Catatan_Asrul. Diberdayakan oleh Blogger.
Asrul Hoesein Diary - Indonesia Go Organik - Indonesia Clean and Green - Stop Global Warming - PT. Cipta Visi Sinar Kencana [Posko Hijau] sebagai perusahaan Formulator dan Prinsipal - Jejaring Usaha Pupuk dan Pemupukan "Berbasis Organik" dalam dan luar negeri - Bakteri Pengurai Limbah Organik [Aktivator GreenPhoskko-GP1] - Penggembur Bulking Agent ^ Mineral Penghilang Bau Limbah Organik [GP2] - Posko Hijau Memberi Pelatihan ^ Presentasi ^ Pendampingan TataKelola Sampah kepada Pemerintah ^ Perusahaan [Program CSR] ^ Kelompok Tani [HKTI-LM3-P4S-Feati] ^ Kelompok Usaha [Kadin-HIPMI-HIPPI-Asosiasi] ^ Design TPA sesuai SNI Konsep Kelola Sampah dengan Optimalisasi Fungsi TPS [Sentralisasi Desentralisasi-Basis Komunal] dan - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 2000L] - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 1000L] - Mesin Olah Sampah Organik (RKM 1000L) - Komposter Biophosko® [Hand Rotary] - Komposter Biophosko® Compost Bin [S-60L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [M-80L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [L-120L] - Barel Kompos Biophosko® BK 200 L - Komposter Elektrik Biophoskko® (KE 100L) - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Flexible Formula - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Lada [Fertilizer For Pepper] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Tanaman Buah Dalam Pot [Tabulampot] - Pupuk Gramafix® Padi [Fertilizer for Rice Paddy] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Mente [Fertilizer for Cashew] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Jagung [Corn Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sawit [Palm Oil Tree Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Karet [Fertilizer for Rubber Tree] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Formula Spesifik Tanaman Hias - Pupuk Gramafix Formula Tebu [Sugarcane Crops Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Biji [Peas & Beans Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Cengkeh [Clove Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Daun [Leafy Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kopi [Coffee Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Umbi [Fertilizer for Root Crops] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kacang [Fertilizer For Legum]Pupuk Organik Kompos GreenPhoskko® PadatPupuk Organik Gramafert® CairPupuk Organik Granul - Alat Uji Unsur Pupuk [Digital NPK Tester] - Pendampingan Usaha Agribisnis dan Agrowisata serta Perkebunan Nasional^BUMN.

Minggu, 21 Agustus 2011

Ciputra: Ini Abad Entrepreneur

Nama Ciputra hampir tidak bisa dilepas dari tema entrepreneurship. Hampir di segala kesempatan pemilik dan pendiri Grup Ciputra yang memiliki nama besar di industri properti itu tak henti-hentinya mengkampanyekan pengembangan kewirausahaan di negeri ini, sehingga virus entrepreneurship menyebar ke mana-mana. Tentu dia tidak hanya berbicara, tetapi telah memberikan contoh dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk lebih mengenal sepak terjang dalam mengembangkan bisnis, berikut petikan wawancaranya.
Bagaimana awal mula Anda mengembangkan bisnis di bidang properti?
Saya bersyukur bahwa orang tua saya pengusaha. Dia mempunyai toko kelontong dan sejak kecil saya diajarkan untuk menjadi pengusaha seperti dia. Saya lahir di ruko, saya bangun, saya buka mata lihat barang dagangan. Saya merangkak pertama saya pegang barang dagangan. Saya disuruh bekerja pertama untuk menjual barang dan sebagai pedagang.
Tiba-tiba ayah saya meninggal ketika saya berumur 12 tahun dan saat itu saya bertekad teruskan sekolah untuk menjadi pengusaha. Tak lama saya ingin menjadi seorang arsitek, lalu saya ke ITB Bandung. Di sana saya berubah pikiran. Saya bilang seorang arsitek mencari pekerjaan, mencari projek, yang telah diciptakan orang lain. Dan saya putuskan saya menjadi developer.
Apa yang mendasari untuk fokus ke bisnis properti?
Pertama saya merasa mempunyai bakat dan passion mencintai dunia properti. Oleh karena itu, saya mengambil arsitek. Arsitek itu merupakan satu alat bagi orang yang akan fokus sebagai developer. Itu sebabnya saya senang membikin rancangan dan merealisir rancangan tersebut menjadi kenyataan. Dari sekadar passion kemudian menjadi mimpi, sampai mewujudkan mimpi tersebut. Namun selain bidang properti, saya juga mengembangkan spesialisasi membangun kota-kota baru. Melalui tiga grup properti, lebih daripada 50 kota kecil maupun besar telah dibangun di Indonesia maupun luar negeri, baik saya sendiri maupun dengan teman-teman yang lain.
Pada krisis tahun 1997/1998 perusahaan Anda terkena dampak krisis. Bagaimana Anda bisa bangkit lagi?
Itu namanya enterpreneur yang baik, tentu harus punya integritas yang baik. Ya, kami membangun manajemen yang terbuka dan jujur. Semua utang kami yang begitu banyak kan dipakai untuk perusahaan, bukan untuk yang lain. Ya kita terangkan kepada bank, kemudian kita dialog, berunding, bagaimana agar bank bisa kasih discount dan kasih waktu yang lebih baik, angsur selama sekian tahun.
Nah itu integritas. Lalu jangan lupa minta berkah Tuhan, kita hidup dengan firman Tuhan menurut agama masing-masing. Tuhan ingin memberkati kehidupan sesuai dengan kehendak Dia. Makanya utamakan kejujuran, jangan melakukan penipuan, jangan melakukan dusta, jangan hidup percabulan, itu hindari semua.
Apa yang paling Anda hargai dari kepribadian manusia?
Integritasnya. Karena [integritas] itulah kunci segala-galanya. Sekali Anda melakukan penipuan akan tersebar kemana-mana, berita yang jelek disebarkan 10 kali, berita yang baik hanya lima kali. Itu menyia-nyiakan berkat Tuhan dan kejelekan itu akan tersebar kemana-mana. Anda tahu ucapan maupun lisan itu janji dan janji harus dipenuhi. Proyek kami misalnya, ada yang 10 tahun wajib kami selesaikan. Janji itu harus dipenuhi karena janji adalah utang.
Sebagai orang yang terlibat di properti, apa pendapat Anda soal kemacetan kota Jakarta?
Kalau Jakarta menjadi kota entrepreneur, kota properti, maka properti akan berkembang dengan pesat. Sehingga pembayaran pajak tanah dan bangunan itu dapat naik sekian kali lipat. Uang itu dipakai untuk membangun infrastruktur. Nah kota kita ini jauh dari kota properti, dari mana income [untuk membangun infrastruktur]? Coba, nah pertama musti ada income, baru kita dapat membangun. Mudah saja kalau ada income, misalnya kita bangun subway, hanya melalui subway dan elevated road bisa mengatasi Jakarta. Baik yang di atas maupun dalam tanah, nah itu kan perlu uang. Jadikan Jakarta itu [kota properti], undang investor, pembeli dari luar negeri. Pembeli dari luar negeri dia akan akan bawa uang. Dia akan kan bayar pajak.
Banyak orang yang mempersalahkan developer, termasuk Anda, karena salah satu penyebab banjir?
Pada waktu saya memulai perusahaan real estate ini, waktu itu kami disalahkan sebagai makelar tanah. Kepada pejabat, kami dapat buktikan bahwa real estate itu berguna, kita bukan makelar tanah, itu merupakan tantangan.
Kita buktikan berapa banyak pajak kita bayar, kalau kita menjadi kota properti, maka pendapatan akan naik 10 kali lipat dari kegiatan properti. Income ini bisa dipakai untuk membangun subway, kalau ada income dalam waktu lima tahun sudah bisa bangun subway. Sekarang dengan Rp1 triliun per km tanpa income, sampai kiamat tidak akan bisa [bangun subway]. Jakarta itu butuh subway 100 km. Maka kita semua ini harus menjadi entrepreneur. Entrepreneur itu macam-macam, sebut saja government, academician, pebisnis, society harus menjadi enterpreneur. Ini semua belum ke sana.
Masalah pembebasan tanah mempersulit pembangunan infrastruktur. Anda punya ide mengenai masalah ini?
Ikut saja seperti Malaysia. Pembebasan tanah itu sudah ada pembangunan, sudah ada peraturan pemerintah daerah, tapi tidak ada follow up. Bayangkan, hanya karena beberapa orang saja, seluruh daerah kacau balau.
Anda membangun banyak proyek di luar negeri padahal di dalam negeri masih banyak kebutuhan investasi. Tak khawatir dituduh kurang nasionalis?
Pemikiran itu yang harus ditinggalkan. Belum lama ini ada pertemuan Asean di Vietnam. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat melihat projek kami, yaitu Ciputra International Project. Rombongan itu bangga. Saya senang mereka bangga, mereka sebagian tinggal di Hotel Horizon yang kami bangun. Mereka juga bangga. Nah ketika kita mengundang orang luar negeri datang, apa karena mereka itu tidak nasionalis? Orang Malaysia investasi di sini, apakah mereka itu tidak nasionalis, atau orang Singapura, apakah mereka tidak nasionalis. Mereka cari laba dari sini, lalu laba dari sini bawa ke mana? Kan dibawa ke negeri masing-masing?
Nah, kenapa orang lebih suka dirikan perusahaan Singapura daripada di Indonesia, kita tinjau diri sendiri? Kenapa orang tidak suka, kenapa orang suka ke sana? Kalau kita tidak maju, tinjau diri kita sendiri dulu. Terus terang, kalau saya tidak maju, 90% saya salahkan diri saya sendiri.
Atau ada hambatan berbisnis di Indonesia?
Mindset, karakter, budaya. Itu watak, mental. Bukan karena penyakit kantong (kekurangan uang). Penyakit kantong juga akibat mental.
Anda juga punyak banyak proyek di Indonesia Timur?
Kami sekarang sedang survei di Kupang, Ambon sudah, sudah survei di Irian Jaya. Mungkin Ciputra Group tahun ini membangun lagi di beberapa kota, dikembangkan di Bali, Semarang, Jambi, Cirebon, Madiun, Irian Jaya. Juga ada di Kendari.
Sekarang ini Jakarta sudah jenuh, traffic sudah macet begini, kemudian di daerah ada otonomi. Jadi kami ke luar Jawa, luar kota Jakarta. Sedangkan luar negeri izin-izin lebih mudah, kita ke Singapura, Vietnam, Kamboja, India, RRC. Jadikan kebanggaan, masa dia [investor asing] cari uang di sini kita tidak cari uang ke sana. Saya kan punya rumah di sini, semua anak-anak itu tinggal di rumah sini, kalau ada pendapatan kan kita bawa ke sini.
Ada anggapan developer besar kurang konsen kepada perumahan rakyat?
Nah, saya kan punya Citra Indah dan Citra Raya. Satu di Bogor, satu di Tangerang. Tiap tahun saya bangun lebih dari 4.000 rumah yang harganya Rp55 juta. Siapa developer besar yang bangun sebanyak itu? Itu kan tidak kelihatan, kalau kita bangun di luar kota Jakarta. Tapi kita tidak masuk rusunami, kenapa? Karena peraturannya antardepartemen tidak sinkron. Lihat yang masuk rusunami sekarang jadi apa? Itu menuai masalah. Dia bikin, tapi jadi masalah. Lebih baik kita konsentrasi yang aturannya lebih gampang. Pengusaha untuk cari laba kan? Kalau bangun hanya memanen persoalan, kenapa Anda masuk?
Apakah itu artinya rumah murah adalah tugas pemerintah?
Memang tugas pemerintah. Makanya saya ketemu dengan Real Estat Indonesia pecahkan masalah tersebut. Hanya satu cara memecahkan dan ampuh sekali, membentuk dana perumahan. Pemerintah memberikan subsidi Rp3,5 triliun. Itu kan cuma kumur-kumur. Bagus, tapi lebih bagus lagi, kalau Rp100 triliun dana yang di Jamsostek itu sebagian buat subsidi perumahan. Oleh karena itu, harus dibentuk dana khusus buat perumahan yang dikumpulkan dari yang bersangkutan maupun dari perusahaan.
Ambil contoh di Singapura, 85% perumahan murah itu dibangun oleh dana perumahan yang dibentuk pemerintah. Modalnya dari karyawan dan dari perusahaan. Kalau itu dilakukan, kita punya itu kira-kira Rp25 triliun per tahun. RRC punya sistem yang sama, mereka berhasil, Moskow pun sudah punya sistem itu, kecuali kita.
Berarti kita paling terlambat?
Ya. Mental enterpreneur tidak ada.
Pengembang dituding lebih senang membangun perumahan mewah. Pendapat Anda?
Makanya begini, biarlah swasta membangun rumah mewah, artinya dia bayar pajak, pajak itu dipakai untuk membangun rumah yang murah. Kalau pengusaha membangun perumahan murah dari mana uangnya?
Ada juga anggapan banyak pengusaha sukses karena proyek pemerintah?
Itu nggak salah. Pengusaha kita harus dididik mencari peluang, proyek pemerintah itu mereka mencari peluang. Kita cipta peluang. Saya membangun Ancol untuk mencipta peluang, Jadi penting mencipta peluang.
Proyek Ancol disebut-sebut sebagian dibiayai dari uang judi?
Satu sen pun nggak ada.
Kalau ada judi di Indonesia seperti di Genting Island?
Genting Island kan judinya tidak masuk ke pulau itu, judinya gak masuk kepada pemerintah. Di Santosa, sudah berapa miliar dolar yang masuk ke situ? Ancol justru bayar dividen dan pajak. Saya sendiri bayar pajak dari 3 grup lebih dari Rp1 triliun per tahun dan mempekerjakan 5 ribu karyawan secara langsung dan secara tidak langsung menghidupi sekian ratus ribu manusia.
Anda kan berbisnis di banyak daerah, banyak yang bilang otonomi daerah malah menghambat bisnis di daerah itu?
Otonomi daerah saya setuju. Cuma sekarang dalam waktu peralihan. Dan akan muncul beberapa daerah yang maju dan daerah yang tidak maju akan mengambil contoh. Saya kira memang ini masih bayi, masih taman kanak-kanak. Nanti lima sampai sepuluh tahun lagi, lebih bagus lagi.
Ke depan, Ciputra tetap di properti atau mengincar bisnis lain?
Side business (bisnis sampingan) aja, seperti misalnya di komputer. Saya pemilik, pemegang saham terbesar di Metrodata. Ya itulah, tapi kita, anak-anak juga mulai melirik-lirik side business. Mudah-mudahan satu dua tahun akan muncul
Bisnis baru?
Begini, kita ingin bisnis spesial seperti McDonald. Dia kan ada di seluruh dunia, betul gak? Lupakan pertanyaan soal bisnis baru. Kita mau kembangkan properti ke seluruh dunia. Kami sedang mengerjakan proyek di Polandia, di RRC itu ratusan kota yang bisa dibangun, Malaysia pun kita merambah ke kota-kota kecil sekarang.
Jadi lebih go global?
Dan go global itu saja sudah bagus. Anda tahu perusahaan terbesar di Singapura itu apa? Orang terkaya Singapura siapa? Semua dari properti. Orang terkaya di Hong Kong siapa? Orang Jepang propertinya. Cuma kita kan durian runtuh, durian alam. Tujuan kita kan bukan menjadi terkaya, tujuan kita supaya bermanfaat buat masyarakat.
Anda selalu mengatakan bahwa membangun bukan pertama-tama dengan modal uang. Bagimana itu bisa dilakukan?
Modalnya enterpreneurship. Menurut saya, istilah enterpreneurship adalah kemampuan mengubah kotoran dan sampah menjadi emas. Jadi kalau Anda mempunyai kemampuan tersebut, tanah apapun serahkan kepada Anda, Anda bisa membuat menjadi emas. Dan kemampuan itu yang harus ada. Jadi kita bukan mencari peluang, kita mencipta peluang. Nah itu yang kami lakukan.
Bagaimana cara menjadi enterpreneur?
Kita harus melewati 3 front. Front pertama dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah, kemudian front kedua universitas, ketiga publik. Walikota Palembang, misalnya, akan mulai dari taman kanak-kanak sampai SMA, kemudian kami sudah mulai dengan Ditjen Dikti untuk perguruan tinggi. Sekarang [pelatihan bagi] umum juga sudah mulai dengan lembaga-lembaga yang ada.
Kami sudah melatih 2.000 orang dosen, ribuan guru-guru. Ini harus menjadi gerakan nasional. Jadikan abad ini abad enterpreneur buat Indonesia, anggap abad kebangkitan bangsa sudah abad yang lalu, sekarang abad enterpreneur. Saya bisa berkembang, karena saya enterpreneur. Yang lain, sudahlah. Umur saya 79 tahun, tinggal mengingat masa-masa lalu saja.
Apakah di usia begini masih terlibat langsung di bisnis?
Saya sebagai inspirator, sebagai motivator, dan sebagai mentor. Nah itu fungsi saya. Anak-anak di Ciputra Group, saya bagi tiga divisi. Sehingga mereka masing-masing memegang satu divisi. Suami istri memegang satu divisi, sedangkan pemilik sama semua. Demikian juga di Jaya Group dan Metropolitan Group mempunyai pemegang saham masing-masing sehingga mencegah conflict of interest.
Apakah ada satu dari putera Anda yang dipersiapkan menjadi putera mahkota?
Semua adalah putra mahkota dan mereka sekarang sudah memimpin divisi masing-masing dan ternyata berhasil sekali. Ada satu yang misalnya konsentrasi di Jakarta, satu di Jawa Timur, satu di luar negeri, jadi masing-masing mempunyai konsentrasi.
Apakah membedakan anak laki-laki dan anak perempuan ?
Saya tidak membedakan. Dan memang wanita itu karena punya suami yang aktif, dia menjadi semi housewife. Jadi saya punya anak lelaki yang full time, sementara anak perempuan saya sudah ada suami yang full time, sehingga tidak begitu aktif.
Bagaimana mereka dididik sehingga sekarang bisa memimpin unit-unit bisnis di grup?
Itu pertanyaan yang penting sekali. Dari mana mereka menjadi enterpreneur? Itu seperti anaknya Lulu (Lulu Terianto, Dirut PT Jurnalindo Aksara Grafika—yang ikut mendampingi wawancara)-- dari kecil sudah diajak ke mana-mana. Tiap kali ambil keputusan, kita terangkan kepada dia. Misalnya kalau kita pergi ke toko, kita terangkan toko itu jual barang apa? Toko mana yang Anda suka? Kalau Anda buka toko, toko apa yang Anda mau pilih? Wah Anda lihat pemilik toko itu siapa pemiliknya.
Pada hari Sabtu-Minggu, saya ajak anak-anak misalnya ke Ancol. Biar mereka tahu tujuan saya membangun Ancol. Saya transferkan kepada mereka, bagaimana mengelolanya, bagaimana menarik orang datang kemari. Jadi dari kecil sudah ditanamkan the spirit of enterpreneur. Saya tanya kepada kalian, siapa mulai menerangkan tentang enterpreneurship kepada anak-anak. Mungkin tidak ada, karena karakter itu belum ada di budaya-budaya di sini, apalagi dari Jawa yang menganggap pengusaha pedagang itu strata rendah.
Coba tanya kepada mahasiswa di Andalas, kalau Anda tamat mau jadi apa? Saya kira 70% ingin menjadi pegawai negeri. Kalau di Jawa mungkin 95% ingin menjadi pegawai negeri. Di Jawa orang ingin abdi dalem, pamong praja. Tapi, itu kan dulu. Sekarang mulai berubah.
Saya melatih 28 orang di Universitas Gadjah Mada [Yogyakarta]. Enam kali saya terbang ke sana, enam kali saya biayai Rp900 juta lebih, sekarang 50% menjadi pengusaha yang sukses. Kita bisa. Tidak ada hubungan keberhasilan menjadi entrepreneur dengan etnis. Tidak, itu hanya hubungannya dengan passion.
Jadi Anda percaya bahwa sukses bisnis itu tidak berkaitan dengan etnis?
Tidak berkaitan, cuma ada yang punya bakat. Nah, ada 25% orang punya bakat, itu yang kita pilih, kita latih, jadi bukannya orang yang tidak punya passion dilatih, karena percuma. Nah bakat itu apa, Anda ingin menjadi pengusaha, Anda berusaha keras menjadi pengusaha, Anda percaya diri Anda bisa jadi pengusaha. Jadi enterpreneur itu ada yang namanya bakat. Kalau Anda mau tahu seorang yang punya bakat atau tidak, keinginan dia besar nggak? Mau kerja keras nggak? Punya confidence nggak? Nah ini yang namanya entrepreneurship.
Anda berminat mempersiapkan anak-anak ke politik?
Indonesia politiknya hebat, 350 tahun melawan penjajahan Belanda. Jadi waktu penjajahan Belanda, orang Indonesia gak bisa dagang. Tetapi politik hebat, apalagi politik lempar batu sembunyi tangan, itu nomor satu.
Jadi, kalau bisnis ke politik itu setback?
Saya kira setback, tetapi ada orang masuk politik untuk bisnis.
Pernahkah merasa gagal dalam menjalani bisnis?
Pasti adalah, tapi lupakanlah kegagalan [karena] saya gemar memperbaiki. Dan saya tidak menyesal saya masuk dalam bidang properti.
Pernahkah ada keputusan yang disesali?
Pasti ada, tapi bukan yang utamalah. Bahwa hidup itu yang kecil-kecil selalu ada. Itu bikin kita lebih baik.
Kesannya Anda berpandangan bahwa bisnis itu nggak butuh populis?
Tentu tidak perlu populer. Saya kalau menonjol ke publik itu dalam rangka public relations untuk mencapai tujuan perusahaan maupun tujuan tanggungjawab sosial. Jadi bukan untuk populer pribadi. Pengusaha makin populer makin susah.
Kesannya Anda sangat profit oriented.
Tentu, harus profit. Tetapi bukan cuma itu. Profit dalam rangka untuk dapat income, mencipta lapangan kerja, dan membayar pajak. Saya bangga saya membayar pajak lebih Rp1 triliun per tahun. Kalau tidak profit bagaimana bayar pajak, percuma saya cipta lapangan kerja.
Masih ada impian Anda yang belum kesampaian?
Masih banyak pegawai kita yang belum punya rumah. Tentu kalau di Singapura, sebagian gaji dikumpulkan, misalnya 15%, pengusaha 20%, untuk membeli rumah. Kita tidak perlu sampai seperti itu, paling tidak 5% dan 6%, yang penting uang terkumpul dan tidak habis untuk beli baju , consumer goods. Kita bisa pakai uang dengan lebih bijak.
Apa nasihat kepada para pebisnis baru?
Terus kembangkan kemampuan enterpreneurship, yaitu mencipta peluang. Kita melakukan terus perubahan, kreatif menciptakan yang baru. Anda lihat Nokia mundur karena apa? Sudah tidak ada yang baru dari dia. Kenapa Apple maju? Karena enterpreneurship.
Pada usia sedemikian ini Anda masih aktif di bisnis, juga masih banyak bepergian. Bagaimana menjaga kesehatan?
Itu persoalan terbesar sekarang, itu tantangan terbesar
Bagaimana caranya?
Terutama jalan-jalan. Hidup harus tahu kapan waktunya bekerja, kapan waktunya olahraga, kapan waktunya istirahat, begitu yang harus dijaga.
Siapa yang paling mendukung untuk kesuksesan Anda? Istri?
Tuhan.

Ref: http://www.bisnis.com/articles/ciputra-ini-abad-entrepreneur
Best regards,

Owner TrashGoogleBlogs
print this page Print this page

Topik Terkait [Related Post]



1 komentar :

belonomi mengatakan...

Artikel yang menarik. Ciputra memang pencetak entrepreneur yang sukses.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Silakan CARI tulisan yang Anda inginkan DISINI
Loading

Desain Website

hosting indonesia
Sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa bersalawat ke padaku sekali salawat niscaya Allah SWT akan bersalawat ke atasnya sepuluh kali”.(HR Muslim) �¦???

Sponsored "S and E" BackLink'S

Social Entrepreneurs SPONSORed
surgawebindian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in kerala freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4uBUSANA MUSLIMseribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN TV INDONESIA FECEBLOG 4UI
japanese backlinksharelinknewsMajlis Link OtomatisFreewebsitepromotionAutoBacklinkGratisFree backlinksiaran linkFree Plugboard Teks TVlinkportalweb directorydirektori Indonesia

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! TopBlogIndonesia.com

Free Auto BacklinkFree Auto BacklinkI-Love-ObamaFree Plugboard Link Banner ButtonFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Automatic Backlink Service free instant backlink for blog and websiteTotal Entertainment Free Backlink Exchange For Seo Text Backlink ExchangesFreeBackLinksForYou Die Gute SaatBacklink-Gratisfree Backlinkkostenlose backlinksFree Automatic Link Free Promotion Link Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic plugboard zeitbanner Free Automatic LinkSubmit Free to ExactSeekPremium TrickFree Auto BacklinksView and compare your rankings in Google, Yahoo! and MSN all at once
Search Engine Marketing
Join My Community at MyBloglog!Active Search ResultsASRULFree BacklinksTeman Link Unlimited Backlink ExchangeFree Automatic LinkBacklink-Gratisiklan 2BillionTraffic Text Backlink ExchangesZero waste management and Indonesia green solution to stop global warmingBlog Tutorial Wordpress Blogger BlogspotFree Automatic Link Musik-Box BacklinksFree Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis Bandung Kota Kembang MellowYellowBadge healthylounge,healthy corner,healthy diet,diet food,nutrition,vitamins,suplement,medicine,fitness,weightloss,hairloss,be healthy,osteoporosis,pregnancy,breastfeeding,cooking-recipes,parenting,babies,desease,exercise,food,household,be healthy C-Backlink Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic
Free Auto BacklinkFree Auto Backlinks From Phanmemxuyenviet.com Rudy 364 Link Plugboard ManiaFree Automatic LinkFree Backlink Directorybacklink dich thuatFree Automatic LinkFree Automatic Link My Ping in TotalPing.com Free Automatic LinkFree Link ExchangeBacklink-GratisAdd URL Suggest Link Add URL Suggest LinkPageRank-Backlink ohne Anmeldung bei http://www.ursula1.de/webphpbacklinks for youKostenloser pagerank bei http://partner.krookle.euWelcome To Pinang HijauAuto Backlink | Free Auto Backlinks ExchangesPowered by BannerFans.com

Posko Hijau ^ PT.CVSK ^ NetWorking

POSKO HIJAU NETWORKING
DAFTAR KONTAK,PERWAKILAN^AGEN
PT CIPTA VISI SINAR KENCANA
DAN JEJARING POSKO HIJAU
--------------
[Head Office]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph:+62-22-4262235-4262253
Fx:+62-4214084
HP:+62-81572527115
--------------
[Malaysia]
Saiful Bahri Abdul Hadi
Konsortium Melayu
Selayang Berhad(KmsB)
No.25 Jalan 3 A/2 B,
Taman Desa Bakti,
Batu Caves
Darul Ehsan 68100,
Selangor-Malaysia
Ph:+60-122135515
Ph:+60-361207177,
Fax:+60-361377177
--------------
[Singapore]
Aileen Kwok
Ph: +65-64819182-96862550,6Eu
Tong Sen Street 04-68
--------------
[Vietnam - Ho Chi Minh]
Ben Taat Alias
2nd floor, unit 224, 37
Ton Duc Thang District 1,
Ho Chi Minh Viet Nam
Ph : +84-8-8230096
Fx : +84-8-8230094
--------------
[Jakarta]
Muh Rivai dan Dewi Nuraini,SP
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang Pasar Minggu
Jakarta Selatan
PH:+62-21-78838189.
--------------
[Bogor]
Harry Bambang,Ir,MSc
JL Arzimar I/16-B
Bantar Jati
Bogor Utara 16152,
Jawa Barat,Indonesia.
Ph: 0251-328575.
--------------
[Surabaya]
Dang Yudi, Ir.
PT. CVSK Pwk Surabaya
Jl. Ketintang Permai AD-9
Surabaya 60232, Jawa Timur
Ph: 031-60564705.
--------------
[Yogyakarta]
Totok Maryadi,Drs, MT
Jl Pura 189 Sorowajan
Yogyakarta-55198
Telp:+62-274-488104.
--------------
[Head Office; PT .CV. Sinar Kencana]
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP. +62 81572527115.
--------------
[Demak]
Bening Dwiono
Jl. Grya Bhakti
Praja K 14 Mangunjiwan
Demak-59515T.
PH:+62-291-681818.
--------------
[Surabaya]
PT. CVSK Perw.Surabaya
H.M.Moh. Saleh
Jl. Jakarta No 27 Tanjung Perak
Surabaya
Jawa Timur
Ph: 62-31-3550748
--------------
[Kalimantan Selatan]
Ny. Gantini Sudiatna
PT. CVSK Pwk Kalsel
Jl. Virgo Raya No 16
Perum Cahaya Bintang
Sei Besar-Banjarbaru
Kalimantan Selatan
Ph: 0511-4774629
--------------
[Sulawesi Selatan]
PT.Cipta Visi Sinar Kencana
Demplot Sulawesi Selatan
Indonesia Timur
Faristiwan Bohari
Komp Pepabri Blok D3/10
Sudiang Permai
Makassar, Indonesia
Ph;+62-411-2686031
Hp;+62-85215497331(HAH)
--------------
[Bali]
I Nyoman Rudi Arthana
Jl. Sudirman
Komp. Sudirman Agung
Blok F No 3A
Denpasar Bali
+62-811394614
--------------
[Bandung]
Mohamad Bijaksana
Greeneration Indonesia
Jl. Kanayakan D-35
BANDUNG-40135
Ph : 022-2500189
Fx : 022-2500189
--------------
[Riau]
Sartani
Jl. Suka Karya Simpang
Kualu Panam
Pekanbaru 30151
--------------
[Kalimantan Barat]
Anton Kamarudin
PT. CVSK Pwk. Kalbar
Jl. Martadinata Gg Kecambah No.1
T. +62-81511985456
Pontianak-78115
Kalimantan Barat
--------------
[Sumatera Utara]
Binur Hasibuan
Jl Kampung Baru
Perumahan Wira Asri
Blok II No 7 Rantau Prapat
Labuan Batu
Sumatera Utara 21411
Hp: 081376175864
Ph: 0624-22065
Sumatera Barat
--------------
[Sumatera Barat]
PT. CVSK Pwk Sumbar
Armus Arifin
Jl Gajah Mada No 2
Simpang Tinju-Padang
Sumbar-25143
Ph: 0751-41353
--------------
[Batam]
Dwi Nurul
PT. CVSK Pwk Batam
Shanggrila Garden
Blok A1/64,
Sekupang Batam
Kepulauan Riau-29400
--------------
[Sumatera Selatan]
Leman
PT. CVSK Sumsel
Jl. Toman 7 No.9
Perum Sako
Palembang-30151
Sumatera Selatan
T. 081373871268-81273919583
--------------
[Pekanbaru]
Yahya Subhan, SE, H
PT. CVSK PWK RIAU
Jl Hasanudin No 17 A Rengat
Pekanbaru,+62-81268338415
HP +62-81572527115
--------------
[Jakarta Selatan]
Dewi Nuraini, SP
PT.Permata Makmur Sejahtera
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
+62-21-78838189
--------------
[Jakarta Selatan]
Nengah Sukerja, IR
Jl. Raya Lenteng Agung
Timur Baru No.18
Jagakarsa
Jakarta Selatan
Ph; +62-21-78888673-98925989
--------------
[Sumatera Utara]
M. Sirait
Jl. Puskesmas Ds.Sei Piring
Kec. Pulau Rakyat
Asahan
Sumatera Utara
T. +62-623-355271
--------------
[Bandar Lampung]
Hayat Sulaiman,IR,MM
Jl. Slamet Riyadi No.5
Bandar Lampung
T. +62-21- 8464810
--------------
[Bandung]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Sonson Garsoni, Ir.
Jl. Pungkur No 115,
BANDUNG-40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP +62-81572527115
--------------
Binaan Posko Hijau
[Gerakan Indonesia Hijau Foundation]
LM3 Model GMIM Nafiri Manado
[Erisman Panjaitan,SE]
Sulawesi Utara
--------------
LM3 Model Ponpes Al-Izzah
[Drs.Ery Supardi]
Balikpapan-Kalimantan Timur
--------------
LM3 Ponpes Asy-Syifa
[H.Cholik H.Senen, ST]
Musi Banyuasin Sumatera Selatan
--------------
Mitra NGO
Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan
Kerjasama Antardaerah [Lekad]
Jl. Empu Sendok No.21
Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
--------------
[Kalimantan Timur]
H.Andi Abdul Azis
Jl. Inpres III No.31a/20 RT.15
Balikpapan
HP. +6285246619489
HP. +6281348414127
--------------------
[Jakarta Selatan]
H. Asrul Hoesein
Jl. H.Muhi VIIIB RT 07 RW 04 No. 14
Pondok Pinang
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan
HP. +6281287783331
HP. +628119772131
--------------------
[Jakarta Pusat]
PT. Xaviera Global Synergy
Wilda Yanti
HP:081314246402, Wilda
HP: 08119772131, Asrul
Artha Graha Building, 6th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.52-53
Jakarta 12190
--------------------
WebDesain & Webmaster:
Asrul Program Communication
Golden Centrum Building
JL. Majapahit Blok UV
HP: 08119772131
081287783331
Jakarta-10160
Indonesia
--------------------
Green Indonesia Foundation
NusaLoka - Sektor 14.4
JL. Flores I
Blok L7/8 BSD
Telp/Fax : 021-5378672
Kota Tangerang Selatan-15321
HP: 08119772131
081287783331
08119111131
Indonesia
--------------------

Social Entrepreneur Visitor'S

Social Entrepreneurs VISITOR
Check Google Page Rank
Rek.PP; 1363-1135-4919-6502-3777[HAH]
Ziddu AC; 2009-07-30[HAH]
NPWP;16.214.559.3-801.000[HAH]
Passport;A3129426[HAH]
CIMB Niaga; A/C; 0170118206183 [AH]
BMMD;A/C:1520008773331[HAH]
IDCard/KTP; 737111-070462-0004[AH]
AmazonID _trashandentre-20[HAH]
Review http://asrulhoesein.blogspot.com on alexa.com Locations of visitors to this page

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP