Kebiasaan Perusahaan Google
Google agak dikenal karena kebiasaan kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepadamusim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja. Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti,
Google agak dikenal karena kebiasaan kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepadamusim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja. Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti,
"Anda
dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda dapat bekerja
serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya menantang dan
tantangan itu harusnya menyenangkan." Sebuah daftar lengkap fundamental
perusahaan tersedia di website-nya. Budaya bekerja santai Google dapat
dilihat dari logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari penting.
Google
telah dikritik karena melakukan penggajian di bawah standar industri.
Contohnya, beberapa administrator sistem digaji kurang dari $35.000 per
tahun – dianggap kurang untuk pasaran kerja Bay Area. Bagaimanapun, performa saham
Google setelah IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi ganti
rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan. Google
mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti
Google Founders' Award, dengan tambahan untuk memberikan gaji besar
kepada karyawan baru. Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan
penghargaan terhadap merek kuatnya juga telah menarik banyak pelamar
kerja yang berpotensi.
Setelah IPO pada
Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri Sergey Brin dan Larry Page, dan
CEO Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong menjadi $1.
Penawaran yang akan datang oleh perusahaan untuk meningkatkan gaji
mereka telah dibatalkan, terutama karena, "ganti rugi utama mereka akan
datang dari pengembalian kepemilikan saham di Google. Sebagai pemegang
saham signifikan, kekayaan masing-masing dikaitkan secara langsung untuk
menyeimbangkan performa dan apresiasi harga saham, yang menyediakan
persilangan langsung dengan ketertarikan pemegang saham." Tahun 2004,
Schmidt digaji $250.000 per tahun, dan Page dan Brin masing-masing
digasji $150.000.
Mereka semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi oleh dewan direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika
Serikat tahun 2007, Forbesmelaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page
menempati urutan #5 dengan kekayaan $18,5 milyar masing-masing.
"Dua puluh persen" waktu
Semua
pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka (sehari per minggu)
pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan baru Google, seperti
Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari para pengembang
independen ini. Dalam pembicaraan di Universitas Stanford, Marissa
Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian dan Kepuasan
Pengguna, menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa setengah dari
produk baru yang diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.
Google
memiliki sebuah tradisi untuk membuat lawakan Hari April Mop —
seperti Google MentalPlex, yang memiliki fitur penggunaan kekuatan
mental untuk mencari web. Tahun 2002, mereka mengklaim bahwa merpati
merupakan rahasiaGoogle Lunar (yang diklaim untuk menghasilkan lowongan
pekerjaan di bulan), dan tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang
otak, bernama Google Gulp diluncurkan. Tahun 2006, mereka datang
denganGoogle Romance, sebuah layanan kencan online. Tahun 2007, Google
mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet
nirkabel gratis disebut TiSP(Toilet Internet Service Provider) dimana
seseorang memperoleh koneksi dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke
toilet mereka dan menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware
Dispatcher (PHD)" untuk menghubungkannya dengan Internet. Tambahannya,
halaman Gmail Google menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper, yang
membolehkan pengguna layanan email gratis mereka tersebut mendapat pesan
email-nya diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang dituju. di belakang mesin pencarinya yang berkembang itu. Tahun 2004, mereka meluncurkan
Beberapa
orang mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga
penggandaan ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada 2005)
bohong, meskipun keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun 2005,
sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan Google untuk penyimpanan
"tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan dalam homepage Gmail.
Layanan
Google berisi sejumlah telur Paskah; contohnya, halaman Peralatan
Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork" dari Koki
Swedia, "Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig Latin, Elmer Fudd, dan
Klingon. Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini
menyediakan Answer to Life, the Universe, and Everything dari The
Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams. Sementara kotak
pencarian Google dapat digunakan sebagai penukar satuan (juga sebagai
kalkulator), beberapa satuan non-standar juga dimasukkan, seperti Smoot.
Google juga secara rutin merubah logonya dengan berbagai variasi
liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti Natal, Hari Ibu, atau ulang tahun sejumlah orang terkenal.
Banyak
orang berspekulasi bahwa IPO Google dapat mempengaruhi budaya
perusahaan, karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan
karyawan dan jangka pendek, atau karena jumlah karyawan perusahaan yang
besar dapat menjadi milyuner mendadak. Salam sebuah laporan yang
diberikan kepada investor berpotensi, pendiri Sergey Brin dan Larry Page
berjanji bahwa IPO tersebut tidak akan merubah budaya perusahaan.
Kemudian Page berkata, "Kami berpikir mengenai bagaimana mempertahankan
budaya dan elemen menyenangkan kami. Kami membuang banyak waktu untuk
membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting untuk memiliki banyak
karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana. Kami semua
berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena terlihat
seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman
perkantoran pinggiran kota biasa."
Bagaimanapun,
beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google tumbuh, perusahaan
ini makin menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di The New York
Times dan sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan
anti-korporatnya, tanpa filosofi asal
Dengan
maksud untuk memepertahankan budaya unik perusahaan, Google telah
menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga melayani
sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture Officer
adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada jalan
yang benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya
— sebuah perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan yang
kolaboratif.
0 komentar :
Posting Komentar