Trik & Tip Sun Tzu “Menetapkan Inisiatif Strategi”
Dalam The Art of War “Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
“Kejar desain strategis milik Anda sendiri untuk membuat musuh terpesona, kemudian Anda dapat merebut
musuh dan menggulingkan pemerintahan musuh”
Sun Tzu berkata;
“Kalau pasukan yang tak terkalahkan menyerang negara yang kuat, pasukan itu membuat musuh tidak mungkin menyusun kekuatannya. Pasukan itu membuat musuh terpesona dan mencegah sekutunya untuk bergabung. Pasukan itu menganut bahwa seseorang tidak perlu mencari sekutu dengan negara lain yang bertetangga, juga tidak ada keperluan untuk memperkuat pasukan negara lain.
Membuat inisiatif strategi berhasil;
Kriteria untuk menilai inisiatif strategi adalah sebagai berikut.
- Apakah inisiatif itu konsisten dengan arah strategis?
- Apakah inisiatif itumenantang tetapi masih dapat dicapai?
- Apakah sumberdaya seimbang dengan objektif?
- Apakah hasilnya membuat perubahan?
- Apakah tanggung jawab untuk menerapkan inisiatif diberikan kepada manajer dengan wewenang yang memadai
Memilih inisiatif strategi yang akan membuat perubahan;
Inisiatif strategi adalah tempat Anda akan memusatkan usaha Anda. Sering, kurang berarti lebih. Artinya, sedikit inisiatif akan memusatkan usaha, sedangkan terlalu banyak inisiatif akan menyebarkan usaha.
Konsentrasi-ini adalah dasar dari semua sukses pemasaran
- Bila Anda bukan pesaing berskala besar, maka fokuskan pada suatu segmen, suatu ceruk, atau suatu partikel.
- Pertimbangan untuk mengubah segmentasi pasar. Menemukan segmen lebih kecil yang dapat Anda miliki akan meningkatkan kemampuan menghasilkan laba.
- Bila harga memegang peran kunci, maka pesaing yang paling besar dapat mempunyai keunggulan.
- Bisnis yang difokuskan secara sempit biasanya akan lebih sukses dari pada yang menawarkan berbagai variasi. Toko umum telah lama hilang-hanya pedagang missal paling besar yang masih bertahan.
- Pertimbangkan untuk menawarkan variasi yang luas dalam ceruk Anda.
- Nilai bagi pelanggan-Pikirkan nilai tambah.
- Meningkatkan mutu berarti meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghemat biaya dalam jangka panjang.
- Memberikan pelayanan yang lebih baik atau garansi yang lebih baik adalah komponen lain dari kepuasan pelanggan yang meningkatkan persepsi nilai.
Keunggulan bersaing-Pikirkan perbedaan sejati.
- Menemukan saluran distribusi baru dapat memindahkan
- Memperkenalkan teknologi baru di perusahaan bagian belakang dapat menurunkan biaya perusahaan di bagian depan. Tindakan ini dapat menjadi perbedaan yang luar biasa.
- Temukan sumber yang menurunkan biaya.
Selamat mencoba, Sukses untuk Anda………
0 komentar :
Posting Komentar