Kini kita sudah tidak asing lagi
dengan istilah blog. Sejak perkembangan internet semakin pesat, blog
bertambah populer sebagai salah satu layanan website yang user friendly dan bisa dimanfaatkan untuk sekedar hiburan maupun tujuan serius seperti bisnis. Blog merupakan singkatan dari web log. Blog dalam buku Weblogs: A History and Perspective karangan Rebecca Blood didefinisikan sebagai sebuah situs informasi atau diskusi yang dipublikasikan pada World Wide Web
dan terdiri dari entri-entri terpisah satu dengan lainnya. Umumnya,
entri blog ditampilkan berdasarkan kronologi pembuatannya. Hingga 2009,
blog bisa digunakan oleh individu. Seiring perkembangan zaman, blog
dapat digunakan secara komunal atau memiliki beberapa pemilik (author).
Jenis blog
Meskipun umumnya blog cenderung tekstual, sekarang tengah menjamur juga blog seni (art blogs), blog fotografi (photoblogs), blog video (vlogs), blog music (MP3 blogs), dan audio (podcasts). Sementara itu microblogging adalah tipe lain dari blogging yang melayani posting-an pendek, misalnya Twitter.
Perkembangan Blog dan Potensi Bisnis
Ratusan juta blog sudah ada di dunia
maya sampai hari ini, Tercatat pada Februari 2011, jumlah blog di
seluruh dunia adalah 156 juta. Lalu pada Oktober 2012, terdapat 77 juta
Tumblr menurut survei Nielsen Company dan 56,6 juta WordPress
seperti diberitakan About Tumblr.com. Blogger merupakan layanan blogging
terpopuler sampai saat ini. Menilik pada data jumlah pengguna blog yang
kian meningkat, blog bisa menjadi sarana pemasaran bisnis. Bayangkan
berapa juta orang yang dapat mengakses iklan atau artikel bisnis dimana
Anda tidak perlu membayar mahal. Membuat blog memerlukan biaya sangat
murah untuk kebutuhan sewa hosting dan desain, bahkan bisa gratis.
Agar bisnis lewat blog sukses
Walaupun membuat promosi bisnis lewat
blog hampir tidak memerlukan biaya, persaingan bisnis yang menggunakan
media blog juga bertambah ketat. Anda harus merencanakan dan
melaksanakan strategi khusus supaya blog banyak dibaca oleh orang lain
serta pemasaran bisnis Anda melalui blog membuahkan hasil. Beberapa
strategi yang patut dicoba adalah sebagai berikut.
1. Tentukan fokusan bisnis yang spesifik
Untuk membuat target pasar mengerti
mengenai produk atau jasa yang Anda dagangkan, Anda perlu memfokuskan
fokus bisnis yang dijalani. Tujuannya adalah mempermudah branding
sehingga pembaca blog bisnis. Pembaca cenderung mudah memahami sebuah
blog dengan konten mengenai sepatu daripada blog berkonten sepatu, baju,
aksesoris, dan tas sekaligus. Sekali Anda menentukan fokusan bisnis
melalui blog, konsistenlah!
2. Tulis entri secara terstruktur dan mudah dimengerti
Buatlah artikel bisnis yang mudah
dipahami oleh pembaca. Ciptakan susunan tulisan yang terstruktur mulai
dari pembuka, isi, dan penutup.
eri saran agar blogger menulis ketika
terpikir ide brilian “Saya tidak pernSertakan pula gambar untuk
memperjelas topik yang sedang dibicarakan sekaligus untuk menarik
perhatian pembaca. Buat cetak tebal atau miring pada bagian yang
memerlukan penekanan pada tulisan.
3. Ciptakan kebiasaan menulis yang baik
Cherly Harryson, salah satu blogger
sukses, membah mendengar seseorang mengatakan ‘Saya berhenti
berlangganan dari Blog X karena tidak ada posting baru selama satu
minggu’. Saya pernah mendengar banyak orang berkata,’Saya berhenti
belangganan Blog X karena dia memperluas bahasan konten’”
Beberapa pilihan layanan blog yang bisa Anda pilih untuk sarana bisnis adalah Blogger, WordPress, Tumblr, Multiply.com, Blogsome.com, Webnode.com,
dan masih banyak lagi. Untuk berbisnis, sebaiknya pilih layanan blog
berbayar agar blog lebih fleksibel digunakan sesuai kebutuhan bisnis.
0 komentar :
Posting Komentar