Nabi
Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim.
Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda
beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah,
salah satu kabilah Quraisy. Setelah menikah, Abdullah melakukan
pepergian ke Syam. Ketika pulang dari pepergian itu, ia wafat di Madinah
dan dikuburkan di kota itu juga.
Setelah
beberapa bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi pamungkas para
nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan
kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang. Sesuai dengan
kebiasaan para bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Muhammad kecil
kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau
tinggal di rumah Halimah selama empat tahun. Setelah itu, sang ibu
mengambilnya kembali.
Dengan
tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang ibunda
membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah,
ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak
antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara
bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib
memelihara beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan
Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau
menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat
pada usia enam puluh lima tahun.
Pada
usia empat puluh tahun, beliau diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia
mewahyukan kepada beliau al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak
mampu untuk menandinginya. Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para
nabi dan memujinya karena kemuliaan akhlaknya.
Beliau
hidup di dunia ini selama enam puluh tiga tahun. Menurut pendapat
masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di
Madinah. Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga jalan:
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah
diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku sebagai
nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan
berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir usia, beliau
selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat
banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud
asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus memiliki
akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan jiwa harus
orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan dari
segala karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh
Rasulullah saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya,
memberitakan sifat-sifat sempurna dan kelakuan terpujinya dan
membebaskannya dari setiap karakterisitik yang buruk.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak
masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran, amanat,
kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan kerendahan
diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika beliau tak
tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak yang agung.”
Dalam memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan gangguan dan
cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkataاَللّهُمَّ
اغْفِرْلِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah
kaumku, karena mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan
kebaikan seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap
mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin.”
Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya, beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara kebatilan. Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak kecil dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya, beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara kebatilan. Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak kecil dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian
beliau sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah berkata: “Ketika
perang mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.”
Rasa
memaafkan beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan Makkah,
beliau memegang pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin Makkah):
“Apa yang kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab: “Kami
mengatakan dan menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah seorang
pemurah dan putra seorang pemurah. Engkau telah berhasil berkuasa
terhadap kami. Engkau pasti mampu melakukan apa yang kau inginkan.”
Mendengar pengakuan mereka ini, hati beliau tersentuh dan menangis.
Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu, mereka pun turut menangis.
Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti apa yang pernah
dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian pada
hari ini. Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih
dari para pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh
kriminalitas dan kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan
sabda beliau yang spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.”
Mukjizat Amaliah
Dapat
diakui bahwa seluruh perilaku beliau dari sejak lahir hingga wafat
adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit merenungkan kondisi dan
karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat kala itu,
kemukjizatan seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak
sebuah bunga yang tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak
terpengaruh oleh karakteristik duri-duri itu, bahkan beliau berhasil
merubahnya. Beliau tidak hanya terpengaruh oleh kondisi kehidupan
masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil mempengaruhi gaya hidup
mereka.
Dalam
kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah berhasil melakukan empat
pekerjaan besar dan fundamental meskipun banyak aral melintang dan
problema yang melilit. Masing-masing pekerjaan itu dalam kondisi normal
semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun untuk dapat tegak berdiri
sepanjang masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah sebagai berikut:
Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Kedua,
dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling bermusuhan dan
memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang satu dan
menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun kalimat dalam
arti yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa tahun berlalu,
beliau berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat Muhammad saw.
Hingga sekarang umat ini masih eksis dan terus bertambah.
Ketiga,
di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing memiliki
seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri dan tidak
pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau berhasil
membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada kebebasan dan
kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan kemampuan,
pemerintahan ini pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di
dunia setelah satu abad berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja yang menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.
Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja yang menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.
Ketika
surat beliau sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama beliau
disebutkan di atas namanya, ia marah seraya memerintahkan para
suruhannya untuk pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya.
Ya!
Para raja itu berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang
tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil seperti
bala tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari tunggang-langgang
meninggalkan Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke
gunung-gunung. Mereka tidak dapat memahami bahwa bangsa Arab telah
memiliki seorang pemimpin Ilahi dan mereka bukanlah bangsa Arab yang
dulu lagi.
Keempat,
dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah menetapkan dan
menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh kebutuhan umat
manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari Kiamat, dan
mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat manusia.
Undang-undang ini tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad adalah
halal selamanya hingga hari Kiamat dan keharamannya adalah haram
selamanya hingga hari Kiamat.”[1] Undang-undang ini akan selamanya hidup
kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu dibahas dan didiskusikan oleh
para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan fiqih, Furu’uddin dan
kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiya
Mukjizat
abadi beliau adalah al-Quran yang telah turun kepada beliau dalam kurun
waktu dua puluh tiga tahun, dan dari sejak saat itu hingga sekarang
selalu mendapatkan perhatian dan penelaahan dari berbagai segi oleh
seluruh masyarakat dunia. Kitab ini berhasil membangkitkan rasa heran
para ilmuan dan sepanjang masa masih memiliki kekokohan dan kedudukannya
yang mulia. Kitab ini terselamatkan dari segala bentuk tahrif,
pengurangan dan penambahan. Ratusan tafsir dan buku tentang hakikat arti
dan kosa katanya telah ditulis. Allah telah menjamin keterjagaannya
dalam firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan
Salah
satu mukjizat beliau yang lain adalah keturunan suci beliau yang
terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi kenabianlah yang mampu
menghaturkan putri-putri dan para imam ma’shum seperti ini kepada
masyarakat. Seseorang yang sadar dengan memperhatikan ilmu, kehidupan,
ucapan dan perilaku Ahlubait as akan mengakui bahwa setiap dari mereka,
sebagaimana al-Quran, adalah dalil tersendiri atas kenabian Rasulullah
saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk membuktikan kenabian
Rasulullah saw kecuali keberadaan keturunan semacam itu, hal itu sudah
mencukupi dan hujjah sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar tentang
masalah ini tidak relevan untuk kesempatan pendek ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH SAW
Salah
satu karekter rasulullah saw yang paling menonjol adalah kemenangan
tidak menjaga kan dia bangga hal ini bisa kita lihat diperang badar dan
pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan kekalahan tidak membuat dia
putus asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud bahkan dengan cekatan is
mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi hamru"ul asad dan
pengingkari perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani quraizah ,dan
kewaspadaan beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti dan
mempersiapkan segalanya.
Dia
memperlakukan kaum dan pengikutnya dengan tujuan mempererat
silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa percaya diri dalam mereka is
selalu mengasihi anak anak kecil dan mengayomi mereka.berbuat baik
dengan fakir miskin dan terhadap hewan dia selalu menanamkan rasa kasih
sayang dan melarang untuk menyakiti binatang.
Salah
satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus pasukan
untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang
kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang
ketika berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak
kecil perempuan dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman.
Ketika kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman.
Ia juga menyerukan realisasikan sebuah perdamaian dunia dan melarang peperanga kecuali hal yang darurat.
USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan
rasul adalah sebuah rahmat bagi manusia semuanya is tidak pernah
membedakan seseorang pun baik itu kulit putih atau kulit hitam dan dari
suku bangsa mana,karma semua manusia itu makan dari rizki allah yang
diberikan allah. Rasul saw mengajak manusia untuk
1. meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia berasil dari adam dan ia berasal dari tanah.
1. meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia berasil dari adam dan ia berasal dari tanah.
2. mengajak damai sebelum perang
3. memaafkan sebelom membalas
4.
mempermudah seseorang sebelom membalas perbuatan dari uraian diatas
dapat kita simpulkan bahwa peperangan yang dilaksanakan bertujuan untuk
merealisasikan tujuan tujuan insani yang agung dan menuju kepada tatanan
masyarakat yang berprikemanusian ia telah membuktikan bahwa dirinya
adalah sebuah rahmat bagi manusia dan alam semesta peristiwa itu bisa
dilihat dari pembebasan kota makkah dangan segala kemenangan yang telah
digapai saat itu ia tetap berbuat baik dengan musuh dan enggan untuk
membalas dendam padahal ia dapat melaksanakan ia pernah memaafkan mereka
dengan sabda"pergilah kalian karma kalian sekarang sudah bebas pada
waktu perang dzatur riqa dia berasil menangkap pemimpin gauts bin al
harits yang berusaha beberapa kali membunuh beliau akan tetapi tetap
dimaafkan rasul memperlakukan tawanan perang dengan baik ,ia telah
membebaskan seorang tawanan perang dengan tangan dia sendiri disaat ia
mendengar keluhan rasa sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG
Kita
bisa lihat keberasilan beliau dalam memenangkan peperangan dan
menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia yang berakhlak dan
memimpin pasukan dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau
tidak pernah sombong dalam pergaulan selalu tersenyum berbuat baik
sesame manusia selalu menyenguk orang sakit tidak pernah memotong
pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya mulia dari teman yang
diajak bicara, Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita bisa dapat
teladani.. mudah2an kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah amin....
mudah mudahan kita berusaha untuk bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan kita amin....
Referensi :
www.zainurie.wordpress.com
www.masjid.phpbb24.com
www.zainurie.wordpress.com
www.masjid.phpbb24.com
Best regards,
Owner TrashGoogleBlogs
Print this page
0 komentar :
Posting Komentar