JAKARTA, JCDnews - Persaingan web browser sepertinya
semakin panas. Tingkat pertumbuhan web browser milik Google, Chrome,
yang muncul pada pertengahan 2008 dilaporkan telah memukul mundur dua
browser populer lainnya, Internet Explorer (IE) dan Mozilla Firefox.
Dikutip dari Telegraph, Senin (11/10), jumlah pangsa pasar IE diketahui berkurang dan hanya tinggal 49,87 persen atau kurang dari 50 persen. Turun tajam setelah sebelumnya di tahun 2003 meraih 88 persen.
Tingkat pertumbuhan Chrome rupanya juga mempengaruhi Mozilla Firefox -browser desktop kedua yang paling populer-. Browser rubah api ini diketahui hanya memiliki 31,5 persen pangsa pasar sejak Mei tahun lalu.
Chrome sendiri memang memiliki pangsa pasar yang paling sedikit, yaitu sebanyak 11,54 persen. Namun, angka tersebut naik tajam setelah sebelumnya hanya 3,69 persen pada September tahun lalu.
Web browser memang peluang bisnis yang besar. Mozilla sendiri mengungkapkan bahwa perusahaannya pada tahun 2008 telah meraup keuntungan sebesar US$ 79 juta dari iklan ketika seseorang mengakses Google, Yahoo atau eBay.
Kerja sama penayangan iklan Mozilla dengan Google sendiri akan berakhir pada tahun 2011. Jadi tidak mengherankan bila Mozilla membuka peluang bisnis dengan menggandeng mitra iklan lainnya seperti Microsoft yang pekan lalu mengumumkan bahwa versi baru Firefox 4 nantinya akan mencakup pencarian melalui situs Bing miliknya. Jakartacitydirectory.com (Aps/Dtc)
Dikutip dari Telegraph, Senin (11/10), jumlah pangsa pasar IE diketahui berkurang dan hanya tinggal 49,87 persen atau kurang dari 50 persen. Turun tajam setelah sebelumnya di tahun 2003 meraih 88 persen.
Tingkat pertumbuhan Chrome rupanya juga mempengaruhi Mozilla Firefox -browser desktop kedua yang paling populer-. Browser rubah api ini diketahui hanya memiliki 31,5 persen pangsa pasar sejak Mei tahun lalu.
Chrome sendiri memang memiliki pangsa pasar yang paling sedikit, yaitu sebanyak 11,54 persen. Namun, angka tersebut naik tajam setelah sebelumnya hanya 3,69 persen pada September tahun lalu.
Web browser memang peluang bisnis yang besar. Mozilla sendiri mengungkapkan bahwa perusahaannya pada tahun 2008 telah meraup keuntungan sebesar US$ 79 juta dari iklan ketika seseorang mengakses Google, Yahoo atau eBay.
Kerja sama penayangan iklan Mozilla dengan Google sendiri akan berakhir pada tahun 2011. Jadi tidak mengherankan bila Mozilla membuka peluang bisnis dengan menggandeng mitra iklan lainnya seperti Microsoft yang pekan lalu mengumumkan bahwa versi baru Firefox 4 nantinya akan mencakup pencarian melalui situs Bing miliknya. Jakartacitydirectory.com (Aps/Dtc)
Penawaran Perdana
Penawaran umum perdana Google dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2004. 19.605.052 saham
ditawar dengan harga $98 per lembar. Dari itu, 14.142.135 (rujukan
matematika lainnya sebagai √2 ≈ 1,4142135) dilayangkan oleh Google dan
5.462.917 oleh pemegang saham yang menjual. Penjualan tersebut meningkat
$1,67 milyar, dan memberi Google kapitalisasi pasar lebih dari $23
milyar. Kebanyakan dari 271 juta lembar
saham
Google dikontrol oleh Google sendiri. Banyak karyawan Google
menjadi milyuner mendadak. Yahoo!, sebuah kompetitor Google, juga
mendapat untung dari IPO
tersebut karena perusahaan tersebut mendapat 8,4 juta lembar saham
Google pada 9 Agustus 2004, sepuluh hari sebelum IPO (penawaran umum
perdana).
Kemunculan
saham IPO Google sangat baik, dengan gelombang harga hingga $500 pada
2007, karena penjualan dan perolehan yang kuat di pasaran periklanan,
juga munculnya fitur baru seperti Google Desktop dan homepage pribadi.
Gelombang harga saham disediakan terutama oleh investor pribadi, berbeda dari investor institusi besar dan reksadana.
Perusahaan ini terdaftar di bursa saham NASDAQ dibawah simbol ticker GOOG.
Pertumbuhan
Sementara
pasaran utama perusahaan ini berada pada persaingan kandungan web,
Google telah memulai percobaan dengan pasaran lainnya seperti radio dan
penerbitan. Pada tanggal 17 Januari 2006, Google mengumumkan bahwa
mereka telah mengambil alih perusahaan periklanan radio dMarc, yang
menyediakan sebuah sistem otomatis yang membolehkan suatu perusahaan
beriklan di radio. Dengan ini, Google dapat menggabungkan dua media
periklanan niche—Internet dan radio—dengan kemampuan Google untuk
berfokus pada kepuasan konsumen. Google juga telah memulai sebuah
percobaan dalam penjualan iklan dari pengiklannya di terbitan majalah
dan suratkabar, dengan iklan pilihan di Chicago Sun-Times. Mereka telah
memenuhi ruang kosong di suratkabar tersebut yang telah digunakan untuk
iklan rumahan.
Google
dimasukkan dalam Indeks S&P 500 tanggal 30 Maret 2006. Google
menggantikan Burlington Resources, sebuah produsen minyak besar yang
berbasis di Houston yang diambil alih oleh ConocoPhillips.
Tanggal
2004, Google membentuk sebuah sayap filantropis nirlaba, Google.org,
memberikan dana awal sebesar $1 milyar. Misi organisasi tersebut adalah
untuk membantu dengan masalah seperti perubahan iklim (pemanasan
global), kesehatan global, dan kemiskinan global. Proyek pertamanya
adalah membuat sebuah kendaraan elektrik plug-in hibrida yang dapat
mencapai 100 mpg. Direktur organisasi ini adalah Dr. Larry Brilliant.
Sejak
2001, Google telah mengambil alih beberapa perusahaan muda kecil,
kebanyakan pada bidang tim dan barang-barang inovatif. Perusahaan yang
pertama kali dibeli Google adalah Pyra Labs. Mereka adalah pembuat
Blogger, sebuah platform weblog, pertama diluncurkan pada 1999.
Pengambilan alih ini menyebabkan berbagai fitur utama menjadi gratis.
Pyra Labs dibentuk oleh Evan Williams, sejak ia meninggalkan Google
tahun 2004.
Awal
2006, Google mengambil alih Upstartle, sebuah perusahaan yang
bertanggung jawab untuk prosesor kata online, Writely. Teknologi dalam
produk ini digunakan oleh Google untuk membuat Google Docs & Spreadsheets.
Bulan
Februari 2006, perusahaan perangkat lunak Adaptive Path menjual Measure
Map, sebuah aplikasi statistik weblog, kepada Google. Registrasi untuk
beroperasi tidak diizinkan untuk sementara. Pembaruan terakhir mengenai
masa depan Measure Map dijalankan tanggal 6 April 2006 dan mengeluarkan
berbagai masalah layanan ini.
Pada
tahun 2006, Google membeli situs video online YouTube senilai $1,65
milyar. Tidak lama, pada 31 Oktober 2006, Google mengumumkan bahwa
mereka juga telah mengambil alih JotSpot, sebuah pembuat teknologi wiki
untuk situs web sejenis.
Tanggal
13 April 2007, Google mencapai persetujuan untuk membeli DoubleClick.
Google setuju untuk membeli perusahaan tersebut senilai $3,1 milyar.
Pada
9 Juli 2007, Google mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani
sebuah persetujuan untuk membeli perusahaan keamanan e-mail Postini.
Pada
tahun 2005, Google membuat kerjasama dengan perusahaan dan agensi
pemerintah lainnya untuk menguatkan produksi dan layanannya. Google
mengumumkan sebuah kerjasama dengan NASA Ames Research Center untuk
membangun perkantoran seluas 93.000 m² dan bekerja pada proyek
penelitian yang melibatkan manajemen data skala-besar, nanoteknologi,
komputasi terdistribusi, dan industri luar angkasa. Google juga memasuki
sebuah kerjasama dengan Sun Microsystems bulan Oktober untuk membantu
berbagi dan menyebarkan setiap teknologi satu sama lain. Perusahaan ini
juga bekerjasama dengan Time Warner's AOL, untuk memperkuat layanan
pencarian video satu sama lain.
Juga
tahun 2005, perusahaan ini menjadi sebuah investor keuangan besar
bagi ranah internet tingkat atas .mobi untuk peralatan mobile, juga
dengan beberapa perusahaan lain, termasuk Microsoft, Nokia, Ericcson,
dan lainnya. Bulan September 2007, Google meluncurkan, "AdSense for
Mobile", sebuah layanan kepada mitra publikasinya yang memiliki
kemampuan untuk menguangkan website mobile mereka melalui penempatan
iklan teks mobile, dan mengambil alih situs jaringan komunitas
mobile, Zingku.mobi, untuk "menyediakan orang-orang di seluruh dunia
dengan hubungan langsung menuju aplikasi Google, dan mendapat informasi
yang mereka butuhkan , dari peralatan mobile mereka."
0 komentar :
Posting Komentar