Tanpa informasi perencanaan sia-sia
“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern
Sun Tzu berkata;
“Kenalilah musuh Anda, kenalilah diri Anda, kemenangan Anda pun tidak akan terancam. Kenalilah medannya, kenalilah cuacanya, lengkaplah kemenangan Anda”
Suatu perencanaan bisa membuahkan hasil maksimal bila mempunyai informasi yang tepat waktu, relevan, dan akurat. Informasi yang dimaksud meliputi;
- Musuh Anda, misalnya para pelanggan, pesaing, pemaok, dan distributor Anda. Dalam hal kebutuhan produk, informasi yang dibutuhkan meliputi sumber-sumber mereka dan cara mereka menposisikan diri.
- Diri Anda, yakni penempatan posisi Anda, pengembangan dan ketersediaan produk, serta aspek biaya.
-
- Cuaca atau iklim, misalnya iklim ekonomi berupa resesi yang tidak mendukung prosfek pemasaran. Selain itu, iklim politik berupa ketidakstabilan di berbagai wilayah/daerah/Negara yang mungkin bisa terjadi setiap saat.
Anda harus mengetahui apa yang harus Anda lakukan bila Anda memperoleh beragam informasi. Anda mungkin mengetahui banyak hal tentang para pesaing Anda tetapi Anda tidak mengetahui cara mengatasinya/menghadapi mereka. Salah satu sebabnya ialah Anda tidak membandingkan “apel dengan apel”.
Pertama-tama Anda harus membidik pesaing yang layak diperhitungkan sebelum Anda mulai membandingkan produk-produk Anda, kekuatan penjualan, dan aspek biaya. Efektivitas perencanaan Anda akan terwujud bila Anda melakukan hal itu. Sesudah Anda menentukan sasaran bidik, Anda bisa menilai sumber-sumber pemasaran perusahaan Anda. Sesudah itu, Anda bisa membandingkan kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan pesaing Anda. Penilaian seperti ini akan memampukan Anda dalam memutuskan urgensi untuk memasuki pasar berdasarkan standar-standar penjualan, keuntungan, dan aspek RoI (Return on Investmen).
Silakan ikuti terus tulisan Sun Tzu, di Blog ini. Karena keseluruhan trik Sun Tzu (12+1 Trik dengan judul dan 8 Trik tanpa judul, yang dikenal sebagai buku “Seni Perang” Sun Tzu yang hilang) akan saya tulis dari beberapa versi analisa yang telah membuktikannya secara detail mengenai Strategi “Seni Perang” Sun Tzu to Pemasaran dan Penjualan berikutnya, selamat membaca dan menerapkannya.
Bila aada teman-teman yang senang dengan tulisan strategi/prinsip seni perang Sun Tzu ini, silakan mengcopy pastenya. Bila akan pindahkan kedalam tulisan lagi baik di blog maupun media lain diharapkan/ketentuannya dicantumkan sumber “Nama Blog” ini saja (nama saya tidak perlu, silakan ganti nama Anda). Dan jangan lupa sebelum meninggalkan blog ini diharapkan juga memberi komentarnya, demi perbaikan kepada saya selaku pengelola blog ini. Terima kasih atas kerjasamanya demi meningkatkan mutu “Blogger” atau media lainnya di
Sukses untuk Anda………
0 komentar :
Posting Komentar