Ilustrasi Prestasi (dok-Asrul) |
1. Yellow Trux
Yellow
Trux adalah sebuah destinasi kuliner unik yang berlokasi di Bogor.
Banyak anak muda yang menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama
teman-temannya sekedar untuk nongkrong sambil menyantap makanan ringan.
Menurut pemiliknya, Febrian Juanda, gagasan awal dari membuka usaha ini
adalah belum adanya destinasi kuliner yang menggunakan container sebagai bahan bangunannya. Kemudian muncullah ide untuk membuat tempat kuliner berbentuk container pertama di Bogor.
Menurut
Febri, untuk membangun bisnis diperlukan kepekaan terhadap 2 hal. Yang
pertama, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dan yang kedua, harus
yang terbaik.
Inovasi
yang dilakukan Febri selain dari segi bahan bangunan adalah dari segi
packaging dengan pemahaman terhadap karakter sasaran pasar yang
dimilikinya (15-27 tahun). Usia tersebut adalah usia di mana anak-anak
muda sedang mencari jati dirinya (identity seeker) dan juga mencari perhatian (attention seeker).
Dengan pengetahuan tersebut, dibuatlah inovasi dalam harga yang murah
dengan kualitas baik, serta pengalaman dalam menyantap makanan unik di
mana makanan yang dijual diletakkan dalam panci.
2. Kacamata+
Kacamata+ adalah sebuah online shop yang menjual kacamata untuk memenuhi kebutuhan fashion pelanggannya. Dengan tagline Easy, Express, Economical, Kacamata+
menawarkan jasa pembuatan kacamata yang mudah melalui online dilengkapi
dengan berbagai contoh kacamata yang disediakan. Hal ini berarti
memudahkan pelanggannya dalam memesan kacamata. Dibandingkan harus
mengunjungi toko kacamata konvensional yang memerlukan transportasi
serta mengabiskan waktu di jalan, pelanggan dapat dengan mudah duduk di
depan komputer dan memilih kacamata yang diinginkan melalui website
kacamataplus.com. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau.
Pelayanan yang disediakan tidak sekedar pemesanan kacamata secara online, namun juga pemeriksaan mata mobile oleh tim yang kompeten dan peralatan canggih dari Jepang. Pelayanan Home Try On juga
memungkinkan pelanggannya memilih 5 frame yang disukai dan mencobanya
di rumah sehingga memberikan pengalaman seperti datang langsung ke optik
atau toko kacamata.
3. Ngeprint.co.id
Ngeprint.co.id yang berfokus di wilayah Jabodetabek ini adalah sebuah perusahaan print online yang mempunyai misi untuk menjadi perusahaan print online yang siap memenuhi dan menjawab semua kebutuhan cetak para pelanggan mereka.
Ngeprint.co.id melakukan sebuah terobosan di mana kegiatan untuk mencetak sesuatu seperti wide format printing, printing, dan stationery
tidak harus dengan mendatangi tempat print konvensional. Pelanggan
tidak harus berpergian dan menghabiskan waktu di jalan, terutama di kota
besar seperti Jakarta yang sering sekali dilanda kemacetan.
Dengan
melakukan proses printing secara online, pelanggan juga tidak harus
menunggu tetapi tetap mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang mereka
harapkan. Proses pengerjaan yang berkualitas dengan waktu yang relatif
lebih cepat menjadi keunggulan dari ngeprint.co.id ini.
4. E-Fishery
E-Fishery
adalah inovasi dalam memberi pakan ikan secara otomatis dengan alat.
Alat pemberi pakan ini dapat dikontrol dari jarak jauh serta dilengkapi
sensor untuk melihat nafsu makan ikan sehingga dapat dengan efektif
mengontrol jumlah pakan ikan. Selain menghasilkan keuntungan, inovasi
ini pun mendapatkan penghargaan “Spark the Fire Champion”, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan pada Pertemuan Wirausaha Dunia ke-6 di Nairobi, Kenya.
Penemunya e-fishery,
Gibran Huzaifah, mengatakan bahwa wirausaha Indonesia perlu berpikir
global agar bisa bersaing di kancah Internasinal. “Untuk maju, anak muda
Indonesia harus berani menemukan inovasi baru dan membuat penyelesaian
masalah yang riil di masyarakat”, tambahnya.
Walaupun teknologi e-fishery ini baru diproduksi pada Februari 2014, namun permintaannya sangat tinggi dan diminati petani budi daya ikan di Tanah Air.
5. Traveloka
Di era
serba digital dan praktis ini, siapa yang tidak tahu tentang Traveloka?
Traveloka ternyata dilatar belakangi oleh Ferry Unardi, sang pemilik
Traveloka, yang memiliki passion dalam dunia IT dan melanjutkan kuliah
Ilmu Komputer di Purdue University. Ia menemukan kesulitan untuk urusan
penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia.
Kesulitan inilah yang mendorong Ferry mencari solusi yang akhirnya
membuahkan lahirnya Traveloka.
Traveloka adalah situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Dengan adanya Traveloka, pemesanan tiket pesawat dan booking
hotel dapat dilakukan dengan mandiri, lebih mudah, cepat dan juga
praktis. Hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan, Traveloka telah
menjadi agen travel online terbesar di Indonesia.
1 komentar :
the good post.Thank your for sharing
html color picker
Posting Komentar