Bisnis tidak selalu berjalan indah seperti yang dibayangkan. Terutama jika pebisnis baru saja memulai usaha. Dalam hitungan bulan, mungkin pebisnis pemula akan terheran-heran dan tidak bisa menerima dengan lapang dada kenyataan, jika tidak mengetahui karakteristik bisnis yang dijalankan. Ambil saja salah satu contoh bisnis yang paling sering/umum dipilih oleh para pemula, yaitu bisnis ritel atau perdagangan eceran. Kedengarannya simpel. Untuk berjualan, seseorang hanya perlu mempersiapkan tempat jualan dan produk, kemudian pembeli datang, usaha pun berjalan. Namun prosesnya tidaklah segampang itu. Banyak tantangan yang akan ditemui pebisnis pada awal usaha. Setidaknya beberapa hal penting diperhatikan pebisnis ritel pemula di awalawal
usahanya. Seperti diuraikan pebisnis dan motivator bisnis Masbukhin Pradhana, setidaknya ada empat hal harus diperhatikan untuk tahaptahap awal dimulainya bisnis ritel.
- Pemilihan lokasi. Pria yang dijuluki Raja Voucer ini berujar, jika setelah dibuka toko laris, berarti lokasi yang dipilih pebisnis sudah benar, dalam artian sudah strategis. Strategis karena di tempat tersebut ada orang yang mencari produk yang dijual, strategis karena dilalui banyak orang. Selain itu strategis karena lokasi mudah dilihat, disamping juga misalnya tempat parkiran yang memadai. Sebaliknya jika sepi pembeli, faktorfaktor tadi bisa kembali dievaluasi.
- Modal ekstra di awal usaha. Pasalnya, masa Break Event Point (BEP) bisnis ritel bisa saja baru tercapai pada waktu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau bahkan lebih. Sementara dalam masamasa tersebut operasional terus berjalan dan membutuhkan biaya. Sebut saja biaya sewa tempat, dekorasi, biaya pengadaan produk, dan gaji penjaga toko.
- Produk yang dijual. Apakah produk yang dijual memang banyak dicari orang atau oleh kalangan tertentu saja? Produk yang dijual di tempat yang sesuai dengan target pasar tentunya akan lebih menguntungkan.
- Mengkomunikasikan produk secara ekstra juga sangat disyaratkan bagi bisnis apa pun yang baru dimulai. Diantara media komunikasi efektif adalah papan nama, spanduk yang bertuliskan kata-kata agar membuat orang ingat dan ingin membeli, atau brosur yang gampang disebar di tempat tempat strategis.
[by;rul-obralplatinum-bisnisku-ramadhan.2009]
0 komentar :
Posting Komentar