DiaryAsrul. Diberdayakan oleh Blogger.
Asrul Hoesein Diary - Indonesia Go Organik - Indonesia Clean and Green - Stop Global Warming - PT. Cipta Visi Sinar Kencana [Posko Hijau] sebagai perusahaan Formulator dan Prinsipal - Jejaring Usaha Pupuk dan Pemupukan "Berbasis Organik" dalam dan luar negeri - Bakteri Pengurai Limbah Organik [Aktivator GreenPhoskko-GP1] - Penggembur Bulking Agent ^ Mineral Penghilang Bau Limbah Organik [GP2] - Posko Hijau Memberi Pelatihan ^ Presentasi ^ Pendampingan TataKelola Sampah kepada Pemerintah ^ Perusahaan [Program CSR] ^ Kelompok Tani [HKTI-LM3-P4S-Feati] ^ Kelompok Usaha [Kadin-HIPMI-HIPPI-Asosiasi] ^ Design TPA sesuai SNI Konsep Kelola Sampah dengan Optimalisasi Fungsi TPS [Sentralisasi Desentralisasi-Basis Komunal] dan - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 2000L] - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 1000L] - Mesin Olah Sampah Organik (RKM 1000L) - Komposter Biophosko® [Hand Rotary] - Komposter Biophosko® Compost Bin [S-60L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [M-80L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [L-120L] - Barel Kompos Biophosko® BK 200 L - Komposter Elektrik Biophoskko® (KE 100L) - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Flexible Formula - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Lada [Fertilizer For Pepper] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Tanaman Buah Dalam Pot [Tabulampot] - Pupuk Gramafix® Padi [Fertilizer for Rice Paddy] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Mente [Fertilizer for Cashew] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Jagung [Corn Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sawit [Palm Oil Tree Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Karet [Fertilizer for Rubber Tree] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Formula Spesifik Tanaman Hias - Pupuk Gramafix Formula Tebu [Sugarcane Crops Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Biji [Peas & Beans Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Cengkeh [Clove Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Daun [Leafy Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kopi [Coffee Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Umbi [Fertilizer for Root Crops] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kacang [Fertilizer For Legum]Pupuk Organik Kompos GreenPhoskko® PadatPupuk Organik Gramafert® CairPupuk Organik Granul - Alat Uji Unsur Pupuk [Digital NPK Tester] - Pendampingan Usaha Agribisnis dan Agrowisata serta Perkebunan Nasional^BUMN.

Kamis, 21 April 2011

Makalah Mesin Industri


Suku Cadang Mesin Industri
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Penulisan Karya Tulis ini ibuat sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujian akhir Nasional (UAN). Semua isi pembahasan yang ada di dalam karya tulis ini berasal dari pengumpulan informasi-informasi yang terpelajari di dunia industri, informasi-informasi didapat dari kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang diwajibkan untuk semua siswa mengikuti program PSG tersebut. Di dalam PSG di Industri siswa harus cermat apa yang akan dikerjakannya, Siswa harus mempunyai inisiatif untuk mengumpulkan informasi ketika sedang beraktivitas dalam bekerja. Siswa diharuskan dapat menguasai pekerjaan-pekerjaan mereka di Industri. Dengan begitu siswa mendapatkan informasi-informasi yang berguna untuk siswa itu sendiri. Dari informasi itulah penulis (siswa) dapat membuat tugas Karya Tulis ini dengan baik.B. Tujuan
Dengan adanya tugas penulisan karya tulis ini, penulis dan guru pembimbing mempunyai tujuan-tujuan yang mereka harapkan. Tujuan-tujuan tersebut adalah :
1. Untuk membagi pengetahuan bekerja di dalam dunia industri.
2. Memberikan petunjuk-petunjuk tentang cara bekerja mesin-mesin yang ada di industri.
3. Memberikan pengetahuan tentang macam-macam mesin dan suku cadang yang digunakan untuk memperbaiki mesin yang rusak.
4. Mengembangkan inisiatif dan kreatifitas kepada pihak-pihak pembaca dalam melakukan pekerjaan industri.
5. Mengajari apa saja yang harus dilakukan ketika bekerja di dalam pabrik/industri.
6. Membentuk sikap, mental dan pengetahuan bagi penulis dan pihak-pihak pembaca.
7. Memberikan bayangan tentang dunia industri.

C. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah didalam membahas dan memahami karya tulis ini penulis mengadakan penggolongan secara garis besar sesuai dengan urutan-urutan yang akan dibahas. Karya tulis ini dibagi menjadi 4 Bab :

BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini merupakan bab pertama yang disajikan mengenai latar belakang penulisan karya tulis ini.
BAB II TEORI-TEORI TENTANG MESIN DASAR SAMPAI MESIN-MESIN CANGGIH YANG DIGUNAKAN DI INDUSTRI.
Dalam Bab ini penulis akan memberikan teori-teori yang didapat dari buku-buku yang mempelajari tentang mesin.
BAB III TINJAUAN
Dalam bab ini penulis akan memberikan gambaran tentang sejarah singkat pengumpulan informasi-informasi di industri.
BAB IV PENUTUP
Dalam bab ini penulis mencoba memberikan kesimpulan dari bab-bab terdahulu, juga memberi saran-saran yang bermanfaat.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengenalan Mesin-Mesin Industri
Disekolah mungkin kita sudah melihat berbagai jenis perkakas yang tersedia. Mesin-mesin itu adalah mesin dasar untuk tingkat belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Contoh-contoh mesin tersebut adalah mesin bubut, mesin frais, mesin sekrap, pengelasan, dan lain-lain.

Dari mesin-mesin yang disebutkan di atas, mesin-mesin itu mempunyai kegunaan masing-masing, misalnya mesin bubut berguna untuk membuat benda menjadi tirus, ulir, membiat sudut dan banyak lagi kegunaannya.

Mesin Frais berguna untuk benda kerja menjadi gerigi, meratakan benda kerja, dan memotong benda kerja. Mesin Frais ini harus menggunakan hitungan dahulu sebelum menjalankannya. Berbeda dengan mesin Frais, mesin sekrap berguna untuk merubah benda kerja berbentuk bulat menjadi bentuk kotak/persegi.

Di sekolah juga kita diajarkan cara pengelasan yang baik. Pengelasan berguna sebagai alat penyambung antara benda kerja satu dengan benda kerja lainnya. Didalam pengelasan kita juga mengenal dengan keselamatan kerja agar terhindar dari kecelakaan saat kerja.

Di sekolah juga kita pernah mendengar tentang mesin dengan program computer Numerically Controled atau yang sering kita dengar dengan sbutan mesin CNC. Cara kerja mesin CNC berbeda dengan cara kerja mesin-mesin yang pernah kita pelajari.

Mesin CNC dikerjakan dengan membuat program terlebih dahulu di kertas lalu program tersebut dimasukkan ke dalam program komputer yang ada di mesin. Dikomputer tersebutlah kita memperhitungkan langkah-langkah bekerja, jika semua sudah di program, mesin tersebut akan bekerja dengan otomatis sesuai dengan program yang telah dimasukkan.

Didalam dunia industri, mungkin kita akan melihat mesin CNC. Di Industri, kebanyakan mereka memakai mesin CNC yang telah diprogram untuk membuat benda kerja. Mesin CNC di industri banyak memakai yang sudah modern/canggih.

Setiap mesin CNC di Industri berbeda-beda fungsi dan kegunaannya. Setiap mesin CNC telah diprogram permanen, pemrograman mesin satu dengan mesin lainnya berbeda-beda, semua itu dikarenakan pekerjaan di industri sangat banyak dan harus mencapai target.

Banyak industri yang menggunakan mesin-mesin CNC dan tidak hanya mesin CNC, mesin-mesin yang lainnya juga ada di dunia industri. Mesin-mesin tersebut mempunyai spare part/komponen-komponen yang sangat penting dan juga sulit untuk didapat.

Biasanya setiap industri mempunyai persediaan-persediaan komponen tersebut. Hal ini terjadi karena, bila ada mesin yang rusak bisa dapat cepat diperbaiki dan tidak menghambat pekerjaan yang sangat banyak dan telah ditargetkan dari semula.

Di dunia industri ada orang-orang yang dipekerjakan khusus untuk memperbaiki mesin-mesin yang rusak tersebut. Mereka telah mempelajari dan mengetahui segala hal yang menyebabkan mesin rusak. Maka dari itu pekerjaan mereka sangat penting bagi industri karena jika mereka tidak ada industri akan mengalami kerugian besar karena waktu yang telah terbuang.

Orang-orang tersebut bekerja di bagian maintenance. Maintenance sangat berhubungan dengan tempat-tempat spare part, karena di tempat itulah maintenance dapat mencari komponen-komponen yang diperlukan untuk memperbaiki mesin-mesin yang rusak. Tempat spare part adalah tempat dimana komponen-komponen yang diperlukan industri.

BAB III
TINJAUAN

Suku Cadang yang dipakai Mesin di Industri.
Di Industri, banyak yang menggunakan mesin-mesin canggih. Meskipun mesin-mesin di industri sangat modern dan canggih tapi bukan berarti mesin ini tidak bisa rusak. Kerusakan mesin bisa disebabkan oleh berbagai macam kerusakan komponen-komponen yang ada di dalam mesin tersebut.

Industri sangat menghargai waktu, mereka tidak ingin rugi dikarenakan waktu yang terbuang oleh mesin yang rusak. Oleh sebab itu, industri mempekerjakan orang yang khusus di bagian perbaikan mesin dan industri juga menyediakan tempat khusus untuk menyimpan suku cadang mesin, agar mudah untuk mencari dan tidak membuang-buang waktu.

Komponen-komponen suku cadang ini mempunyai banyak macam rupa dan ukuranpun berbeda-beda, dari yang kecil sampai yang besar sekalipun. Barang-barang ini tidak bisa dianggap remeh, meskipun ukurannya ada yang kecil tetapi harga barang tersebut sangat mahal dan susah untuk mendapatkannya, oleh sebab itu industri menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya.

Dari semua komponen/suku cadang yang ada di industri, hanya ada beberapa yang rutin dipakai mesin ketika sedang mengalami kerusakan. Komponen-komponen tersebut dibagi dalam beberapa kelompok seperti Mekanik, Hidrolik, Elektrik, Pneumatik dan Plant Servis, dari kelompok tersebut akan dibahas komponen-komponen yang terdapat dalam kelompok tersebut.

A. Mekanik
1. Bearing (Klaher)
Bearing atau yang biasa kita sebut dalam perbengkelan klaher, sudah sangat akrab dengan kehidupan kita. Bearing dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja di roda-roda motor, sepeda dan mobil. Bearing bisa juga jumpai di dalam pompa-pompa air. Benda ini juga mudah untuk didapatkan dan harganyapun tidak begitu mahal.

Bearing mempunyai berbagai ukuran, tergantung ingin memakai ukuran berapa untuk memakainya. Ukuran bearing ada kecil hingga ukuran yang sangat besar. Benda ini terbuat dari besi dan terdapat bola-bola yang berukuran kecil didalam besi tersebut. Benda ini sangat sering dipakai di industri karena benda ini sering mengalami kerusakan/berkarat. Bearing harus selalu bersih (tidak berkarat) agar putaran bearing sempurna, tidak macet.

Fungsi dari bearing itu sendiri adalah sebagai alat putar di tuas-tuas mesin atau di As-as roda motor, sepeda, motor, bahkan mesin sekalipun. Bearing berguna untuk melancarkan putaran-putaran tuas atau As, jika bearing ini mengalami kerusakan (berkarat) maka putaran tuas/As tidak bekerja dengan baik, putaran itu akan tersendat-sendat (macet).

Benda ini sangat penting didunia industri maupun dikehidupan sehari-hari. Di industri bearing dikelompokkan dalam kelompok mekanik. Bearing adalah barang yang sering digunakan di dalam kelompoknya. Di industri bearing mempunyai banyak ukuran-ukuran yang berda sesuai jenis mesin yang digunaka. Ada juga bearing yang tidak terdapat di Indonesia, maka dari itu industri mengimpor barang tersebut dari luar negeri dan harganyapun tentu saja mahal.

2. Ball Screw
Benda ini juga termasuk benda dalam kelompok mekanik. Benda ini sangat berbeda dari benda-benda lainnya dan penempatan benda ini juga khusus. Benda ini sangat berharga bagi industri Ball Screw adalah benda yang susah didapat dan harganya pun sangat mahal. Kebanyak industri langsung mengimportnya dari negara-negara penghasil seperti : Jepang, Jerman, dan Swedia.

Ball screw sangat mempunyai peranan penting di mesin-mesin yang ada di industri. Ball Screw mempunyai fungsi sebagai penggerak mesin agar mesin tersebut dapat berjalan. Pemakaian ball screw ini sangat hati-hati dikarenakan harganya yang mahal. Ball screw mempunyai beberapa ukuran, ada yang bentuknya panjang dan juga ada yang pendek bahkan ulirnya pun berbeda-beda.

Ball screw adalah barang yang “istimewa” karena “istimewa” itu jika ball screw ingin digunakan oleh orang maintenance karena ada mesin yang rusak harus melalui beberapa tahap. Di industri kita mengenal kepala seksi/Secthead dan juga nomor registrasi pegawai (NRP). Bahkan mesin-mesin di industri juga mempunyai nomor urut masing-masing.

Tahap-tahap pengambilan/penggunaan Ball screw yaitu: maintenace harus mempunyai izin dari Kepala Seksi bagian Maintenace, lalu izin itu diteruskan ke bagian Kepala Seksi Warehouse (penjaga barang suku cadang di industri) dan sebelum itu semua orang maintenance harus melaporkan penggunaan ball screw untuk digunakan di mesin nomor berapa. Jika semua tahap dilakukan ball screw dapat digunakan.

B. Hidrolik
1. Oil Seal
Benda ini terbuat dari karet. Benda ini berbentuk bulat dan mempunyai sisi berbentuk kotak, oil seal mayoritas mempunyai warna hitam. Mungkin benda ini sudah tidak asing bagi kita yang sering mengunjungi bengkel-bengkel motor/mobil. Oil seal mempunyai bentuk yang kecil, meskipun begitu tetapi oil seal mempunyai berbagai ukuran.

Ukuran-ukuran oil seal ada berbagai macam dari yang berukuran 12 mm (diameternya) sampai berukuran 70 mm. Oil seal juga ada yang mempunyai perbedaan contohnya saja oil seal murni yaitu oil seal yang berbentuk dari karet semua bagiannya, sedangkan oil seal N.O.K. yaitu oil seal yang terbentuk dari karet dan didalam karet tersebut ditambahkan besi bulat, jadi besi tersebut terbungkus oleh karet.

Di industri, oil seal tergabung dalam kelompok hidrolik. Di industri tempat penyimpanan suku cadang dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, kelompok tersebut adalah Mekanik, Hidrolik, Elektrik, Pneumatik, dan Plant Servis. Terlepas dari itu semua meskipun oil seal mempunyai bentuk yang tidak begitu besar tetapi benda ini sangat penting karena banyak dipakai oleh maintenance untuk membetulkan mesin.

Oil seal ini banyak dipakai di pompa-pompa hidrolik. Oil seal berfungsi sebagai penahan udara yang timbul akibat bagian input mesin yang bekerja lalu dialirkan ke pompa hidrolik yang dilanjutkan dengan bagian-bagian mesin selanjutnya. Jika oil seal haus/rusak maka kerja mesin terlihat tidak stabil dan hasil kerja tidak begitu memuaskan.

2. O-Ring
Benda ini tidak begitu jauh berbeda dengan benda pertama yang kita bahas dahulu. Benda ini mempunyai bentuk bulat seperti gelang-gelang yang sering kita lihat dan benda ini mempunyai warna hitam. O-ring ini juga dapat kita jumpai di bengkel-bengkel motor/mobil. Sama seperti oil seal, o-ring juga mempunyai berbagai macam ukuran.

O-ring mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ukuruan o-ring dimulai dari 3 mm (diameternya) sampai ukuran yang paling besar 130,5 mm. O-ring ini juga terbagi dua yaitu o-ring G yaitu huruf G itu yang mempunyai arti diameter luarnya tebal sedangkan o-ring P yaitu huruf P itu yang mepunyai arti diameter luarnya tipis/tidak begitu tebal. O-ring ini dipakai sesuai ukuran yang ingin dipakai.

O-ring termasuk dalam kelompok hidrolik. O-ring mempunyai kegunaan sebagai karet penutup di pompa-pompa hidrolik. Kebanyakkan di mesin-mesin o-ring rusak dikarenakan kepanasan/kehausan, jadi o-ring tersebut menjadi putus. O-ring adalah benda yang elastis, dan sangat penting bagi mesin industri.

3. Hidrolik Hose
Hidrolik Hose mempunyai bentuk seperti selang. Benda ini mempunyai berbagai macam ukuran ada yang tebal, tipis, panjang dan juga pendek. Benda ini berfungsi untuk mengalirkan angin dari bagian mesin satu ke bagian mesin yang lainnya. Benda ini sangat mahal harganya dan benda tersebut tidak cukup sering digunakan karena bahan benda tersebut sangat kuat. Hidrolik hose ini juga termasuk kelompok hidrolik.

4. Solenoid Valve
Solenoid valve mempunyai bentuk hampir sama dengan pompa hidrolik. Benda ini terbuat dari besi dan benda ini sangat berat. Di industri solenoid valve jarang digunakan dikarenakan benda tersebut tahan lama dan juga harganya mahal. Benda ini juga mempunyai beberapa bagian yang sangat penting seperti oil seal, o-ring, fittimg angin, dan mekanik seal.

Solenoid valve mempunyai fungsi sebagai pompa angin untuk mengalirkan angin ke bagian-bagian selanjutnya. Solenoid valve juga termasuk kelompok hidrolik. Kebanyakkan orang-orang maintenance tidak menggunakan solenoid valve secara utuh tetapi hanya menggunakan beberapa bagian-bagian yang terdapat di dalam solenoid valve, dan itu akan sangat merugikan industri karena barang yang semestinya ada menjadi tidak ada.

C. Elektrik
1. Magnetic Contactor
Magnetic contactor adalah benda kelistrikan. Benda ini termasuk dalam kelompok elektrik. Benda ini bagian sangat penting di mesin. Benda ini mepunyai berbagai macam daya listrik dan juga bentuk. Bentuk benda ini seperti sikring yang ada di rumah-rumah masyarakat. Benda ini mempunyai pasangan yang dinamakan Thermal. Thermal mempunyai macam-macam daya listrik, sesuai yang dipakai untuk menggunakan magnetic contactor.

Fungsi magnetic contactor itu sendiri berguna untuk sebagai catu daya dalam mesin yang menggerakkan komponen-komponen lainnya di dalam mesin. Sedangkan pasangannya thermal mempunyai fungsi untuk menyatukan atau penahan daya yang dikeluarkan oleh magnetic contactor tersebut. Jika thermal tersebut tidak ada maka magnetic contactor tidak akan berfungsi dengan baik. Magnetic contactor ini sangat sering digunakan oleh maintenance untuk memperbaiki mesin-mesin.

2. Fuse
Benda ini mempunyai bentuk yang sangat kecil. Fuse termasuk benda kelistrikan dan fuse termasuk dalam kelompok elektrik. Benda ini mempunyai berbagai bentuk dan mempunyai berbagai daya listrik. Fuse ini sangat sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, contohnya saja : dibagian dekat lampu motor/mobil dan bisa juga dijumpai di dalam ampere motor.

Di industri, fuse banyak macamnya seperti : fuse yang digunakan untuk mesin, fuse yang digunakan forklif (mobil pengangkut barang-barang berat), dan fuse juga ada yang digunakan untuk bagian kelistrikan di industri. Fuse dapat dibedakan dari besar kecilnya ampre yang dimiliki, untuk fuse yang mepunyai ampere besar biasanya digunakan untuk mesin-mesi, sedangkan yang ampere kecil digunakan untuk bagian kelistrikan.

Fuse dalam kehidupan kita sehari-hari berfungsi sebagai benda penghantar listrik. Benda ini dapat mengahntarkan listrik jika disambungkan dengan kutub negatif dan kutub positif yang ada di bagian kabel listrik. Fuse ini sangat penting bagi kehidupan kita di saat bekerja maupun dikehidupan yang kita jalani sehari-hari.

Di industri, fuse biasanya jarang sekali untuk digunakan, meskipun harganya tidak begitu mahal tetapi stock di industri selalu saja kosong/habis. Bagian maintenance biasanya menggunakan fuse untuk bagian-bagian kelistrikan, dan relatif menggunakan fuse yang ber-ampere kecil, meskipun begitu tetap saja fuse menjadi bagian penting dalam dunia perindustrian.

3. Fush Button
Benda ini mempunyai bentuk tombol. Benda ini selruhnya terbuat dari bahan plastik. Fush Button termasuk ke dalam kelompok elektrik dikarenakan berhubungan kelistrikan di bagian mesin. Fush Button mempunyai cara kerja yang berbeda-beda sedangkan bentuk dari Fush Button itu sendiri relatif mempunyai bentuk yang sama. Fush Button dapat dibedakan dengan cara melihat warna dan cara pemakaiannya.

Fungsi dari Fush Button sebagai alat (tombol) start (untuk memulai pekerjaan). Alat ini sangat berpengaruh di mesin-mesin induatri. Jika benda ini rusak dan tidak ada penggantinya maka produksi dari mesin rusak tersebut tidak akan berjalan. Maka dari itu di industri selalu menyediakan stock untuk Fush Button. Kebanyakan orang maintenance tidak menggunakan semua bagian Fush Button melainkan hanya menggunakan beberapa bagian dari Fush Button tersebut.

4. Scoon
Scoon adalah benda yang termasuk dalam kelompok elektrik, dikarenakan scoon ini sangat berhubungan dengan kabel-kabel. Bentuk sangat kecil, benda ini mepunyai ukuran paling kecil diantara suku cadang yang ada di industri. Scoon mempunyai beberapa ukuran, tergantung kabel yang dipakai. Scoon mempunyai ukuran yang paling besar 10x70 mm.

Scoon mempunyai fungsi sebagai penghubung antara kabel dan bagian-bagian mesin yang lainnya. Scoon ini sangat berperan penting karena kalau scoon ini tidak ada maka kabel yang akan disambungkan kebagian lain akan mengalami korsleting (terbakar). Scoon sangat sering digunakan oleh orang-orang maintenance. Benda ini dapat kita temui di toko-toko peralatan kelistrikan dan harganya pun tidak terlalu mahal (terjangkau).

D. Pneumatik
1. Fitting Angin
Mungkin kita pernah mendengar nama fitting. Fitting yang sering kita dengar adalah fitting untuk kelistrikan. Di bagian ini kita tidak membahas fitting listrik melainkan fitting angin yang akan kita bahas. Fitting angin termasuk dalam kelompok Penumatik. Kelompok pneumatik adalah benda-benda yang berhubungan dengan tekanan angin.

Fitting angin mempunyai banyak bentuk, ukuran, nama yang berbeda dalam kelompok fitting angin. Bentuk fiiting angin ada yang berbentuk huruf (L) dan juga ada yang berbentuk huruf (T). Di industri, fitting angin tidak begitu sering digunakan meskipun harganya tidak begitu mahal. Mungkin dalam sebulan pengambilan/penggunaan fitting angin ini tidak lebih dari 10 buah.

Fungsi dari fitting angin ini adalah untuk mengatur tekanan udara/angin yang keluar melalui selang angin. Fitting angin ini dipakai diselang-selang angin. Fitting angin yang digunakan pun harus sesuai dengan ukuran selang angin yang sedang digunakan.

2. Coupler
Benda ini mungkin tidak asing lagi bagi kita yang sering datang ke tempat pengisian angin pada ban motor dan mobil yang sedang kempes atau ke tempat tukang cat spray (semprot). Memang benda ini sering digunakan di tempat-tempat seperti itu. Di industri-industri juga menggunakan benda ini, bahkan benda ini sangat diperlukan dalam tahapan-tahapan produksi. Benda ini juga termasuk dalam kelompok pneumatik, karena coupler sangat berhubungan dengan angin.

Coupler mempunyai banyak bentuk dan ukuran. Penggunaan coupler ini harus sepasang, coupler ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu coupler “cewek” atau bahasa dunia industri coupler PH dan coupler “cowok” atau bahasa industrinya coupler SH. Coupler ini harus sepasang jika ingin digunakan, jika salah satu coupler tidak ada maka coupler tersebut tidak akan bekerja.

Fungsi dari coupler ini adalah untuk mengeluarkan angin yang telah dialirkan dari mesin compressor. Dan coupler ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa besi dari penyayatan benda kerja yang tidak disa dilakukan oleh tangan. Benda ini mungkin juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk menghilangkan kegerahan karena di industri hawanya sangat panas dan karyawannya pun sering menggunakannya untuk itu.

Bentuk coupler pun macam-macam, tetapi biarpun bentuknya bermacam-macam tetap saja coupler bekerja secara berpasangan. Benda ini selalu ada dalam stok penyediaan barang, coupler tidak pernah kosong stoknya dikarenakan banyak pegawai yang membutuhkan benda ini untuk dipakai dimesinnya. Maka dari itu industri selalu menyediakan barang ini karena barang ini sangat berguna.

E. Plant Servis
Barang-barang yang berada di dalam kelompok plant servis adalah barang-barang yang sering kita jumpai di dalam kehidupan rumah tangga. Tetapi di industri justru barang-barang plant servis yang sering/banyak digunakan oleh karyawan-karyawan di industri. Contoh-contoh barang plant servis : isolasi listrik, isolasi tahan panas, lampu, insulok, dan sebagainya. Kita akan membahas salah satu barang yang ada dalam kelompok plant servis.

1. Insulok
Mungkin kita tidak pernah mendengar nama insulok tetapi kita sering melihat benda ini. Insulok disebut juga sebagai tali pengikat. Tali pengikat ini sangat kuat dan berbeda dengan tali-tali biasanya. Di industri kita menyebut tali pengikat ini dengan sebutan insulok. Benda ini sangat berguna di dunia industri dan harganyapun sangat terjangkau.

Di industri, insulok digunakan sebagai pengikat kabel-kabel yang berantakan di dalam mesin agar kabel tersebut bisa dikelompokkan dan terliaht rapih. Insulok ini terbai menjadi dua ukuran yaitu insulok T15 T-30L yaitu insulok yang panjangnya 30 cm dan insulok T15 T-50L yaitu insulok yang panjangnya 50 cm, sebenarnya insulok mempunyai banyak ukuran tetapi di industri hanya menggunakan dua ukuran yang telah disebutkan tadi.

Benda ini sangat sering digunakan oleh karyawan-karyawan di industri sehingga insulok adalah benda yang habisnya sangat cepat. Meskipun begitu industri selalu menstok insulok-insulok ini ketika sudah habis karena benda ini sangat dibutuhkan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang sejarah-sejarah suku cadang mesin yang ada di industri. Mungkin dengan penjelasan tadi kita dapat memetik ilmu pengetahuan. Sebenarnya mesin banyak lagi suku cadang lain yang belum dijelaskan tetapi karena tempat dan waktu yang kurang memungkinkan, terselesaikanlah sejarah singkat ini apa adanya dan yang mana akan berguna bagi kita semua.

BAB IV
PENUTUP

Sesuai akhir dari pada penyusunan karya tulis ini, maka berdasarkan pada bab-bab sebelumnya penulis akan mencoba menarik kesimpulan, dimana selanjutnya berdasarkan hasil kesimpulan tersebut penulis juga akan mencoba untuk memberikan saran-saran yang mungkin berguna bagi perusahaan sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang penulis miliki.

A. Kesimpulan
Dari bab-bab yang kita pelajarai tadi, kita dapat menyimpilkan bahwa :
1. Industri sangat menghargai waktu kerja.
2. Di industri mempunyai tempat suku cadang mesin tersendiri agar tidak memakan waktu yang banyak untuk memperbaiki mesin.
3. Komponen-komponen/suku cadang mesin mempunyai banyak ukuran, bentuk dan nama bahkan harga suku cadang tersebut bervariasi meskipun suku cadang tersebut berukuran kecil tetapi harganya cukup mahal.

B. Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut diatas, maka penulis menyarankan agar sekolah menyediakan sarana dan prasarana untuk mempelajari semua suku cadang yang ada di mesin, jadi sekolah tidak hanya mengajarkan pembuatan benda kerja saja. Dan untuk PT. FEDERAL IZUMI MFE, penulis menyarankan agar membantu siswa-siswa yang sedang PSK dengan memberikan pengetahuan tentang apa saja yang dikerjakan di dunia industri.

Topik Terkait [Related Post]



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Silakan CARI tulisan yang Anda inginkan DISINI
Loading
Sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa bersalawat ke padaku sekali salawat niscaya Allah SWT akan bersalawat ke atasnya sepuluh kali”.(HR Muslim) �¦???

Sponsored "S and E" BackLink'S

Social Entrepreneurs SPONSORed
surgawebindian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in kerala freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4uBUSANA MUSLIMseribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN TV INDONESIA FECEBLOG 4UI
japanese backlinksharelinknewsMajlis Link OtomatisFreewebsitepromotionAutoBacklinkGratisFree backlinksiaran linkFree Plugboard Teks TVlinkportalweb directorydirektori Indonesia

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! TopBlogIndonesia.com

Free Auto BacklinkFree Auto BacklinkI-Love-ObamaFree Plugboard Link Banner ButtonFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Automatic Backlink Service free instant backlink for blog and websiteTotal Entertainment Free Backlink Exchange For Seo Text Backlink ExchangesFreeBackLinksForYou Die Gute SaatBacklink-Gratisfree Backlinkkostenlose backlinksFree Automatic Link Free Promotion Link Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic plugboard zeitbanner Free Automatic LinkSubmit Free to ExactSeekPremium TrickFree Auto BacklinksView and compare your rankings in Google, Yahoo! and MSN all at once
Search Engine Marketing
Join My Community at MyBloglog!Active Search ResultsASRULFree BacklinksTeman Link Unlimited Backlink ExchangeFree Automatic LinkBacklink-Gratisiklan 2BillionTraffic Text Backlink ExchangesZero waste management and Indonesia green solution to stop global warmingBlog Tutorial Wordpress Blogger BlogspotFree Automatic Link Musik-Box BacklinksFree Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis Bandung Kota Kembang MellowYellowBadge healthylounge,healthy corner,healthy diet,diet food,nutrition,vitamins,suplement,medicine,fitness,weightloss,hairloss,be healthy,osteoporosis,pregnancy,breastfeeding,cooking-recipes,parenting,babies,desease,exercise,food,household,be healthy C-Backlink Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic
Free Auto BacklinkFree Auto Backlinks From Phanmemxuyenviet.com Rudy 364 Link Plugboard ManiaFree Automatic LinkFree Backlink Directorybacklink dich thuatFree Automatic LinkFree Automatic Link My Ping in TotalPing.com Free Automatic LinkFree Link ExchangeBacklink-GratisAdd URL Suggest Link Add URL Suggest LinkPageRank-Backlink ohne Anmeldung bei http://www.ursula1.de/webphpbacklinks for youKostenloser pagerank bei http://partner.krookle.euWelcome To Pinang HijauAuto Backlink | Free Auto Backlinks ExchangesPowered by BannerFans.com

Posko Hijau ^ PT.CVSK ^ NetWorking

POSKO HIJAU NETWORKING
DAFTAR KONTAK,PERWAKILAN^AGEN
PT CIPTA VISI SINAR KENCANA
DAN JEJARING POSKO HIJAU
--------------
[Head Office]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph:+62-22-4262235-4262253
Fx:+62-4214084
HP:+62-81572527115
--------------
[Malaysia]
Saiful Bahri Abdul Hadi
Konsortium Melayu
Selayang Berhad(KmsB)
No.25 Jalan 3 A/2 B,
Taman Desa Bakti,
Batu Caves
Darul Ehsan 68100,
Selangor-Malaysia
Ph:+60-122135515
Ph:+60-361207177,
Fax:+60-361377177
--------------
[Singapore]
Aileen Kwok
Ph: +65-64819182-96862550,6Eu
Tong Sen Street 04-68
--------------
[Vietnam - Ho Chi Minh]
Ben Taat Alias
2nd floor, unit 224, 37
Ton Duc Thang District 1,
Ho Chi Minh Viet Nam
Ph : +84-8-8230096
Fx : +84-8-8230094
--------------
[Jakarta]
Muh Rivai dan Dewi Nuraini,SP
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang Pasar Minggu
Jakarta Selatan
PH:+62-21-78838189.
--------------
[Bogor]
Harry Bambang,Ir,MSc
JL Arzimar I/16-B
Bantar Jati
Bogor Utara 16152,
Jawa Barat,Indonesia.
Ph: 0251-328575.
--------------
[Surabaya]
Dang Yudi, Ir.
PT. CVSK Pwk Surabaya
Jl. Ketintang Permai AD-9
Surabaya 60232, Jawa Timur
Ph: 031-60564705.
--------------
[Yogyakarta]
Totok Maryadi,Drs, MT
Jl Pura 189 Sorowajan
Yogyakarta-55198
Telp:+62-274-488104.
--------------
[Head Office; PT .CV. Sinar Kencana]
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP. +62 81572527115.
--------------
[Demak]
Bening Dwiono
Jl. Grya Bhakti
Praja K 14 Mangunjiwan
Demak-59515T.
PH:+62-291-681818.
--------------
[Surabaya]
PT. CVSK Perw.Surabaya
H.M.Moh. Saleh
Jl. Jakarta No 27 Tanjung Perak
Surabaya
Jawa Timur
Ph: 62-31-3550748
--------------
[Kalimantan Selatan]
Ny. Gantini Sudiatna
PT. CVSK Pwk Kalsel
Jl. Virgo Raya No 16
Perum Cahaya Bintang
Sei Besar-Banjarbaru
Kalimantan Selatan
Ph: 0511-4774629
--------------
[Sulawesi Selatan]
PT.Cipta Visi Sinar Kencana
Demplot Sulawesi Selatan
Indonesia Timur
Faristiwan Bohari
Komp Pepabri Blok D3/10
Sudiang Permai
Makassar, Indonesia
Ph;+62-411-2686031
Hp;+62-85215497331(HAH)
--------------
[Bali]
I Nyoman Rudi Arthana
Jl. Sudirman
Komp. Sudirman Agung
Blok F No 3A
Denpasar Bali
+62-811394614
--------------
[Bandung]
Mohamad Bijaksana
Greeneration Indonesia
Jl. Kanayakan D-35
BANDUNG-40135
Ph : 022-2500189
Fx : 022-2500189
--------------
[Riau]
Sartani
Jl. Suka Karya Simpang
Kualu Panam
Pekanbaru 30151
--------------
[Kalimantan Barat]
Anton Kamarudin
PT. CVSK Pwk. Kalbar
Jl. Martadinata Gg Kecambah No.1
T. +62-81511985456
Pontianak-78115
Kalimantan Barat
--------------
[Sumatera Utara]
Binur Hasibuan
Jl Kampung Baru
Perumahan Wira Asri
Blok II No 7 Rantau Prapat
Labuan Batu
Sumatera Utara 21411
Hp: 081376175864
Ph: 0624-22065
Sumatera Barat
--------------
[Sumatera Barat]
PT. CVSK Pwk Sumbar
Armus Arifin
Jl Gajah Mada No 2
Simpang Tinju-Padang
Sumbar-25143
Ph: 0751-41353
--------------
[Batam]
Dwi Nurul
PT. CVSK Pwk Batam
Shanggrila Garden
Blok A1/64,
Sekupang Batam
Kepulauan Riau-29400
--------------
[Sumatera Selatan]
Leman
PT. CVSK Sumsel
Jl. Toman 7 No.9
Perum Sako
Palembang-30151
Sumatera Selatan
T. 081373871268-81273919583
--------------
[Pekanbaru]
Yahya Subhan, SE, H
PT. CVSK PWK RIAU
Jl Hasanudin No 17 A Rengat
Pekanbaru,+62-81268338415
HP +62-81572527115
--------------
[Jakarta Selatan]
Dewi Nuraini, SP
PT.Permata Makmur Sejahtera
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
+62-21-78838189
--------------
[Jakarta Selatan]
Nengah Sukerja, IR
Jl. Raya Lenteng Agung
Timur Baru No.18
Jagakarsa
Jakarta Selatan
Ph; +62-21-78888673-98925989
--------------
[Sumatera Utara]
M. Sirait
Jl. Puskesmas Ds.Sei Piring
Kec. Pulau Rakyat
Asahan
Sumatera Utara
T. +62-623-355271
--------------
[Bandar Lampung]
Hayat Sulaiman,IR,MM
Jl. Slamet Riyadi No.5
Bandar Lampung
T. +62-21- 8464810
--------------
[Bandung]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Sonson Garsoni, Ir.
Jl. Pungkur No 115,
BANDUNG-40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP +62-81572527115
--------------
Binaan Posko Hijau
[Gerakan Indonesia Hijau Foundation]
LM3 Model GMIM Nafiri Manado
[Erisman Panjaitan,SE]
Sulawesi Utara
--------------
LM3 Model Ponpes Al-Izzah
[Drs.Ery Supardi]
Balikpapan-Kalimantan Timur
--------------
LM3 Ponpes Asy-Syifa
[H.Cholik H.Senen, ST]
Musi Banyuasin Sumatera Selatan
--------------
Mitra NGO
Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan
Kerjasama Antardaerah [Lekad]
Jl. Empu Sendok No.21
Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
--------------
[Kalimantan Timur]
H.Andi Abdul Azis
Jl. Inpres III No.31a/20 RT.15
Balikpapan
HP. +6285246619489
HP. +6281348414127
--------------------
[Jakarta Selatan]
H. Asrul Hoesein
Jl. H.Muhi VIIIB RT 07 RW 04 No. 14
Pondok Pinang
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan
HP. +6281287783331
HP. +628119772131
--------------------
[Jakarta Pusat]
PT. Xaviera Global Synergy
Wilda Yanti
HP:081314246402, Wilda
HP: 08119772131, Asrul
Artha Graha Building, 6th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.52-53
Jakarta 12190
--------------------
WebDesain & Webmaster:
Asrul Program Communication
Golden Centrum Building
JL. Majapahit Blok UV
HP: 08119772131
081287783331
Jakarta-10160
Indonesia
--------------------
Green Indonesia Foundation
NusaLoka - Sektor 14.4
JL. Flores I
Blok L7/8 BSD
Telp/Fax : 021-5378672
Kota Tangerang Selatan-15321
HP: 08119772131
081287783331
08119111131
Indonesia
--------------------

Social Entrepreneur Visitor'S

Social Entrepreneurs VISITOR
Check Google Page Rank
Rek.PP; 1363-1135-4919-6502-3777[HAH]
Ziddu AC; 2009-07-30[HAH]
NPWP;16.214.559.3-801.000[HAH]
Passport;A3129426[HAH]
CIMB Niaga; A/C; 0170118206183 [AH]
BMMD;A/C:1520008773331[HAH]
IDCard/KTP; 737111-070462-0004[AH]
AmazonID _trashandentre-20[HAH]
Review http://asrulhoesein.blogspot.com on alexa.com Locations of visitors to this page

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP