diklat akan dilakukan sebanyak 10 kali (@ 25 orang), untuk menghasilkan 250 kader relawan/ tenaga pendamping yang akan ditempatkan pada 50 titik Instalasi/IPSO-IPSK (@ 5 orang).
Pengemasan dan Pemasaran Kompos, adalah upaya menciptakan nilai tambah dan pasar pupuk organik yang dipanen pada setiap IPSK-IPSO. Melalui proses selama 5-7 hari, satu IPSK-IPSO (14 unit Komposter type L atau 5 Unit Rotary Klin ) diperkirakan akan menghasilkan kompos antara 1.500-3.000 kg, atau 3.000-6.000 kg kompos per bulan (tergantung bahan baku sampah).
Kompos atau amilioran - yang memenuhi standar jumlah, mutu dan lokasi akan dilakukan penjemputan, akan dipasarkan kepada anggota outlet dan instansi pemerintah atau difasilitasi kepada pangsa pasar lainnya yang membutuhkan kompos dan amilioran dalam jumlah besar seperti perusahaan perkebunan swasta/pemerintah, instansi pemerintah sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan, perusahaan pertambangan bagi kepentingan reklamasi lahan atau langsung kepada petani dan bahkan bisa di ekspor melalui pemasaran LM3 NAFIRI dengan kemitraan dengan PT. CV Sinar Kencana, Perwakilan Sulawesi Selatan (Indonesia Timur)
TAHAPAN KEGIATAN
Pemilihan Lokasi > Pada dasarnya lokasi yang memiliki potensi permasalahan sampah perkotaan khususnya di Kab Tondano hampir terjadi merata. Akan tetapi, pada program ini akan difokuskan di masyarakat yang berdomisili sekitar Danau Tondano, dimana Eceng Gondok (Tanaman yang menjadi sasaran pengelolaan menjadi pupuk organik dan handycraft) serta di beberapa titik sumber sampah di lingkungan RW terdapat wilayah memiliki potensi permasalahan sampah lebih besar. Diantaranya yaitu lokasi yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertentu atau terdapat wilayah yang memiliki komplek-komplek perumahan, pasar dan rumah makan/restoran.
Survey Lokasi; Survey lokasi akan dilakukan setelah dirumuskan dalam sebuah kajian/ FGD (Focus Group Discussion) antara tim dan pemerintah di tingkat kecamatan/kelurahan. Kegiatan ini dilakukan untuk menentukan lokasi yang akan dijadikan prioritas dalam program, sekitar 3 (tiga) kecamatan yang ada dalam kawasan Danau Tondano Kab. Tondano, Provinsi Sulawesi Utara.
Pelaksanaan Program
Kampanye Secara Massif ; Kegiatan kampanye akan dimulai dengan penyusunan materi-materi/ isi yang sesuai dengan maksud program. Akan dilakukan beriringan dengan kegiatan pemilihan dan survey lokasi atau berbarengan dengan kegiatan lain dalam penyebaran, pemasangan dan pendistribusiannya.
Diklat ; Pendidikan dan pelatihan ditujukan kepada para pemuda/ masyarakat di sekitar lokasi yang dipilih sebagai percontohan. Kegiatan ini akan dilakukan sebelum pendirian instalasi/IPSK-IPSO
Pendirinan Instalasi/ IPSO dan Pendampingan > Pendirian instalasi percontohan akan dilakukan setelah masyarakat/ kelompok sasaran (Target Group) ditentukan dan kader-kader relawan dilatih. Kegiatan ini juga akan dilakukan setelah masyarakat di sekitar lokasi IPSO diberikan IPSO di beberapa Lokasi IPSO. Contoh di beberapa lokasi produksi dan sasaran IPSO akan diadakan penyuluhan-penyuluhan oleh para kader relawan/ tenaga pendamping yang telah dilatih sebelumnya oleh Tim Pemkab. Tondano dengan Tim LM3 Nafiri Manado.
Pengemasan dan Pemasaran Kompos-Amilioran; Kegiatan pengemasan bersifat fakultatif, akan dilakukan atas permintaan/ kesepakatan antara masyarakat dengan pihak ketiga lain. Demikian pula dengan pemasaran kompos, paling tidak kegiatan ini akan dilakukan setelah adanya produksi kompos-amilioran dan kerjasama pemasaran dengan pihak penjamin pasar (pihak LM3 Nafiri atau Perusda Kab.Tondano atau Perusda Sulawesi Utara) atau pihak lain yang bersedia bekerja sama dengan kelompok usaha (IPSO) tersebut.
Evaluasi
Kegiatan evaluasi akan dilakukan secara intensif dan berkala. Kegiatan ini akan mengikutsertakan semua pihak yang terkait dengan program.Kompos-Amilioran Hasil Masyarakat, pemasaran akan difasilitasi oleh LM3 Nafiri Manado, selaku prinsipal dari kelompok usaha pupuk organik basis sampah kota, limbah eceng gondok atau limbah lainnya. Pelaporan Pelaporan akan dibuat setidaknya dalam tiga bentuk/tahapan, yaitu laporan pendahuluan, laporan perkembangan dan laporan akhir.
Pelaksanaan Program ini akan terus dilaksanakan selama 18 bulan (efektif), sejak bulan November atas Desember 2009, sesuai dengan bentuk dan tahapan kegiatan sampai dengan tahun Desember 2010 (tentatif).
Organisasi Pelaksana
    Proram ini diprakarsai oleh Pemkab. Tondano atas usulan PT. CV Sinar Kencana, Perwakilan Sulawesi Selatan (Indonesia Timur) melalui LM3 NAFIRI Manado serta sejumlah organisasi masyarakat Kab. Tondano Provinsi Sulawesi Utara yang membentuk gerakan darurat penanganan eceng gondok dan sampah kota yang dikemas dengan nama Tondano Hijau Bersih Mandiri (THBM), sebagai Penanggungjawab Umum adalah Bupati Tondano. Sedangkan untuk pelaksanaan program dijalankan oleh Tim Pelaksana sebagai Penanggungjawab Harian, yang selanjutnya akan dibentuk oleh Bupati Tondano bersama Tim PT. CV Sinar Kencana, Perwakilan Sulawesi Selatan (Indonesia Timur) dan LM3 NAFIRI. VI. Mitra Kerjasama Pembiayaan Program ini akan dilaksanakan dengan mitra kerjasama pembiayaan dari:
      1. Bank Indonesia, Cab. Sulawesi Utara
      2. Bank Pembangunan Sulawesi Utara (Bank Sulut)
      3. PT. Cipta Visi Sinar Kencana, Produksi & Pemasaran Sulawesi Selatan, Indonesia Timur
      4. Yayasan Danamon Peduli, Cab. Sulawesi Utara
      5. Coca Cola Foundation Indonesia, Cab. Sulawesi Utara
      6. Instansi Pemerintah Provinsi atau Kabupaten
      7. Perusahaan swasta yang peduli lainnya.
      Program Pengelolaan Sampah Kota Berbasis Komunitas
      Penutup
      Demikian program ini dibuat semoga dapat terselenggara dengan mendapat dukungan dari pihak-pihak yang memiliki keprihatinan dan kepedulian terhadap permasalahan limbah eceng gondok serta sampah kota di Kabupaten Tondano Provinsi Sulawesi Utara.
      H.Asrul Hoesein, 085215497331
      Pt. Citra Visi Sinar Kencana, Indonesia Timur
      Konsultan LM3 Nafiri Manado, Sulut. untuk sementara berada di Manado, dalam rangka usulan ide Sulut Green Plus, yang telah di presentasi pada pemerintah provinsi Sulawesi Utara (bulan oktober 2009) menuju Sulut Hijau Bersih Mandiri. serta mengawal dan mendukung :
      1. Indonesi go Organik 2010
      2. Pertanian Organik Indonesia.
      3. Manado Kota Pariwisata Dunia 2010.
      Terima kasih.

Topik Terkait [Related Post]



0 komentar :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Silakan CARI tulisan yang Anda inginkan DISINI
Loading
Sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa bersalawat ke padaku sekali salawat niscaya Allah SWT akan bersalawat ke atasnya sepuluh kali”.(HR Muslim) �¦???

Sponsored "S and E" BackLink'S

Social Entrepreneurs SPONSORed
surgawebindian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in kerala freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4uBUSANA MUSLIMseribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN TV INDONESIA FECEBLOG 4UI
japanese backlinksharelinknewsMajlis Link OtomatisFreewebsitepromotionAutoBacklinkGratisFree backlinksiaran linkFree Plugboard Teks TVlinkportalweb directorydirektori Indonesia

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! TopBlogIndonesia.com

Free Auto BacklinkFree Auto BacklinkI-Love-ObamaFree Plugboard Link Banner ButtonFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Automatic Backlink Service free instant backlink for blog and websiteTotal Entertainment Free Backlink Exchange For Seo Text Backlink ExchangesFreeBackLinksForYou Die Gute SaatBacklink-Gratisfree Backlinkkostenlose backlinksFree Automatic Link Free Promotion Link Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic plugboard zeitbanner Free Automatic LinkSubmit Free to ExactSeekPremium TrickFree Auto BacklinksView and compare your rankings in Google, Yahoo! and MSN all at once
Search Engine Marketing
Join My Community at MyBloglog!Active Search ResultsASRULFree BacklinksTeman Link Unlimited Backlink ExchangeFree Automatic LinkBacklink-Gratisiklan 2BillionTraffic Text Backlink ExchangesZero waste management and Indonesia green solution to stop global warmingBlog Tutorial Wordpress Blogger BlogspotFree Automatic Link Musik-Box BacklinksFree Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis Bandung Kota Kembang MellowYellowBadge healthylounge,healthy corner,healthy diet,diet food,nutrition,vitamins,suplement,medicine,fitness,weightloss,hairloss,be healthy,osteoporosis,pregnancy,breastfeeding,cooking-recipes,parenting,babies,desease,exercise,food,household,be healthy C-Backlink Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic
Free Auto BacklinkFree Auto Backlinks From Phanmemxuyenviet.com Rudy 364 Link Plugboard ManiaFree Automatic LinkFree Backlink Directorybacklink dich thuatFree Automatic LinkFree Automatic Link My Ping in TotalPing.com Free Automatic LinkFree Link ExchangeBacklink-GratisAdd URL Suggest Link Add URL Suggest LinkPageRank-Backlink ohne Anmeldung bei http://www.ursula1.de/webphpbacklinks for youKostenloser pagerank bei http://partner.krookle.euWelcome To Pinang HijauAuto Backlink | Free Auto Backlinks ExchangesPowered by BannerFans.com

Posko Hijau ^ PT.CVSK ^ NetWorking

POSKO HIJAU NETWORKING
DAFTAR KONTAK,PERWAKILAN^AGEN
PT CIPTA VISI SINAR KENCANA
DAN JEJARING POSKO HIJAU
--------------
[Head Office]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph:+62-22-4262235-4262253
Fx:+62-4214084
HP:+62-81572527115
--------------
[Malaysia]
Saiful Bahri Abdul Hadi
Konsortium Melayu
Selayang Berhad(KmsB)
No.25 Jalan 3 A/2 B,
Taman Desa Bakti,
Batu Caves
Darul Ehsan 68100,
Selangor-Malaysia
Ph:+60-122135515
Ph:+60-361207177,
Fax:+60-361377177
--------------
[Singapore]
Aileen Kwok
Ph: +65-64819182-96862550,6Eu
Tong Sen Street 04-68
--------------
[Vietnam - Ho Chi Minh]
Ben Taat Alias
2nd floor, unit 224, 37
Ton Duc Thang District 1,
Ho Chi Minh Viet Nam
Ph : +84-8-8230096
Fx : +84-8-8230094
--------------
[Jakarta]
Muh Rivai dan Dewi Nuraini,SP
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang Pasar Minggu
Jakarta Selatan
PH:+62-21-78838189.
--------------
[Bogor]
Harry Bambang,Ir,MSc
JL Arzimar I/16-B
Bantar Jati
Bogor Utara 16152,
Jawa Barat,Indonesia.
Ph: 0251-328575.
--------------
[Surabaya]
Dang Yudi, Ir.
PT. CVSK Pwk Surabaya
Jl. Ketintang Permai AD-9
Surabaya 60232, Jawa Timur
Ph: 031-60564705.
--------------
[Yogyakarta]
Totok Maryadi,Drs, MT
Jl Pura 189 Sorowajan
Yogyakarta-55198
Telp:+62-274-488104.
--------------
[Head Office; PT .CV. Sinar Kencana]
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP. +62 81572527115.
--------------
[Demak]
Bening Dwiono
Jl. Grya Bhakti
Praja K 14 Mangunjiwan
Demak-59515T.
PH:+62-291-681818.
--------------
[Surabaya]
PT. CVSK Perw.Surabaya
H.M.Moh. Saleh
Jl. Jakarta No 27 Tanjung Perak
Surabaya
Jawa Timur
Ph: 62-31-3550748
--------------
[Kalimantan Selatan]
Ny. Gantini Sudiatna
PT. CVSK Pwk Kalsel
Jl. Virgo Raya No 16
Perum Cahaya Bintang
Sei Besar-Banjarbaru
Kalimantan Selatan
Ph: 0511-4774629
--------------
[Sulawesi Selatan]
PT.Cipta Visi Sinar Kencana
Demplot Sulawesi Selatan
Indonesia Timur
Faristiwan Bohari
Komp Pepabri Blok D3/10
Sudiang Permai
Makassar, Indonesia
Ph;+62-411-2686031
Hp;+62-85215497331(HAH)
--------------
[Bali]
I Nyoman Rudi Arthana
Jl. Sudirman
Komp. Sudirman Agung
Blok F No 3A
Denpasar Bali
+62-811394614
--------------
[Bandung]
Mohamad Bijaksana
Greeneration Indonesia
Jl. Kanayakan D-35
BANDUNG-40135
Ph : 022-2500189
Fx : 022-2500189
--------------
[Riau]
Sartani
Jl. Suka Karya Simpang
Kualu Panam
Pekanbaru 30151
--------------
[Kalimantan Barat]
Anton Kamarudin
PT. CVSK Pwk. Kalbar
Jl. Martadinata Gg Kecambah No.1
T. +62-81511985456
Pontianak-78115
Kalimantan Barat
--------------
[Sumatera Utara]
Binur Hasibuan
Jl Kampung Baru
Perumahan Wira Asri
Blok II No 7 Rantau Prapat
Labuan Batu
Sumatera Utara 21411
Hp: 081376175864
Ph: 0624-22065
Sumatera Barat
--------------
[Sumatera Barat]
PT. CVSK Pwk Sumbar
Armus Arifin
Jl Gajah Mada No 2
Simpang Tinju-Padang
Sumbar-25143
Ph: 0751-41353
--------------
[Batam]
Dwi Nurul
PT. CVSK Pwk Batam
Shanggrila Garden
Blok A1/64,
Sekupang Batam
Kepulauan Riau-29400
--------------
[Sumatera Selatan]
Leman
PT. CVSK Sumsel
Jl. Toman 7 No.9
Perum Sako
Palembang-30151
Sumatera Selatan
T. 081373871268-81273919583
--------------
[Pekanbaru]
Yahya Subhan, SE, H
PT. CVSK PWK RIAU
Jl Hasanudin No 17 A Rengat
Pekanbaru,+62-81268338415
HP +62-81572527115
--------------
[Jakarta Selatan]
Dewi Nuraini, SP
PT.Permata Makmur Sejahtera
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
+62-21-78838189
--------------
[Jakarta Selatan]
Nengah Sukerja, IR
Jl. Raya Lenteng Agung
Timur Baru No.18
Jagakarsa
Jakarta Selatan
Ph; +62-21-78888673-98925989
--------------
[Sumatera Utara]
M. Sirait
Jl. Puskesmas Ds.Sei Piring
Kec. Pulau Rakyat
Asahan
Sumatera Utara
T. +62-623-355271
--------------
[Bandar Lampung]
Hayat Sulaiman,IR,MM
Jl. Slamet Riyadi No.5
Bandar Lampung
T. +62-21- 8464810
--------------
[Bandung]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Sonson Garsoni, Ir.
Jl. Pungkur No 115,
BANDUNG-40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP +62-81572527115
--------------
Binaan Posko Hijau
[Gerakan Indonesia Hijau Foundation]
LM3 Model GMIM Nafiri Manado
[Erisman Panjaitan,SE]
Sulawesi Utara
--------------
LM3 Model Ponpes Al-Izzah
[Drs.Ery Supardi]
Balikpapan-Kalimantan Timur
--------------
LM3 Ponpes Asy-Syifa
[H.Cholik H.Senen, ST]
Musi Banyuasin Sumatera Selatan
--------------
Mitra NGO
Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan
Kerjasama Antardaerah [Lekad]
Jl. Empu Sendok No.21
Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
--------------
[Kalimantan Timur]
H.Andi Abdul Azis
Jl. Inpres III No.31a/20 RT.15
Balikpapan
HP. +6285246619489
HP. +6281348414127
--------------------
[Jakarta Selatan]
H. Asrul Hoesein
Jl. H.Muhi VIIIB RT 07 RW 04 No. 14
Pondok Pinang
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan
HP. +6281287783331
HP. +628119772131
--------------------
[Jakarta Pusat]
PT. Xaviera Global Synergy
Wilda Yanti
HP:081314246402, Wilda
HP: 08119772131, Asrul
Artha Graha Building, 6th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.52-53
Jakarta 12190
--------------------
WebDesain & Webmaster:
Asrul Program Communication
Golden Centrum Building
JL. Majapahit Blok UV
HP: 08119772131
081287783331
Jakarta-10160
Indonesia
--------------------
Green Indonesia Foundation
NusaLoka - Sektor 14.4
JL. Flores I
Blok L7/8 BSD
Telp/Fax : 021-5378672
Kota Tangerang Selatan-15321
HP: 08119772131
081287783331
08119111131
Indonesia
--------------------

Social Entrepreneur Visitor'S

Social Entrepreneurs VISITOR
Check Google Page Rank
Rek.PP; 1363-1135-4919-6502-3777[HAH]
Ziddu AC; 2009-07-30[HAH]
NPWP;16.214.559.3-801.000[HAH]
Passport;A3129426[HAH]
CIMB Niaga; A/C; 0170118206183 [AH]
BMMD;A/C:1520008773331[HAH]
IDCard/KTP; 737111-070462-0004[AH]
AmazonID _trashandentre-20[HAH]
Review http://asrulhoesein.blogspot.com on alexa.com Locations of visitors to this page

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP