DiaryAsrul. Diberdayakan oleh Blogger.
- Selamat Datang di Weblog Asrul Hoesein Diary - Green Corruption Watch - Indonesia Go Organik - Indonesia Clean and Green - Stop Global Warming - Anda Butuh Proposal Ada disini Dan Silakan Download - Mitra Kerja PT. Cipta Visi Sinar Kencana [Posko Hijau] Bandung perusahaan Formulator dan Prinsipal - Jejaring Usaha Pupuk dan Pemupukan "Berbasis Organik" dalam dan luar negeri - Bakteri Pengurai Limbah Organik [Aktivator GreenPhoskko-GP1] - Penggembur Bulking Agent ^ Mineral Penghilang Bau Limbah Organik [GP2] - Posko Hijau Memberi Pelatihan ^ Presentasi ^ Pendampingan Tata Kelola Sampah kepada Pemerintah ^ Perusahaan [Program CSR] ^ Kelompok Tani [HKTI-LM3-P4S-Feati] ^ Kelompok Usaha [Syarikat Islam-Kadin-HIPMI-HIPPI-Asosiasi] ^ Design TPA sesuai SNI Konsep Kelola Sampah dengan Optimalisasi Fungsi TPS [Sentralisasi Desentralisasi-Basis Komunal] dan - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 2000L] - Mesin Olah Sampah Organik [RKE 1000L] - Mesin Olah Sampah Organik (RKM 1000L) - Komposter Biophosko® [Hand Rotary] - Komposter Biophosko® Compost Bin [S-60L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [M-80L] - Komposter Biophosko® Compost Bin [L-120L] - Barel Kompos Biophosko® BK 200 L - Komposter Elektrik Biophoskko® (KE 100L) - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Flexible Formula - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramalet® Lada [Fertilizer For Pepper] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Tanaman Buah Dalam Pot [Tabulampot] - Pupuk Gramafix® Padi [Fertilizer for Rice Paddy] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Mente [Fertilizer for Cashew] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Jagung [Corn Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sawit [Palm Oil Tree Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Karet [Fertilizer for Rubber Tree] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Formula Spesifik Tanaman Hias - Pupuk Gramafix Formula Tebu [Sugarcane Crops Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Biji [Peas & Beans Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Cengkeh [Clove Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Daun [Leafy Vegetable Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kopi [Coffee Fertilizer] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Sayuran Umbi [Fertilizer for Root Crops] - Pupuk Tablet [NPK Plus] Gramafix® Kacang [Fertilizer For Legum]Pupuk Organik Kompos GreenPhoskko® PadatPupuk Organik Gramafert® CairPupuk Organik Granul - Alat Uji Unsur Pupuk [Digital NPK Tester] - Pendampingan Usaha Agribisnis dan Agrowisata serta Perkebunan Swasta Nasional^BUMN.

Selasa, 20 Maret 2018

"Sampah" Surat Terbuka untuk Presiden Jokowi

Gambar Ilustrasi: Presiden Joko Widodo. Sumber:Asrul
Kepada Yang Terhormat
Presiden Republik Indonesia
Bapak Ir. Joko Widodo
------
Perihal : Pengelolaan Sampah Indonesia Tidak Fokus dan Misregulasi

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dengan Hormat,

Kami sangat memahami Presiden  Joko Widodo (Jokowi), selaku pribadi maupun Presiden Republik Indonesia, sangatlah peduli tentang pengelolaan sampah Indonesia. Sesuai amatan kami, sejak Pak Jokowi kami ingat mulai dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Republik Indonesia. Sangatlah peduli terhadap pengelolaan sampah berbasis komunal sebagaimana amanat regulasi persampahan, yang mengharuskan pengelolaan sampah di sumber timbulannya atau kelola sampah di hulu yang berorientasi pada ekonomi atau berdasar kearifan lokal wilayah.
Beberapa progres Pak Jokowi, dalam surat terbuka ini kami angkat 2 (dua) fakta kepeduliannya dalam pengelolaan sampah, yaitu:
  • Pertama: Saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) No. 3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Jakarta, atas revisi perda sampah sebelumnya yaitu Perda No. 5 Tahun 1988 Tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta. Klik dan Download Perda Sampah Jakarta. Sedikit memahami masalah karena kebetulan saat itu, kami mengusulkan draf perda sampah Jakarta tersebut kepada Gubernur Jokowi melalui sebuah presentase di Balaikota DKI Jakarta. Ini sebuah kemajuan dan kepedulian besar, karena sejak 1988 perda sampah Jakarta tidak pernah tersentuh sampai tahun 2013, tanggal 10 Juni 2013 perda tersebut ditandatangani oleh Gubernur Joko Widodo. Hal ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah (pemda dan pemprov) di seluruh Indonesia. Sesuai pantauan, umumnya pemda kabupaten dan kota di Indonesia belum merevisi perda sampahnya mengikuti amanat regulasi sampah. Ini juga yang menjadi hambatan besar dalam pengelolaan sampah di daerah. Bahkan beberapa daerah belum memiliki perda sampah.
  • Kedua: Sejak Pak Jokowi sebagai Presiden, telah 2 (dua) kali Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet Kerja dalam membahas masalah sampah, Ratas Kabinet Kerja pertama di Kantor Presiden, Jakarta (23/6/2015) dan Ratas Kabinet Kerja kedua membahas Penanggulangan Sampah Sungai Citarum di Bandung (16/1/18). Karena kondisi ini membuat kami tergugah untuk mengoreksi para pembantu-pembantu Pak Jokowi melalui ulasan kami di beberapa media, antara lain bisa baca dan Klik di "Menyingkap Tabir Regulasi Sampah Indonesia" Karena dari Ratas Pertama dan Ratas Kedua, hanya membahas solusi saja. Ini sudah sangat keterlaluan, artinya tidak ada progres pada Ratas Pertama.
Berdasar fakta tersebut diatas dan kinerja para menteri kabinet kerja terkait persampahan sepertinya kontra produktif dalam menuntaskan permasalahan sampah, nampak para menteri tidak bisa membaca alur berpikir dan bertindak Presiden Jokowi. Serta beberapa kali pula kami mengingatkan menteri dan organ-organ lintas kementerian dan non kementerian terkait, baik secara langsung melalui melalui fgd, seminar, pertemuan-pertemuan resmi dan tidak resmi. 

Termasuk telah kami memberi koreksi dan solusi tertulis kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang juga kami tembuskan kepada para menteri kordinator dan Kantor Presiden dan Wakil Presiden atas permasalahan sampah yang dihadapi Indonesia. Nampak urusannya semakin malah melebar dan tidak fokus, hanya menghasilkan wacana dan gerakan-gerakan parsial saja. juga terjadi oper lapping antar lintas menteri sendiri serta kementerian dengan pemerintah daerah yang semakin tumpang tindih.

Sebagai contoh (membaca dalam berita di online "Jokowi Bakal Terbitkan Perpres Pengolahan Sampah" dan Undangan Lokakarya Penyusunan Rencana Aksi Penanganan Sampah di Bali  tanggal 20 Maret 2018 membahas masalah sampah Bali (Baca: Undangan Lokakarya), pelaksana oleh Kantor Menko Maritim, sepertinya Menko Maritim Pak Luhut Binsar Panjaitan akan mengusulkan lagi perpres pengelolaan sampah khusus di Provinsi Bali. 

Sesungguhnya Kemenkomaritim terlalu jauh masuk, seharusnya endorse saja KLHK dan pemda seluruh Indonesia untuk melaksanakan Perpres Jaktranas Sampah yang telah di tanda-tangani Pak Jokowi pada tanggal 23 oktober 2017 (Baca dan download Perpres Jaktranas Sampah).
Maka kesemuanya itu mendorong kami menulis "surat terbuka" ini kepada Presiden Jokowi, agar persegera melakukan tindakan taktis dan strategis guna menghindari pemborosan uang negara melalui APBN dan APBD dengan fokus jalankan regulasi persampahan (SOP dan Tupoksi sudah sangat jelas dalam regulasi sampah). 

Mungkin menurut laporan yang Presiden Jokowi terima dari para pembantunya mengatakan bahwa masalah sampah problemnya di regulasi. Oh tidak !!! Bukan regulasi yang lemah dan salah, tapi sesunggguhnya masalah ada pada mental dan karakter oknum penyelenggara yang tidak jalankan regulasi sampah dengan benar dan jujur. Jadi masalahnya, pada mental oknum pemerintah pusat dan daerah yang tidak mengindahkan regulasi sampah itu sendiri.

Susbstansi surat terbuka ini antara lain:
  1. Mengingatkan bahwa, regulasi sampah yang ada, antara lain: UU. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, PP. No. 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Permendagri No. 33 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Sampah, Permen Lingkungan Hidup No. 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse dan Recycle melalui Bank Sampah, Permen Pekerjaan Umum No. 3 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Semua regulasi ini sudah sangat bagus dan saling menunjang, namun hanya perlu ada penekanan pelaksanaan dari Presiden Jokowi kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota untuk mengejawantah dan melaksanakan dengan benar dan bertanggungjawab atas aturan tersebut dengan progres aturan secara fisik dan non fisik.
  2. Gerakan-gerakan pengelolaan seperti pungut sampah di Hilir (Sungai,Waduk, Laut dll) bukan tidak bagus, cuma harus lebih fokus pada pengelolaan sampah di hulu atau pada sumber timbulannya. Bukan hanya menunggu sampah di hilir lalu menciptakan gerakan-gerakan parsial disana. Semua ini tidak sustainable dan hanya membuang uang rakyat dan tidak memberi efek positif berkelanjutan.
  3. Segera revisi Perpres No. 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jaktranas) Pengeloiaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Perpres ini terjadi beberapa kekeliruan besar antara lain tidak dilibatkannya Menteri Pertanian, Kementerian Pertanian sangat urgen dilibatkan, karena sebagai pengguna terbesar atas olahan sampah organik yang volumenya mendominasi seluruh sampah Indonesia, Kementerian Pertanian harus masuk dalam Jaktranas Sampah 2017-2025. Padahal seluruh menteri terlibat. Baca ulasannya di Aneh, Menteri Pertanian Tidak Dilibatkan Dalam Jaktranas Sampah. Padahal Kementerian Pertanian sangat butuh pupuk organik kompos berbasis sampah ini. Fakta kebutuhan itu, sampai sekarang Kementerian Pertanian selalu gagal memenuhi target subsidi pupuk organik dari tahun ke tahun. Di sisi lain bila sampah organik fokus pada pengomposan, maka 50-70 % pengurangan sampah ke TPA dapat teratasi dengan cepat. Hanya itu solusi cerdas yang ramah lingkungan dan investasi tidak terlalu besar serta pro rakyat atau pro regulasi. 
  4. Pengelolaan sampah organik harus disinergikan dengan pengembangan pertanian organik Indonesia (Baca: Visi Misi Jokowi-JK Berdikari Dalam Bidang Ekonomi Point 12 halaman 42, Pencanangan Indonesia Go Organik melalui Pembangunan Demplot 1000 Desa Organik). Bila Program Nawa Cita Pembangunan 1000 Desa Organik ini dijalankan, tentu membutuhkan banyak sampah organik, ini yang tidak dipikirkan oleh kementerian terkait, sehingga Kementerian Pertanian tidak ikut di dalam Jaktranas Sampah tersebut.
  5. Dalam Jaktranas Sampah, dimasukkan lagi Rencana Pembangunan PLTSa, sementara Perpres PLTSa No. 18 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah (PLTSa) di DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, dan Kota Makassar, telah dicabut oleh Mahkamah Agung atas gugatan Koalisi Nasional Tolak Bakar Sampah pada tahun 2016. Kami duga Perpres Jaktranas 2017-2025 ini hanya akal-akalan saja untuk mengganti Perpres PLTSa tersebut. Maka seharusnya hapus PLTSa dalam Jaktranas Sampah, karena ini berpotensi digugat lagi oleh masyarakat. Khususnya kami yang bergabung dalam Koalisi Nasional Tolak Bakar Sampah sebagai penggugat Perpres PLTSa yang lalu.
  6. Tarik kembali Permendagri No. 33 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Sampah yang telah dicabut oleh Menteri Dalam Negeri pada tahun 2016, pencabutan ini tanpa alasan oleh kemendagri. sebagaimana permen atau perda lainnya yang dicabut semua dengan alasan-alasan tertentu. Permendagri No. 33 Tahun 2010 ini menjadi kekuatan dan pedoman bagi kemendagri dan pemerintah daerah serta masyarakat dan dunia usaha dalam mengelola sampah.
  7. Pemerintah pusat layaknya hanya berpikir dan bertindak "kebijakan dan fasilitator serta monitoring dan evaluasi", biarkan pemerintah provinsi menjadi pengawas serta kabupaten dan kota yang menjadi eksekutornya di lapangan bersama masyarakat, LSM dan dunia usaha. Selama ini, kenapa tidak bisa ditemukenali masalah dan solusi sampah, karena seakan pemerintah pusat yang ambisi bertindak sebagai eksekutor. Beberapa fakta yang kami temukan dan koreksi, antara lain Kebijakan Kantong Plastik Berbayar (KPB) melalui KLHK cq: Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (Ditjen PSLB3) itu gagal total karena kesalahan penerbitan dan pelaksanaan regulasinya, bercampur-baur dengan pelaksanaan dana CSR. Ini kesalahan besar dan diduga terjadi penyalahgunaan wewenang yang berpotensi terjadinya unsur koruptif atau gratifikasi. Hal ini juga kami telah bersurat dan mengoreksi serta memberi solusi atas Kebijakan KPB ini kepada Menteri LHK dan Dirjen PSLB3, yang juga kami tembuskan kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, Menteri Kordinator Bidang Maritim, Menteri Kordinator Bidang Ekonomi, dan Ombudsman RI dengan Surat kami atas nama Green Indonesia Foundation Nomor 07/GIF/XI/2016 tertanggal 30 November 2016 (semua disertai tanda terima surat). Kami estimasi kasus KPB ini akan berahir di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena pihak terkait Menteri LHK cq: Ditjen PSLB3 KLHK mengabaikan masalah pertanggungjawaban dana-dana KPB yang telah ditarik dan terserap banyak di masyarakat Indonesia melalui Toko Ritel atau Pasar Modern selama bulan Februari 2016 s/d bulan Oktober 2016. Malah sampai saat ini masih ada ritel (data toko ritel tercatat) yang memungut dana KPB tersebut yang seharusnya dihentikan atau moratorium sampai ada perbaikan sistem. Karena KPB sebenarnya bagus, hanya saja aplikasi terkesan dipaksakan dan diduga kuat koruptif. Menguntungkan sekelompok golongan dan merugikan orang banyak atau konsumen (baca; masyarakat).
  8. Hentikan wacana solusi sampah plastik mix aspal. Ini sangat jelas tidak memiliki efek solutif, sebaliknya akan menjadi peluang atau berpotensi menjadi ruang baru korupsi. Karena sampah plastik tersebut tidak mengurangi atau mengganti komponen pengaspalan, hanya menambah komponen plastik alias menambah biaya saja pada pengaspalan normal. Bila saja program ini dikabulkan, akan terdapat penganggaran pengaspalan dalam RABnya yang dicantumkan adanya anggaran pembeliaan atau pengadaan plastik, padahal senyatanya akan atau bisa saja minus plastik dilapangan (karakter Indonesia belumlah jujur, maka harus dicegah saja). Fakta, di India gagal total proyek aspal mix plastik ini, sehingga ratusan mesin cacah plastik di India mangkrak akibat salah hitung dalam programnya pada beberapa tahun lalu. Indonesia harus belajar dari kegagalan India tersebut.
  9. Sekedar Presiden Jokowi ketahui bahwa, Pada tanggal 4 Oktober 2017, kami diundang selaku narasumber oleh Kementerian Perindustrian, dan telah memberi solusi komprehensif dalam pengelolaan sampah dan sampah plastik, dihadiri Kementerian Kordinator Maritim dan lintas kementerian terkait, asosiasi dan pelaku Industri plastik dan karet serta pengelola Bank Sampah. Tapi rupanya menteri-menteri terkait mengabaikan dan selalu kembali mencari solusi yang mis regulasi, inilah antara lain yang menjadikan solusi sampah Indonesia tidak pernah menemukan jalannya, terlalu koruptif pemikiran ini. Otak para oknum birokrasi sudah pada jadi sampah rupanya. Solusi yang kami maksud bisa baca di "Program Pencegahan Limbah Plastik Masuk ke Lautan
  10. Sekedar mengingatkan bahwa Tahun 2020 menjadi Target Indonesia Bebas Sampah dan pada tahun 2022 pemberlakuan Kebijakan Kepedulian Perusahaan Berkemasan atau Extanded Produsen Responsibility (EPR). Satu-satunya jalan untuk mensukseskan program-program ini adalah membangun serta memandirikan kelompok pengelola sampah atau kelompok Bank Sampah secara massif pada setiap desa atau kelurahan di seluruh Indonesia. Semua kementerian terkait harus mendorong terlaksananya program ini dengan baik dan bertanggungjawab. Khusus dana EPR ini, bila tidak diantisipasi infrastrukturnya sejak dini, maka sangat berpotensi gagal dan dana EPR akan berujung di korupsi.
  11. Karena kelihatan para menteri pembantu presiden galau berkolaborasi, sangat kental ego sektoralnya dalam mengurus dan mengurai permasalahan sampah, sebaiknya Presiden Joko Widodo membentuk Badan Persampahan Nasional. Beberapa kali kami sarankan masalah ini melalui petisi dll (Baca: Indonesia Perlu Badan Persampahan Nasional). Agar terjadi sinergitas dan kolaborasi program yang baik antar kementerian, non kementerian dan lembaga lainnya serta LSM, perusahaan dan masyarakat. Badan ini hanya mengurus dan mengurai program serta melakukan monitorin dan evaluasi, mendampingi pemerintah daerah melakukan kegiatan fisik dan non fisik dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar, sesuai amanat perundang-undangan yang berlaku. Badan ini bukan sebagai eksekutor, hanya menjadi mediator dalam pengelolaan sampah.
  12. Presiden Jokowi diminta Moratorium Piala Adipura, penilaian Adipura ini diduga sudah tidak obyektif lagi. Perlu moratorium untuk penataan ulang agar maksud dan tujuan baik dari eksistensi Adipura ini tercapai. Sekedar informasi bahwa Piala Adipura ini pernah terhenti atau moratorium pada tahun 1998 dan berlanjut lagi pada tahun 2002 (saat itu dicanangkan kembali di Bali tanggal 5 Juni 2002) dan berlanjut sampai sekarang. Fakta mendasar, Presiden Jokowi sendiri tidak pernah menyerahkan langsung Piala Adipura itu. Hal ini kami maknai bahwa, ada masalah dan pertanyaan besar didalamnya. Terakhir kami saksikan pada penyerahan Adipura tahun 2017, saat itu  hanya Piala Adipura yang tidak diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada penerimanya, padahal pialanya sudah disiapkan. Tapi acara penyerahan Adipura bergeser dilaksanakan pada malam harinya oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada tempat yang sama (Kantor Menteri LHK) dan tahun-tahun sebelumnya hanya diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Juga pada saat Pak Jokowi sebagai Walikota Solo, tidak terlalu terpengaruh dengan Piala Adipura ini. Sepertinya kami sependapat dengan Pak Jokowi tentang Adipura ini, bahwa tidak mempunyai efek keberlanjutan dalam kebersihan sampah dan lingkungan. Hanya sebagai pencitraan kepala daerah, yang bisa saja berpotensi dibayar mahal oleh yang menginginkannya. Fakta lainnya Walikota Bekasi dinyatakan terbukti memberikan suap untuk mendapatkan Piala Adipura tahun 2010 oleh KPK.
Demikian surat ini kami tulis dan kirim secara terbuka kepada Presiden Jokowi, agar para stakeholder persampahan dan masyarakat Indonesia pada umumnya selaku produsen sampah, untuk ikut pula memahami problematika "darurat" sampah yang sesungguhnya dan diharapkan ikut mengawal dan melaksanakan pengelolaan sampah, setidaknya bersama merubah paradigma kelola sampah agar terwujud Indonesia Bebas Sampah 2020 menuju Indonesia Hebat. Terima kasih.

Wassalam
Jakarta, 20 Maret 2018
Asrul Hoesein (Direktur Eksekutif)
Kontak Person: 081287783331 dan 08119772131
Tembusan:
  1. Masyarakat sebagai Produsen Sampah di seluruh Indonesia.
  2. Wakil Presiden HM.Jusuf Kalla
  3. Anggota MPR, DPD,DPR dan DPRD seluruh Indonesia.
  4. Seluruh Menteri Kordinator.
  5. Seluruh Menteri Kabinet Kerja.
  6. KPK, Kapolri dan Kejaksaan Agung
  7. Lembaga non Kementerian.
  8. Pers (Media Cetak, Online dan Elektronik)
  9. LSM dan NGO (dalam dan luar negeri).
  10. Perusahaan CSR, EPR dan Toko Ritel atau Pasar Modern.
  11. Asosiasi Sampah, Ritel dan DUP serta Komunitas Sampah dan Lingkungan.
  12. Pengelola Kawasan (sesuai Pasal 13 UU.18 Tahun 2008).
  13. Pemerhati dan Penggiat Persampahan (dalam dan luar negeri).
  14. Pengelola Bank Sampah seluruh Indonesia.
Berita Terkait

Topik Terkait [Related Post]



0 komentar :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa bersalawat ke padaku sekali salawat niscaya Allah SWT akan bersalawat ke atasnya sepuluh kali”.(HR Muslim) �¦???

Sponsored "S and E" BackLink'S

Social Entrepreneurs SPONSORed
surgawebindian classifieds, india classified ads, free classified ads, buy sell free classifieds from india, classified yellow pages, indian ads, post free ads, indian advertisements, free advertising, post sell ads, post buy ads, free job postings, free matrimonial ads, car classifieds, auto classifieds, used stuff, local ads, ads for sale, local classifieds india, click india, property for sale, sell used cars, education institutes, travel deals, mumbai real estate, new delhi restaurants, hotels in bangalore, online classifieds india, buy sell free classifieds, online ads, free ads, indian ads, where can i post free ads, post free business ads, post free employment ads, free online ads posting, how to post free ads, post free banner ads, post free ads internet, free business advertising, local classified ads, free internet classified ads, post free dog ads, placing free ads online, free online advertising sites, where to place free classified ads, used cars classified ads, submit free classified ads, sites to post ads for free, kijiji, free classifieds nyc, post free classified ads no registration, sell car free ads, free online advertising sites, autos, ads for, one india, free classifieds in kerala freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4uBUSANA MUSLIMseribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN TV INDONESIA FECEBLOG 4UI
japanese backlinksharelinknewsMajlis Link OtomatisFreewebsitepromotionAutoBacklinkGratisFree backlinksiaran linkFree Plugboard Teks TVlinkportalweb directorydirektori Indonesia

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! TopBlogIndonesia.com

Free Auto BacklinkFree Auto BacklinkI-Love-ObamaFree Plugboard Link Banner ButtonFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Automatic Backlink Service free instant backlink for blog and websiteTotal Entertainment Free Backlink Exchange For Seo Text Backlink ExchangesFreeBackLinksForYou Die Gute SaatBacklink-Gratisfree Backlinkkostenlose backlinksFree Automatic Link Free Promotion Link Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic plugboard zeitbanner Free Automatic LinkSubmit Free to ExactSeekPremium TrickFree Auto BacklinksView and compare your rankings in Google, Yahoo! and MSN all at once
Search Engine Marketing
Join My Community at MyBloglog!Active Search ResultsASRULFree BacklinksTeman Link Unlimited Backlink ExchangeFree Automatic LinkBacklink-Gratisiklan 2BillionTraffic Text Backlink ExchangesZero waste management and Indonesia green solution to stop global warmingBlog Tutorial Wordpress Blogger BlogspotFree Automatic Link Musik-Box BacklinksFree Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis Bandung Kota Kembang MellowYellowBadge healthylounge,healthy corner,healthy diet,diet food,nutrition,vitamins,suplement,medicine,fitness,weightloss,hairloss,be healthy,osteoporosis,pregnancy,breastfeeding,cooking-recipes,parenting,babies,desease,exercise,food,household,be healthy C-Backlink Auto Backlink iklan gratis 2BillionTraffic
Free Auto BacklinkFree Auto Backlinks From Phanmemxuyenviet.com Rudy 364 Link Plugboard ManiaFree Automatic LinkFree Backlink Directorybacklink dich thuatFree Automatic LinkFree Automatic Link My Ping in TotalPing.com Free Automatic LinkFree Link ExchangeBacklink-GratisAdd URL Suggest Link Add URL Suggest LinkPageRank-Backlink ohne Anmeldung bei http://www.ursula1.de/webphpbacklinks for youKostenloser pagerank bei http://partner.krookle.euWelcome To Pinang HijauAuto Backlink | Free Auto Backlinks ExchangesPowered by BannerFans.com

Posko Hijau ^ PT.CVSK ^ NetWorking

POSKO HIJAU NETWORKING
DAFTAR KONTAK,PERWAKILAN^AGEN
PT CIPTA VISI SINAR KENCANA
DAN JEJARING POSKO HIJAU
--------------
[Head Office]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph:+62-22-4262235-4262253
Fx:+62-4214084
HP:+62-81572527115
--------------
[Malaysia]
Saiful Bahri Abdul Hadi
Konsortium Melayu
Selayang Berhad(KmsB)
No.25 Jalan 3 A/2 B,
Taman Desa Bakti,
Batu Caves
Darul Ehsan 68100,
Selangor-Malaysia
Ph:+60-122135515
Ph:+60-361207177,
Fax:+60-361377177
--------------
[Singapore]
Aileen Kwok
Ph: +65-64819182-96862550,6Eu
Tong Sen Street 04-68
--------------
[Vietnam - Ho Chi Minh]
Ben Taat Alias
2nd floor, unit 224, 37
Ton Duc Thang District 1,
Ho Chi Minh Viet Nam
Ph : +84-8-8230096
Fx : +84-8-8230094
--------------
[Jakarta]
Muh Rivai dan Dewi Nuraini,SP
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang Pasar Minggu
Jakarta Selatan
PH:+62-21-78838189.
--------------
[Bogor]
Harry Bambang,Ir,MSc
JL Arzimar I/16-B
Bantar Jati
Bogor Utara 16152,
Jawa Barat,Indonesia.
Ph: 0251-328575.
--------------
[Surabaya]
Dang Yudi, Ir.
PT. CVSK Pwk Surabaya
Jl. Ketintang Permai AD-9
Surabaya 60232, Jawa Timur
Ph: 031-60564705.
--------------
[Yogyakarta]
Totok Maryadi,Drs, MT
Jl Pura 189 Sorowajan
Yogyakarta-55198
Telp:+62-274-488104.
--------------
[Head Office; PT .CV. Sinar Kencana]
Jl. Pungkur No 115
BANDUNG 40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP. +62 81572527115.
--------------
[Demak]
Bening Dwiono
Jl. Grya Bhakti
Praja K 14 Mangunjiwan
Demak-59515T.
PH:+62-291-681818.
--------------
[Surabaya]
PT. CVSK Perw.Surabaya
H.M.Moh. Saleh
Jl. Jakarta No 27 Tanjung Perak
Surabaya
Jawa Timur
Ph: 62-31-3550748
--------------
[Kalimantan Selatan]
Ny. Gantini Sudiatna
PT. CVSK Pwk Kalsel
Jl. Virgo Raya No 16
Perum Cahaya Bintang
Sei Besar-Banjarbaru
Kalimantan Selatan
Ph: 0511-4774629
--------------
[Sulawesi Selatan]
PT.Cipta Visi Sinar Kencana
Demplot Sulawesi Selatan
Indonesia Timur
Faristiwan Bohari
Komp Pepabri Blok D3/10
Sudiang Permai
Makassar, Indonesia
Ph;+62-411-2686031
Hp;+62-85215497331(HAH)
--------------
[Bali]
I Nyoman Rudi Arthana
Jl. Sudirman
Komp. Sudirman Agung
Blok F No 3A
Denpasar Bali
+62-811394614
--------------
[Bandung]
Mohamad Bijaksana
Greeneration Indonesia
Jl. Kanayakan D-35
BANDUNG-40135
Ph : 022-2500189
Fx : 022-2500189
--------------
[Riau]
Sartani
Jl. Suka Karya Simpang
Kualu Panam
Pekanbaru 30151
--------------
[Kalimantan Barat]
Anton Kamarudin
PT. CVSK Pwk. Kalbar
Jl. Martadinata Gg Kecambah No.1
T. +62-81511985456
Pontianak-78115
Kalimantan Barat
--------------
[Sumatera Utara]
Binur Hasibuan
Jl Kampung Baru
Perumahan Wira Asri
Blok II No 7 Rantau Prapat
Labuan Batu
Sumatera Utara 21411
Hp: 081376175864
Ph: 0624-22065
Sumatera Barat
--------------
[Sumatera Barat]
PT. CVSK Pwk Sumbar
Armus Arifin
Jl Gajah Mada No 2
Simpang Tinju-Padang
Sumbar-25143
Ph: 0751-41353
--------------
[Batam]
Dwi Nurul
PT. CVSK Pwk Batam
Shanggrila Garden
Blok A1/64,
Sekupang Batam
Kepulauan Riau-29400
--------------
[Sumatera Selatan]
Leman
PT. CVSK Sumsel
Jl. Toman 7 No.9
Perum Sako
Palembang-30151
Sumatera Selatan
T. 081373871268-81273919583
--------------
[Pekanbaru]
Yahya Subhan, SE, H
PT. CVSK PWK RIAU
Jl Hasanudin No 17 A Rengat
Pekanbaru,+62-81268338415
HP +62-81572527115
--------------
[Jakarta Selatan]
Dewi Nuraini, SP
PT.Permata Makmur Sejahtera
Jl. Mujair Raya No 5
Jatipadang
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
+62-21-78838189
--------------
[Jakarta Selatan]
Nengah Sukerja, IR
Jl. Raya Lenteng Agung
Timur Baru No.18
Jagakarsa
Jakarta Selatan
Ph; +62-21-78888673-98925989
--------------
[Sumatera Utara]
M. Sirait
Jl. Puskesmas Ds.Sei Piring
Kec. Pulau Rakyat
Asahan
Sumatera Utara
T. +62-623-355271
--------------
[Bandar Lampung]
Hayat Sulaiman,IR,MM
Jl. Slamet Riyadi No.5
Bandar Lampung
T. +62-21- 8464810
--------------
[Bandung]
PT. Cipta Visi Sinar Kencana
Sonson Garsoni, Ir.
Jl. Pungkur No 115,
BANDUNG-40251
Ph : 022-4262235-4262253
Fx : 022-4214084
HP +62-81572527115
--------------
Binaan Posko Hijau
[Gerakan Indonesia Hijau Foundation]
LM3 Model GMIM Nafiri Manado
[Erisman Panjaitan,SE]
Sulawesi Utara
--------------
LM3 Model Ponpes Al-Izzah
[Drs.Ery Supardi]
Balikpapan-Kalimantan Timur
--------------
LM3 Ponpes Asy-Syifa
[H.Cholik H.Senen, ST]
Musi Banyuasin Sumatera Selatan
--------------
Mitra NGO
Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan
Kerjasama Antardaerah [Lekad]
Jl. Empu Sendok No.21
Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
--------------
[Kalimantan Timur]
H.Andi Abdul Azis
Jl. Inpres III No.31a/20 RT.15
Balikpapan
HP. +6285246619489
HP. +6281348414127
--------------------
[Jakarta Selatan]
H. Asrul Hoesein
Jl. H.Muhi VIIIB RT 07 RW 04 No. 14
Pondok Pinang
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan
HP. +6281287783331
HP. +628119772131
--------------------
[Jakarta Pusat]
PT. Xaviera Global Synergy
Wilda Yanti
HP:081314246402, Wilda
HP: 08119772131, Asrul
Artha Graha Building, 6th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.52-53
Jakarta 12190
--------------------
WebDesain & Webmaster:
Asrul Program Communication
Golden Centrum Building
JL. Majapahit Blok UV
HP: 08119772131
081287783331
Jakarta-10160
Indonesia
--------------------
Green Indonesia Foundation
NusaLoka - Sektor 14.4
JL. Flores I
Blok L7/8 BSD
Telp/Fax : 021-5378672
Kota Tangerang Selatan-15321
HP: 08119772131
081287783331
08119111131
Indonesia
--------------------

Social Entrepreneur Visitor'S

Social Entrepreneurs VISITOR
Check Google Page Rank
Rek.PP; 1363-1135-4919-6502-3777[HAH]
Ziddu AC; 2009-07-30[HAH]
NPWP;16.214.559.3-801.000[HAH]
Passport;A3129426[HAH]Lama
Passport;B8621264[HAH]Baru
BCA; A/C;7310998855[AH]
CIMB Niaga; A/C; 0170118206183 [AH]
BMMD;A/C:1520008773331[HAH]
IDCard/KTP; 737111-070462-0004[AH]
AmazonID _trashandentre-20[HAH]
Review http://asrulhoesein.blogspot.com on alexa.com Locations of visitors to this page

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP